7 Cara Mengobati Mual pada Ibu Hamil dengan Metode Alami dan Efektif

Ilustrasi perut ibu hamil Foto: canva

Mual ketika hamil merupakan suatu hal yang sering dilakukan oleh ibu hamil. Berikut 7 cara mengobati mual pada ibu hamil dengan metode alami dan efektif.

Bunda sering mengalami mual dan muntah ketika hamil? Jangan terlalu panik bunda, karena ini salah satu kondisi umum yang dialami ibu hamil.

Biasanya hal ini dikenal dengan nama morning sickness. Jika bunda megalami hal ini, bunda perlu tahu cara mengobati mual pada ibu hamil dengan metode alami dan efektif.

Mual pada ibu hamil memang tidak membahayakan untuk sang ibu dan buah hati dalam kandungan, tapi terkadang bisa memengaruhi aktivitas sehari-hari bunda.

Apa lagi bunda yang bekerja, hal ini tentu sangat mengganggu. Berikut 7 cara mengobati mual pada ibu hamil dengan metode alami dan efektif..

7 cara mengobati mual pada ibu hamil

Metode alami dan efektif untuk mengobati mual pada ibu hamil harus bunda ketahui. Karena jika mual ini berlanjut, bunda bisa berkonsultasi dengan dokter meminta vitamin atau obat untuk meringankan mual bunda.

Jika bunda muntah dan mual sampai sangat parah ketika hamil bisa menyebabkan dehidrasi dan elektrolit seperti natrium atau kalium dan serta juga bunda bisa mengalami ketidakseimbangan zat. 

Berikut bunda 7 cara mengobati mual pada ibu hamil dengan metode alami dan efektif:

cara mengobati mual pada ibu hamil
Ilustrasi perut ibu hamil Foto: canva

1. Menghindari pemicu mual

Untuk cara mengobati mual pada ibu hamil dengan metode alami dan efektif yang pertama adalah bunda harus menghindari pemicu mual. Pemicu mual ini bisa berupa makanan atau juga bau-bau yang membuat gejala mual bunda makin parah.

2. Menghirup udara segar

Cara mengobati mual pada ibu hamil dengan metode alami dan efektif yang berikutnya adalah bunda harus sering-sering menghirup udara segar. 

Dengan salah satu caranya dengan bunda membuka jendela kamar dan rumah jika cuaca memungkinkan tidak hujan. Serta bunda juga bisa mencoba jalan-jalan untuk mendapat udara segar di luar ruangan, lakukanlah hal ini tiap hari bunda.

3. Makan dengan hati-hati

cara mengobati mual pada ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil makan apel Foto: canva

Bunda juga bisa cara mengobati mual pada ibu hamil dengan metode alami dan efektif dengan cara makan dengan hati-hati. Bunda harus bisa memilah makanan yang tepat supaya tidak hamil.

Makanan yang sehat untuk bunda yang sedang hamil harus memiliki protein, rendah lemak serta yang mudah dicerna.

Bunda juga harus menghindari makanan yang berminyak, pedas serta berlemak. Bahkan makanan hambar, buah-buahan pisang, nasi merupakan salah satu pilihan yang tepat karena mudah dicerna.

4. Makan cemilan

Cara mengobati mual pada ibu hamil dengan metode alami dan efektif dengan bunda memakan cemilan. Karena ketika perut kosong akan sering membuat bunda mual.

Sehingga bunda jangan sampai membuat perut kosong, bunda bisa makan cemilan sepanjang hari. Dan pilihlah cemilan yang sehat dan tidak memperparah mual dan muntah bunda ya.

5. Banyak minum

Banyak minum cairan juga bisa cara mengobati mual pada ibu hamil dengan metode alami dan efektif. Bunda bisa mencoba minum air jahe dan juga minum air putih, usahakan minum 6-8 gelas air tiap hari yang tidak mengandung kafein.

6. Makan dengan jumlah sedikit

Ketika bunda hamil ada baiknya makan dengan jumlah yang sedikit tapi sering. Atau bisa bunda sering-sering makan cemilan. Karena jika bunda terlalu banyak makan biasanya akan menyebabkan bunda mual dan kemudian memuntahkan makanan yang di makan.

7. Minum vitamin

Salah satu cara mengobati mual pada ibu hamil dengan metode alami dan efektif, bunda bisa mencoba mengonsumsi vitamin. Vitamin ini bisa membantu bunda mengurangi rasa mual yang di alami ketika sedang hamil.

Itu tadi bunda 7 cara mengobati mual pada ibu hamil dengan metode alami dan efektif. Bunda yang sedang hamil bisa mencoba cara ini, semoga saja efektif bunda.

Semoga informasi 7 cara mengobati mual pada ibu hamil dengan metode alami dan efektif ini bisa bermanfaat dan membantu bunda mengatasi mual ketika hamil.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait