Bayi 9 Bulan Harusnya Sudah Bisa Apa Menurut Perkembangan Normal? Simak Penjelasannya!

Bayi 9 Bulan Harusnya Sudah Bisa Apa/source: Mamikita

Pada usia 9 bulan, banyak orangtua merasa penasaran mengenai bayi 9 bulan harusnya sudah bisa apa sebagai tanda kemajuan perkembangannya.

Saat bayi berusia 9 bulan, tahapan perkembangan menjadi semakin menarik dan penuh keajaiban. Periode ini adalah masa yang menarik dan penuh prestasi dalam perkembangan bayi.

Dari kemampuan motorik hingga perkembangan sosial, artikel ini akan memberikan gambaran komprehensif tentang pencapaian normal yang dapat diharapkan dari si kecil.

Bayi 9 Bulan Harusnya Sudah Bisa Apa Menurut Pedoman Tumbuh Kembang?

Bayi 9 Bulan Harusnya Sudah Bisa Apa
Berbalik dan Merangkak/source: Mamikita

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa saja yang seharusnya bisa dilakukan bayi usia 9 bulan menurut perkembangan normal.

1. Berbalik dan Merangkak

Pada usia 9 bulan, banyak bayi yang sudah mulai bisa berbalik dari posisi tengkurap ke posisi duduk atau sebaliknya. Beberapa bahkan sudah mulai merangkak atau berguling-guling untuk mencapai objek yang menarik. Ini menunjukkan perkembangan otot dan koordinasi motorik yang baik.

2. Berdiri dengan Dukungan

Selanjutnya, hal lain mengenai bayi 9 bulan harusnya sudah bisa apa adalah bahwa bayi pada usia 9 bulan biasanya dapat berdiri dengan dukungan, baik itu berpegangan pada furnitur atau tangan Bunda. Kemampuan ini menunjukkan kekuatan otot kaki dan daya dorong yang semakin baik.

3. Pegangan Tangan yang Kuat

Bayi 9 Bulan Harusnya Sudah Bisa Apa
Menguasai Pencernaan Makanan Padat/source: Choc

Si kecil akan mulai mengembangkan pegangan tangan yang kuat. Mereka mungkin sudah dapat meraih objek kecil menggunakan ibu jari dan telunjuk. Bunda dapat memberikan mainan yang merangsang kemampuan motorik halusnya untuk mendukung perkembangan ini.

4. Mulai Menguasai Pencernaan Makanan Padat

Pada usia 9 bulan, banyak bayi sudah mulai memasuki fase pemberian makanan padat. Mereka mungkin sudah bisa mengunyah atau menggigit makanan yang lebih padat, meskipun masih dengan jumlah yang terbatas. Bunda bisa memperkenalkan berbagai jenis makanan dan memantau reaksi bayi terhadapnya.

5. Menyapa dan Mengucapkan Kata-Kata Sederhana

Meskipun belum bisa berbicara secara lengkap, bayi 9 bulan harusnya sudah bisa apa lagi yaitu bayi pada usia ini biasanya sudah dapat menyapa dan mengucapkan beberapa kata-kata sederhana seperti “mama” atau “papa”. Mereka juga mulai menunjukkan kemampuan memahami kata-kata dan instruksi sederhana.

6. Bermain dengan Mainan Interaktif

Si kecil pada usia 9 bulan mulai menunjukkan minat yang lebih besar pada mainan interaktif. Mereka mungkin sudah bisa memahami cara menggunakan mainan, seperti menekan tombol atau memasukkan objek ke dalam wadah. Ini adalah tanda kemajuan kognitif yang bagus.

7. Menunjukkan Respons Emosional

Bayi 9 Bulan Harusnya Sudah Bisa Apa
Bayi 9 dan Respons Emosional/source: Babycenter

Bayi pada usia ini juga sudah mulai menunjukkan respons emosional yang lebih kompleks. Mereka bisa mengekspresikan rasa senang, kekecewaan, atau ketertarikan dengan cara tertentu. Hal ini mencerminkan perkembangan sosial dan emosional yang penting.

8. Tidur Malam yang Lebih Panjang

Terakhir bayi 9 bulan harusnya sudah bisa apa adalah pola tidur bayi bisa sangat bervariasi, pada usia 9 bulan, sebagian besar bayi sudah mulai menunjukkan kecenderungan untuk tidur malam yang lebih panjang tanpa terbangun terlalu sering. Ini dapat memberikan waktu istirahat yang lebih baik bagi si kecil dan Bunda.

Perkembangan si kecil pada usia 9 bulan adalah suatu pencapaian yang luar biasa. Namun, setiap bayi memiliki tempo perkembangan yang berbeda, jadi tidak perlu khawatir jika si kecil belum mencapai semua kemampuan ini secara sempurna.

Hal yang terpenting adalah memberikan dukungan dan lingkungan yang positif untuk memfasilitasi perkembangan mereka. Semoga artikel ini memberikan jawaban Bunda mengenai bayi 9 bulan harusnya sudah bisa apa  dan sebagai wawasan yang berguna bagi Bunda dan si kecil dalam perjalanan perkembangan yang menakjubkan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hobi Menulis, Berkarya dan Bermanfaat untuk Dunia

Artikel Terkait