Mengkonsumsi buah kesemek untuk ibu hamil apakah diperbolehkan ya? Sebagai ibu hamil memang penting untuk memenuhi kebutuhan gizi, namun penting untuk perhatikan apa yang dikonsumsi.

Karena makanan yang asal-asalan dapat berdampak tidak baik untuk tumbuh kembang janin. Salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ketika sedang hamil adalah buah dan sayur.

namun ketika konsumsi buah dan sayur juga perlu diperhatikan. Pastikan untuk tidak memakan sayuran atau buah yang tidak matang.

Lantas bagaimana jika ibu hamil konsumsi buah kesemek, apakah boleh? Berikut ini penjelasan apakah ibu hamil boleh konsumsi buah kesemek.

Apakah Ibu Hamil boleh Konsumsi Buah Kesemek?

Buah kesemek ini memiliki bentuk yang bulat seperti buah tomat. Memiliki tekstur kulit yang berlapis seperti lilin.

Dilansir dari kanal YouTube Dokter Fery TV buah kesemek ini memiliki berbagai kandungan vitamin. Seperti Vitamin A, B6, B12, C dan D.

Selain itu juga mengandung Magnesium, betakaroten, kalium, kalsium, zat besi dan kandungan lainnya. Buah kesemek juga mengandung antioksidan lutein, zeaxanthin, fisetin, tanin dan falvonoid.

Buah kesemek ini dapat dikonsumsi baik dalam bentuk segar, mentah, dimasak atau dikeringkan. Buah kesemek ini memiliki rasa manis dan daging buah yang lembut.

Selain itu buah ini memiliki gizi yang sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh ibu selama kehamilan.

Lantas konsumsi buah kesemek untuk ibu hamil ini apakah diperbolehkan? Tentu saja ibu hamil diperbolehkan untuk konsumsi buah kesemek ini. 

Buah kesemek ini dapat membantu memastikan kondisi kehamilan ibu tetap sehat. Namun perlu diperhatikan porsi dan tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Nutrisi dalam buah tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan ibu.

Manfaat Buah Kesemek Untuk Ibu Hamil

Buah kesemek ini mengandung banyak nutrisi yang penting, serta dapat dikatakan tinggi. Artinya buah ini dapat membawa banyak manfaat kesehatan untuk ibu hamil yang mengkonsumsinya.

Lantas apa saja manfaat buah kesemek untuk bumil? Berikut ini beberapa manfaat yang akan dirasakan oleh ibu hamil ketika konsumsi buah kesemek.

1. Menunjang Pertumbuhan Janin

buah kesemek untuk ibu hamil
Ilustrasi buah kesemek untuk bantu pertumbuhan janin (Foto: Freepik)

Kesemek ini sangat kaya akan kandungan kalsium dan fosfor. Sehingga mengkonsumsi buah ini selama kehamilan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tulang janin.

Tidak hanya itu saja buah kesemek ini mampu membantu meningkatkan serta melancarkan fungsi sistem saraf pusat janin.

2. Mampu Mengobati Anemia

Kandungan zat besi dalam buah kesemek ini dapat membantu ibu hamil mencegah risiko anemia, terutama selama kehamilan.

Mengkonsumsi buah kesemek selama masa kehamilan ini dapat membantu meningkatkan jumlah hemoglobin ibu hamil. Sehingga mampu mencegah efek buruk anemia.

3. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ibu Hamil

buah kesemek untuk ibu hamil
ilustrasi buah kesemek untuk bantu kekebalan tubuh ibu hamil (foto: Freepik)

Salah satu manfaat buah kesemek untuk ibu hamil ini adalah mampu meningkatkan kekebalan tubuh ibu secara substansial.

Kandungan vitamin A dan karoten dalam buah inilah yang mampu membantu menguatkan penglihatan serta otot jantung. Serta mampu meningkatkan kelancaran berbagai proses tubuh.

Selain itu kandungan vitamin C dalam buah kesemek ini juga mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Membantu Mengendalikan tekanan Darah

Buah kesemek ini sangat efektif untuk mengobati hipertensi. Apalagi ibu hamil harus mampu mengendalikan tekanan darahnya secara optimal.

Sebab tekanan darah yang tinggi pada ibu hamil, dapat menyebabkan berbagai risiko kehamilan seperti preeklamsia.

Kandungan magnesium dalam buah ini mampu membantu tekanan darah ketika hamil. Sehingga mampu mendukung kehamilan ibu serta janin tetap sehat dan kuat.

5. Membantu Atasi Stres Dan Insomnia

buah kesemek untuk ibu hamil
ilustrasi ibu hamil yang makan buah kesemek (foto: Freepik)

Stres pada ibu hamil ini biasanya disebabkan adanya perubahan tubuh dan masalah hormon saat hamil. Belum lagi insomnia yang terjadi kepada ibu hamil ketika perutnya sudah semakin besar.

Rupanya kandungan vitamin C dalam buah kesemek ini mampu mengurangi berbagai masalah kehamilan. Seperti stres, depresi dan juga insomnia.

Buah ini juga mampu memberikan ibu tidur malam yang berkualitas dan lebih nyenyak. Sehingga mampu membuat ibu bangun pagi menjadi lebih segar.

Itulah tadi beberapa manfaat buah kesemek untuk ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil ini konsumsi buah kesemek tidak terlalu berlebihan ya!