Bunda mencari rekomendasi mainan anak 2 tahun yang membantu tumbuh kembang si anak. Memilih mainan untuk anak memang dapat memberikan dampak positif.

Saat anak menginjak usia 2 tahun, biasanya sudah mulai menguasai kemampuan berbicara, meniru orang lain, dan mengekspresikan diri dengan baik. Tidak hanya itu saja, tetapi usia 2 tahun adalah proses yang sangat baik untuk mulai mempelajari suatu hal baru.

5 Rekomendasi Mainan Anak 2 Tahun

Agar kemampuan berbicara, imajinasi, dan pembentukan sosial si anak semakin berkembang, tentu bunda harus memilih mainan yang cocok. Berikut rekomendasi mainan khusus anak usia 2 tahun yang bisa dijadikan pilihan.

1. Puzzle

Puzzle adalah salah satu rekomendasi mainan yang bisa bunda berikan untuk anak. Bunda bisa belikan mainan ini versi anak-anak.

Untuk anak 2 tahun, biasanya puzzle ini didesain dengan ukuran yang lebih besar dan sederhana. Menariknya, permainan ini dapat bermanfaat untuk mengasah imajinasi si anak.

Selain itu juga mengajari anak cara memecahkan masalah, dan melatih motorik anak. Sehingga dapat membantu tumbuh kembang anak menjadi lebih baik.

2. Susunan Balok

Mainan yang terdiri dari bentuk balok ini adalah rekomendasi yang cocok untuk anak usia 2 tahun. Cara mainnya cukup sederhana dimana si anak harus mampu menyusun balok-balok hingga menjadi suatu bangunan.

Manfaat dari susun balok ini adalah membantu si anak untuk dapat mengasah imajinasi, mengenal bentuk-bentuk bangunan, dan melatih kemampuan motorik.

3. Plastisin

Plastisin adalah rekomendasi mainan anak 2 tahun yang cocok untuk melatih kreativitas. Pasalnya mainan ini memiliki tekstur yang lentur dan mudah dibentuk.

Sehingga cocok untuk dijadikan media mempelajaran mengenal benda-benda sekitar. Selain itu plastisin ini melatih kreativitas dan imajinasi si anak.

Tentu dengan membentuk plastisin dapat membantu tumbuh kembang motorik si anak. Anak juga akan lebih kuat ketika belajar memegang benda-benda sekitar.

4. Mencoba Bermain Alat Peraga

Saat anak menginjak usia 2 tahun, memang biasanya telah memiliki kemampuan untuk meniru orang lain. Akan tetapi anak sudah mampu untuk melihat dan meniru secara perlahan.

Nah hal ini dapat bunda manfaatkan untuk mengajak si anak untuk bermain peraga. Banyak sekali alat peraga yang bisa dijadikan media seperti boneka dan robot. Bahkan dengan mencoba bermain peran, anak akan lebih terbantu dalam proses bicara, imajinasi, dan kemampuan bergerak.

5. Menggambar

Menggambar bisa bunda jadikan pilihan mainan yang baik untuk anak usia 2 tahun. Pasalnya saat anak usia 2 tahun biasanya mulai suka mencorat-coret tembok.

Nah agar si anak tetapi bisa menuangkan imajinasinya tanpa harus memarahi, maka buku gambar adalah solusi yang tepat. Selain itu, bunda dapat memberikan alat warna sebagai pendukung untuk meningkatkan kreativitasnya

Itulah 5 rekomendasi mainan anak 2 tahun yang bisa bunda berikan. Saat anak masih kecil, sebaiknya jangan asal pilih ya, tetapi berikan mainan yang sesuai dengan umurnya.