Ada banyak amalan mulia di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan ini adalah bulan yang paling mulia. Bulan Ramadhan ini bukan hanya untuk menahan lapar dan haus selama 12 jam saja. Akan tetapi lebih dari pada itu.

Ada beberapa amalan yang bisa dijalankan ketika di bulan yang mulia ini. Sebaiknya ketika bulan Ramadhan ini perbanyak melakukan amalan mulia. Untuk dapat memperoleh pahala serta ridho dari Allah SWT.

Berikut ini ada beberapa amalan yang bisa dilakukan. Apa saja amalan tersebut? Berikut ini lengkapnya melalui artikel di bawah ini.

Amalan Mulia Di Bulan Ramadhan

Meski bulan Ramadhan harus menahan lapar serta haus. Sehingga tubuh rasanya sangat lemas dan kurang bertenaga seperti biasanya. Namun  hal tersebut bukanlah hal yang harus dibuat untuk bermalas-malasan.

1. Tidak Melewatkan Sahur

amalan mulia di bulan Ramadhan

Siapa yang masih suka melewatkan sahur begitu saja? Entah dilewatkan secara sengaja atau tidak sengaja? Ternyata sahur adalah salah satu amalan yang bisa dilakukan ketika bulan Ramadhan. Sahur adalah makanan atau minuman yang dikonsumsi sebelum fajar, sebelum memulai puasa.

Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya tidak melewatkan sahur. Karena memberikan energi serta kekuatan untuk menjalankan ibadah puasa seharian penuh. Selain itu bersahur juga akan diberikan Allah SWT pahala.

2. Sedikit Tidur Perbanyak Istighfar

Rasulullah SAW menyarankan untuk tidur dengan jumlah yang cukup. Hal ini untuk memulihkan tenaga, namun tidak juga tidur secara berlebihan. Ketika puasa memang rasanya tubuh ingin tertidur selalu.

Hal tersebut kurang disarankan, meski tidurnya orang yang berpuasa juga dihitung sebagai ibadah. Namun jika tidur terlalu banyak malah akan menjadikan puasa tersebut tidak berkah. Sebaiknya perbanyak membaca istighfar dibandingkan harus tidur seharian.

3. Memperbanyak Sedekah

amalan mulia di bulan Ramadhan

Melakukan sedekah juga salah satu amalan mulia di bulan Ramadhan. Sedekah ini bisa dengan apa saja. Kebanyakan orang melakukan pembagian takjil secara gratis bagi yang berpuasa. Atau melakukan sedekah yang lainnya juga bisa.

Sedekah ini tidak mempersempit harta yang kamu miliki. Malah dengan bersedekah ada banyak rezeki yang akan datang kepada kamu. Sebab Allah akan mengganti seluruh harta yang kamu sedekahkan menjadi berkali-kali lipat banyaknya.

4. Menjaga Lisan

Ketika berpuasa, tidak hanya menjaga lapar dan haus saja tetapi juga menjaga lisan. Penting sekali untuk umat Islam menjaga lisannya dari perkataan yang buruk, dusta atau menyakiti hati orang lain. Sebaiknya lisan digunakan berkata yang baik saja.

Menjaga lisan ini merupakan bagian penting dalam memperbaiki akhlak dan hubungan antar manusia. Sehingga jika memang kamu merasa tidak bisa mengontrol lisanmu dengan baik. Sebaiknya berdiam diri serta perbanyak membaca dzikir kepada Allah SWT.

5. Berbuka Dengan Kurma

amalan mulia di bulan Ramadhan

Berbuka dengan kurma adalah sunah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sebaiknya berbuka dengan tiga biji kurma. Bisa dengan kurma segar atau kurma kering. Apabila kurma tidak tersedia, boleh berbuka dengan air putih.

Rasulullah menyarankan untuk berbuka dengan yang manis-manis. Meski begitu, konsumsi manis juga tidak boleh terlalu berlebihan. Karena malah bisa menyebabkan diabetes.

6. Memperbanyak Doa

Rasulullah SAW selalu mengajarkan umatnya untuk selalu berdoa kepada Allah SWT ketika ada kesempatan. Hal tersebut ternyata salah satu amalan yang mulia ketika bulan Ramadhan. Berdoa ini bisa dilakukan dalam keadaan kamu sedang senang maupun susah.

Doa adalah bentuk komunikasi secara langsung dengan Allah SWT. Ini adalah sarana untuk memperoleh rahmat dan keberkahan yang luas dari Allah SWT.

Itulah tadi amalan mulia di bulan Ramadhan yang bisa kamu kerjakan. Ketika berpuasa sebaiknya tidak hanya menahan lapar dan haus saja. Lebih dari itu kamu harus mampu menahan diri dari segala godaan yang kurang baik.