Begini Cara Memakai Tespek Kehamilan, Agar Hasilnya Akurat

Ilustrasi cara memakai tespek kehamilan Foto: canva

Memiliki tanda-tanda kehamilan, tapi tidak tahu cara menggunakan tespek kehamilan. Berikut cara memakai tespek kehamilan yang baik dan benar.

Cara memakai tespek kehamilan memang terbilang cukup sederhana, tapi tidak jarang banyak juga yang belum tahu cara memakai tespek kehamilan.

Karena jika bunda menggunakan tespek dan caranya tidak benar bisa membuat hasilnya menjadi tidak akurat. Oleh sebab itu, sangat penting bagi bunda untuk mengetahui cara menggunakan tespek kehamilan untuk mendapatkan hasil yang akurat. Berikut cara memakai tespek kehamilan beserta cara membacanya dengan benar.

Cara memakai tespek kehamilan

Tespek salah satu cara untuk memastikan bunda hamil atau tidak. Dan tentunya jika memutuskan menggunakan tespek wajib tahu cara menggunakannya dengan benar agar hasil yang didapat akurat.

Dan tespek ini bekerja dengan cara mendeteksi hormon yang diproduksi tubuh selama masa kehamilan. Hormon ini terdapat dalam urine dan kadar dalam hormon ini semakin meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan bunda.

Jika tespek menunjukkan garis dua atau positif bisa dipastikan bunda sedang hamil. Berikut cara memakai tespek kehamilan dengan benar agar hasilnya akurat.

Yang pertama bunda harus memastikan tespek masih dalam kondisi baik. Tespek terjual secara bebas di apotek ataupun supermarket, sebelum memastikan untuk membelinya bunda harus mengecek tanggal kadaluwarsa yang tertera pada kemasan produk.

Kemudian juga bunda harus kenali waktu yang tepat untuk menggunakan tespek. Bunda bisa mencoba menggunakan tespek kehamilan pada hari pertama terlambat haid atau pada 2 minggu setelah berhubungan intim.

Jika ingin mendapatkan hasil yang akurat lebih baik bunda tunggu sampai terlambat haid selama 1 sampai 2 minggu. Dan jika hasil tes tersebut positif diperkirakan kehamilan bunda sudah memasuki usia 6 sampai 7 minggu pada saat itu.

Ada baiknya juga bunda menggunakan tespek ini pada pagi hari setelah bangun tidur. Jangan gunakan tespek pada siang hari karena pada saat itu bunda sudah banyak minum, sehingga urine menjadi lebih encer.

Dan juga bunda harus memastikan tespek yang digunakan sesuai dengan cara yang direkomendasikan pada setiap produk. Bacalah cara penggunaan tespek tersebut yang pastinya tertera pada kemasan produk.

Setelah mencelupkan tespek ke dalam urine, bunda harus menunggu sekitar 10 menit untuk mendapatkan hasilnya. kemudian tespek tersebut akan menampilkan hasil, bisa saja satu garis atau pun dua garis bisa juga dengan simbol (+) atau pun simbol (-).

Cara membaca tespek kehamilan yang benar

cara memakai tespek kehamilan
Ilustrasi cara memakai tespek kehamilan Foto: canva

Setelah tahu cara memakai tespek kehamilan bunda juga harus tahu cara membaca hasil tespek tersebut. Percuma saja bunda mencoba berkali-kali mengunakan tespek tapi tidak tahu cara membacanya.

Tentunya setiap tespek memiliki cara membacanya berbeda-beda. Sehingga bunda harus tahu cara membaca tespek yang di gunakan.

Terdapat beberapa cara membaca tespek. Berikut beberapa simbol dalam tespek yang menggambarkan hasil hamil atau tidaknya bunda.

Ada simbol (+) dan juga simbol (-), simbol (+) memiliki arti “hamil”, sedangkan simbol (-) memiliki arti “tidak hamil”. Tidak hanya itu, ada juga simbol garis satu dan garis dua. Garis satu memiliki arti “tidak hamil” sedangkan garis dua “hamil”.

Itu tadi bunda cara membaca tespek kehamilan yang paling umum. Semoga dengan adanya informasi ini, bunda tidak bingung lagi membaca hasil tespek kehamilan.

Itu tadi bunda informasi mengenai cara membaca tespek kehamilan dengan benar beserta cara memakai tespek kehamilan yang akurat. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu bunda dan pasangan. Terima kasih.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait