Ada beberapa rekomendasi obat vertigo untuk ibu menyusui yang terbukti ampuh. Vertigo ini sering sekali dialami oleh banyak orang.

Gejala dari setiap orang  kebanyakan pusing, sakit kepala hingga alami pingsan. Namun sebelum itu, pastikan bunda kenali dulu penyakit ini.

Apa Itu Vertigo?

Vertigo adalah gejala pusing atau sakit kepala yang sangat sakit. Seringkali orang yang mengalami Vertigo akan sulit berdiri.

Untuk bunda yang mengidap Vertigo, sebaiknya berbaring sampai mereda. Hal ini wajib dilakukan dan jangan beraktivitas yang lain. 

Pasalnya beraktivitas justru hanya akan menambah bahaya Vertigo. Maka dari itu ada baiknya jika bunda kenali sebabnya.

Salah satu penyebab paling umum adalah perubahan hormon. Hormon progesteron juga akan mengalami perubahan, terutama untuk ibu hamil maupun menyusui. 

Mengutip dari Cleveland Clinic, tingkat progesteron yang tinggi juga bisa membuat pembuluh darah ibu hamil melebar dan meningkatkan aliran darah ke bayi.

Pada ibu menyusui tingkat progesteron yang tinggi ini dapat membuat aliran darah juga bisa jadi melambat. Sehingga tekanan darah ibu menyusui berkurang dan menyebabkan pusing. 

Akibat dari aliran darah ke otak yang menurun inilah, membuat kepala bunda seolah berputar-putar. Kondisi ini semakin menjadi ketika ibu hamil atau ibu menyusui berdiri terlalu lama atau melakukan gerakan secara tiba-tiba.

Untuk itu bunda bisa coba beberapa obat vertigo yang terbukti ampuh untuk ibu menyusui. Beberapa rekomendasi obat di bawah ini sudah terbukti aman untuk busui.

5 Rekomendasi Obat Vertigo Untuk Ibu Menyusui

Banyak berbagai macam jenis obat Vertigo untuk ibu menyusui yang dijual. Berikut rekomendasi obat yang terbukti aman dan cocok untuk ibu menyusui.

1. Betahistine

rekomendasi obat vertigo untuk ibu menyusui
ilustrasi foto obat vertigo (Foto: e katalog LKPP)

Betahistine adalah obat Vertigo untuk ibu menyusui yang cukup populer. Cara kerjanya meningkatkan suplai darah ke telinga dalam sehingga meredakan kepala pusing.

Walaupun obat ini mampu mengatasi Vertigo ibu menyusui, akan tetapi terdapat beberapa catatan yang wajib bunda perhatikan.

Perlu bunda ketahui kalau tidak semua orang boleh mengkonsumsi obat ini ya. Tidak dianjurkan untuk pengidap asma bronkial dan yang memiliki masalah lambung.

2. Dimenhydrinate

rekomendasi obat vertigo untuk ibu menyusui
ilustrasi obat vertigo yang aman untuk ibu menyusui (foto:Shopee)

Dimenhydrinate adalah obat vertigo yang masuk kategori antihistamin. Kabar baiknya, obat ini bisa bunda dapatkan tanpa resep dokter lho.

Cara kerjanya obat ini nantinya akan mengontrol rasa mual dan muntah yang berhubungan dengan Vertigo. Obat ini juga dipercaya mampu bekerja dengan cepat.

Walaupun bunda bisa mendapatkannya tanpa resep dokter, tetapi tetap wajib perhatikan dosis ya. Obat ini memiliki efek samping mulut kering dan mudah ngantuk. 

3. Benzodiazepin

rekomendasi obat vertigo untuk ibu menyusui
ilustrasi obat yang ampuh untuk atasi vertigo (foto:Tangkap layar/ Halodoc)

Benzodiazepin adalah obat yang umum diresepkan oleh para dokter. Selain terbilang manjur, tentu soal keamanan konsumsi sudah pasti akan dijamin para dokter.

Penyebab utama Vertigo pada dasarnya karena ketidakcocokan sensorik dari renspon ventibular. Inilah yang menyebabkan kepala seperti berputar-putar.

Nah, obat ini bekerja untuk menekan respon vertibular di sistem saraf pusat. Obat ini perlu disertai resep dokter demi memghindai risimo kecanduan dan efek samping lain.

4. Flunarizine

rekomendasi obat vertigo untuk ibu menyusui
ilustrasi obat untuk atasi vertigo

Flunarizine adalah golongan obat calcium chanel blocker yang dapat membantu mengatasi vertigo. Cara kerjanya obat ini terbilang komplit.

Caranya yaitu obat ini akan memblokir histamin dan kemudian mengatur keseimbangan telinga bagian dalam.  Akan tetapi efek sampingnya adalah mudah mengantuk.

Dari efek samping itu sehingga sebaiknya hindari dalam posisi mengemudi ya. Sangat baik jika bunda konsumsi sebelum tidur.

5. Dramamine 50mg 10 Tablet

rekomendasi obat vertigo untuk ibu menyusui
ilustrasi obat ampuh untuk vertigo

Rekomendasi obat lain ampuh adalah Dramamine. Obat ini mengandung dimenhydrinate yang merupakan antihistamin untuk meredakan Vertigo.

Cara kerja obat ini adalah memperlambat simulasi saraf tertentu di bagian otak dan telinga sehingga akan menekan mual, pusing, dan Vertigo. 

Untuk penggunaannya, sebaiknya bunda kenali dosis dan aturan pakai ya. Berikut dosis yang harus bunda ketahui.

  • Dewasa: 3 sampai 4 kali sehari sebanyak 1-2 tablet.
  • Anak di atas 12 tahun: 2 sampai 3 kali sehari sebanyak 1 tablet. 
  • Anak usia 8-12 tahun: 2 sampai 3 kali sehari sebanyak ½-1 tablet. 
  • Anak 6-8 tahun: 2 sampai 3 kali sehari sebanyak 0.25-0.5 tablet

Untuk mencegah mabuk perjalanan, bunda dapat meminum Dramamine 50 mg 10 Tablet 30 menit sebelum beraktivitas keluar rumah.

Itulah rekomendasi obat vertigo untuk ibu menyusui yang terbilang aman. Banyak sekali jenis obat lain yang bisa bunda cari. Yang penting pastikan ikuti sesuai aturan ya