Bayi 4 Bulan Bisa Apa Saja? Mulai Berceloteh Hingga Mengenali Warna

Penasaran tidak sih, bayi 4 bulan bisa apa saja? Apalagi untuk para bunda-bunda yang anaknya sudah memasuki usia tersebut.

Jika di 3 bulan pertamanya si kecil masih sering menangis dan tidur saja, masuk umur 4 bulan ini sudah mulai banyak melakukan hal baru lho.

Di usia ini, si kecil sudah bisa diajak berinteraksi dan menunjukkan sejumlah perkembangan baik motorik, kognitif, maupun tinggi badan.

Lantas bagaiamana dengan panjang dan berat nya? Dan apa saja yang bisa dilakukan bayi saat usianya menginjak 4 bulan?

Perkembangan Panjang dan Berat Bayi 4 Bulan

Bayi 4 Bulan Bisa Apa Saja?

Baik berat maupun panjang bayi idealnya harus terus bertambah setiap bulan. Standar yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan RI, kenaikan berat badan bayi umur 3 bulan ke 4 bulan adalah 0,45 sampai 0,56 kg, dengan rincian sebagai berikut:

  • BB bayi laki-laki 4 bulan 5,6 – 8,7 kg dengan panjang tubuh 59,7 – 66 cm
  • BB bayi perempuan 4 bulan 5 – 8,2 kg dengan panjang tubuh 57,8 – 66,4 cm

Jika seandainya bunda memiliki anak bayi 4 bulan namun belum mencapai BB dan panjang tubuh ideal di atas, bisa segera konsultasikan pada dokter terkait supaya mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Bayi 4 Bulan Bisa Apa Saja?

Bayi 4 Bulan Bisa Apa Saja?

Dalam kondisi normal, bayi 4 bulan bisa apa saja yang membuat bunda dan ayah bangga. Pada umumnya si kecil di umur tersebut sudah mulai tersenyum pada orang yang menarik perhatiannya. Bahkan, bayi 4 bulan juga sudah bisa melakukan banyak hal lain lho bunda, seperti diantaranya:

1. Menggulingkan Badan

Di umur 4 bulan, biasanya bayi 4 bulan sudah bisa berguling dari posisi terlentang ke tengkurap maupun sebaliknya.
Mereka juga sudah mampu untuk mengangkat dan menahan kepalanya sendiri dalam posisi tengkurap.

Begitu pun ketika telentang, bayi 4 bulan bisa meluruskan kaki serta melakukan gerakan mendorong dan menendang benda di dekatnya.

Hal ini disebabkan karena perkembangan bayi 4 bulan ditandai dengan makin menguatnya otot perut, tangan, dan kaki.

2. Meraih dan Memegang Benda

Koordinasi tangan, kaki, dan mata bayi juga sudah mulai membaik di usia 4 bulan. Bunda akan melihat si kecil yang melihat mainan atau benda yang menarik perhatiannya lalu mendekat untuk memegangnya.

Tidak jarang, bayi 4 bulan sudah bisa menggoyangkan mainan kerincingan favoritnya. Dalam fase ini, bunda perlu lebih waspada karena bayi bisa saja memasukkan benda yang diambil ke dalam mulutnya.

3. Berceloteh dan Meniru Kata-Kata

Di usia 4 bulan, bunda bisa melihat si kecil sudah mampu berceloteh sekaligus menirukan kata-kata yang didengar melalui gerakan bibir orang lain. Contohnya seperti ‘ma-ma’. ‘oooo’, ‘aaaa’, dan sebagainya.

Bayi 4 bulan sudah bisa berceloteh untuk menanggapi orang lain yang mengajaknya berbicara. Ketika dipanggil namanya, mereka bahkan langsung menoleh dengan tersenyum.

4. Mengenali Warna

Saat baru lahir, bayi hanya bisa melihat 2 warna yaitu hitam dan putih. Sedangkan, memasuki usia 4 bulan, mereka sudah mulai dapat membedakan beberapa warna seperti merah, kuning, hijau, dan biru.

Selain itu, di usia ini si kecil sudah mampu mengikuti mainan atau orang yang bergerak yang berada di seberang ruangan.

5. Tersenyum dan Menunjukkan Ekspresi Lain

Pada usia 4 bulan, bayi bisa tersenyum berseri-seri apalagi saat bunda atau ayah mengajaknya berinteraksi.

Bunda jangan heran jika di fase ini mereka juga sudah mulai menunjukkan emosi. Contohnya menangis saat lapar, bosan, lelah, atau merasa sakit.

Bayi 4 bulan dapat menunjukkan ekspresi wajah ingin marah, frustasi, atau kesal saat bunda menghentikan aktivitasnya untuk bermain atau tak memenuhi keinginannya.

Sekarang, bunda sudah mulai paham bukan, bayi 4 bulan bisa apa saja? Jika si kecil belum memperlihatkan kemampuan-kemampuan tersebut, bunda jangan panik dulu. Boleh coba distimulasi seperti lebih sering mengajak ngobrol atau bernyanyi, membacakan buku, dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait