Kenapa anak tidak mau ditinggal di sekolah? Kebanyakan bunda juga akan merasa bingung jika hal tersebut terjadi kepada anak bunda.

Tidak semua anak mau menerima lingkungan baru seperti di sekolah. Terlebih jika hal tersebut adalah lingkungan yang baru untuk anak.

Anak yang tidak mau ditinggal di sekolah sebenarnya memiliki sebab-sebab tertentu. Bingung dan cemas adalah hal wajar karena dari situlah insting seorang bunda akan diuji.

5 Sebab Kenapa Anak Tidak Mau Ditinggal Di Sekolah

Biasanya anak tidak mau sekolah karena beberapa faktor baik secara internal ataupun eksternal. Agar bunda tidak penasaran, berikut sebab-sebab yang biasa sering dialami sang anak.

1. Separation Anxiety Syndrome

Separation Anxiety Syndrome adalah gangguan kecemasan yang terjadi pada anak. Biasanya sering terjadi pada saat anak baru pertama kali ditinggalkan orang tua untuk sekolah.

Hal ini dikarenakan ketidaksiapan anak untuk berpisah dengan orang tua walaupun hanya sebentar. Maka dari itu anak akan  melakukan berbagai cara agar tidak ditinggal orang tua.

2. Fobia Sosial

Fobia Sosial adalah rasa takut berlebihan yang biasa sering dialami anak-anak.  Dalam kondisi ini, anak enggan untuk ditinggal karena memiliki rasa cemas yang terlalu berlebihan.

Anak memang tetap semangat saat pergi sekolah, akan tetapi gejala ini muncul saat anak sudah mulai berada di lingkungan sekolah. Ciri-cirinya ditandai dengan rasa mual, demam, pusing, dan lain sebagainya.

3. Rasa Trauma

Sebab Kenapa anak tidak mau ditinggal di sekolah ini biasanya juga sering disebabkan karena trauma. Bisa saja trauma itu didapat dari lingkungan sekolah tetapi si anak enggan untuk bercerita ke bunda.

Dari sinilah sebenarnya adalah akar permasalahan yang harus segera bunda ketahui. Takutnya jika segera diatasi dengan sigap, nanti dapat berpengaruh terhadap ke hal yang lebih besar.

4. Belum Terlatih

Sebenarnya masalah anak tidak mau ditinggal adalah sebuah kewajaran. Bukan berarti dibiarkan saja ya. Perlu adanya kesiapan-kesiapan yang wajib bunda berikan agar anak tidak kaget jika dihadapkan dengan kondisi baru.

Saat pertama kali tentu bunda harus memahami kondisi sang anak, hanya saja lambat laun pastikan anak mulai terbiasa dengan hal ini. Dengan cara seperti itulah nantinya anak akan jauh lebih terlatih.

5. Gagalnya Cara Bunda Membujuknya

Kunci dari masalah ini sebenarnya adalah bunda. Bagaimana peran bunda dalam mengatasi hal ini agar anak mau ditinggal di sekolah.

Banyak sekali cara yang bisa bunda lakukan. Selain membujuk, bunda bisa memberikan dorongan motivasi ataupun apresiasi agar anak lebih mudah menurut.

Itulah penyebab kenapa anak tidak mau ditinggal di sekolah yang umum terjadi. Jika anak mengalami masalah serius, sebaiknya bunda segera lakukan tindak lanjut dengan pihak sekolah ya agar segera terselesaikan.