Bunda coba buat DIY mainan anak 2 tahun yuk. Mengasah kemampuan anak tidak harus dengan banyak membelikan mainan. Bisa juga dengan bunda berkreasi dengan barang yang ada.

DIY mainan anak ini adalah cara membuat mainan khusus anak dengan memanfaatkan barang-barang di rumah. Mainan ini dipercaya dapat membantu si anak untuk mengembangkan kreativitas, motorik, dan berbahasa si anak.

Ada beberapa mainan yang bisa bunda coba. Berikut ini beberapa mainan yang bisa bunda coba buat di rumah bersama si kecil.

5 Rekomendasi DIY Mainan Anak 2 Tahun

Terkadang orang tua inginnya membelikan anak segala mainan yang terbaik. Namun nyatanya bunda bisa juga lo membuat mainan.

Dibandingkan harus membelinya dengan harga yang lumayan mahal. Lebih baik buat sendiri, terlebih anak kecil itu masih mudah untuk cepat bosan.

1. Puzzle

Puzzle adalah permainan susun gambar yang sangat populer di semua usia. Biasanya permainan ini dimainkan dengan cara menyusun setiap bagian gambar agar menjadi bentuk yang utuh.

Nah menariknya, bunda tidak harus membeli puzzle untuk bermain dengan si anak ya. Permainan ini bisa dibuat di rumah dengan cara mengambil gambar di kertas kemudian di potong-potong. Cara bermainnya pun akan tetap sama dengan puzzle pada umumnya.

2. Alat Musik

Ajak anak bermain musik dengan DIY mainan anak 2 tahun, untuk bermain sambil bernyanyi? Bunda bisa memanfaatkan peralatan dapur lho. Pastikan bunda menyiapkan wadah bekas atau kaleng  kosong.

Isi dengan berbagai macam benda yang sekiranya bisa menghasilkan bunyi seperti beras, biji-bijian, dan lain sebagainya. Tutup secara rapat dan goyangkan hingga kaleng menghasilkan bunyi yang beragam.

3. Rumah-Rumahan

Agar anak lebih betah bermain dengan bunda, cobalah untuk membuat rumah buatan dari barang bekas. Tentu si anak pasti akan menyukainya, bukan.

Caranya pastikan bunda menyiapkan kardus, gunting, dan kain. Buatlah pola rumah sesuai dengan bagiannya masing-masing.

Potong bagian-bagian tersebut dan kemudian susun dengan menggunakan lem. Agar lebih menarik, bunda dapat menambahkan kain warna-warni untuk hiasan rumah.

4. Bowling Dari Botol Bekas

Bunda punya banyak botol bekas di rumah? Buat jadi permainan yang bisa mengasah kemampuan anak yuk bun. Bisa coba dengan membuat permainan bowling.

Bunda harus menyiapkan beberapa botol bekas. Susun botol bekas hingga membentuk segitiga ataupun mendatar sama sisi. Buatlah juga garis pembatas sebagai tempat awal melempar bola.

Akan jauh lebih menarik jika bunda mengajak semua keluarga untuk memainkan ini. Untuk menentukan pemenang, catat siapa saja yang mampu menjatuhkan botol paling banyak.

5. Bermain Mobil-Mobilan Dari Kardus

Punya kardus bekas di rumah? Bunda bisa loh ajak anak bermain mobil-mobilan dengan kardus bekas saja. Caranya juga cukup sederhana, siapkan kardus yang muat untuk anak bunda, cat warna dan kertas warna.

Pertama, bunda bisa mengecat warna kardus dengan warna yang cerah. Setelah itu gambar bagian mobil seperti roda, kaca dan pintu dengan cat warna lainnya.

Terakhir, tempelkan juga kertas warna yang membentuk nama si kecil. Bunda bisa meletakkan si kecil ke dalam kardus lalu mendorongnya seperti sang anak menaiki mobil. Kegiatan ini bisa membuat anak senang dan meningkatkan ikatan ibu dan anak.

Itulah tadi beberapa DIY mainan anak 2 tahun yang bisa dicoba di rumah. Namun perlu untuk memastikan kalau bahan yang digunakan bersih dan tidak kotor untuk anak.