5 Cara Mengobati Gondongan pada Anak Secara Alami

Ilustrasi Anak Gondongan (Foto: Canva)

Meskipun gondongan biasanya sembuh dengan sendirinya. Namun, Ada beberapa cara mengobati gondongan pada anak secara alami yang bisa bunda coba dirumah, Yuk simak tips nya!

Apa itu Penyakit Gondongan?

Gondongan adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang kelenjar air liur atau parotis. Gejala gondongan pada anak antara lain bengkak pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah, demam, sakit telinga, sakit kepala, nyeri otot, dan hilang nafsu makan.

Gondongan sangat menular dan bisa menyebar melalui kontak dengan cairan dari orang yang terinfeksi. Anak yang belum mendapatkan vaksin MMR (gondongan, campak, dan rubella) akan lebih berisiko terkena gondongan.

Cara Mengobati Gondongan pada Anak Secara Alami

Cara Mengobati Gondongan pada Anak Secara Alami
Ilustrasi Anak Gondongan (Foto: Canva)

Selain memberikan obat penghilang rasa sakit dan demam yang diresepkan dokter, seperti ibuprofen atau parasetamol, Bunda juga bisa mencoba beberapa cara mengobati gondongan pada anak secara alami di rumah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa bunda lakukan:

1. Membantu anak beristirahat

Istirahat yang cukup bisa membantu mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh anak. Hindari aktivitas yang terlalu berat atau melelahkan untuk anak yang gondongan.

2. Mengompres area yang bengkak

Bunda bisa mengompres area kelenjar yang bengkak dengan kain basah yang dicelupkan ke dalam air hangat atau air dingin. Kompres selama 10-15 menit, beberapa kali sehari. Kompres bisa membantu meredakan rasa sakit dan nyeri pada area yang bengkak.

3. Memberi makanan yang lembut

Anak yang gondongan biasanya sulit mengunyah atau menelan makanan yang keras atau berbumbu. Oleh karena itu, berikan makanan yang lembut dan mudah dicerna, seperti bubur, sup, atau yogurt. Hindari makanan yang asam, pedas, atau asin, karena bisa menyebabkan iritasi pada kelenjar yang bengkak.

4. Memberi banyak cairan

Anak yang gondongan juga perlu minum banyak cairan, seperti air putih, jus buah, atau kaldu. Cairan bisa membantu mencegah dehidrasi akibat demam dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Selain itu, cairan juga bisa membantu membersihkan mulut dan tenggorokan dari kuman yang menempel.

5. Memberi obat alami

Beberapa bahan alami yang bisa bunda gunakan sebagai obat gondongan pada anak antara lain jahe, kunyit, daun sirih, dan daun sirsak.

Bunda bisa membuat ramuan dari bahan-bahan tersebut dengan cara merebusnya dalam air, kemudian menyaringnya dan memberikannya pada anak. Obat alami ini bisa membantu mengurangi peradangan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh anak.

Berapa Lama Gondongan Anak Sembuh?

Anak-anak yang berusia di bawah 15 tahun lebih rentan terkena gondongan. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh anak-anak masih belum sepenuhnya berkembang.

Gejala gondongan biasanya muncul sekitar 14-25 hari setelah seseorang terinfeksi virus. Gejala yang paling umum adalah pembengkakan pada kelenjar parotis, yang terletak di bawah telinga. Kelenjar parotis berfungsi untuk memproduksi air liur.

Cara Mencegah Gondongan pada Anak

Cara paling efektif untuk mencegah gondongan pada anak adalah memberikan imunisasi campak, gondok, dan rubella (MMR) yang diberikan dalam 2 dosis. Dosis pertama diberikan antara umur 12 bulan sampai 15 bulan. Dosis kedua diberikan antara usia 4 tahun dan 6 tahun

Selain imunisasi, ada langkah-langkah lain untuk membantu mencegah penyebaran gondongan, seperti:

  • Menjauhkan anak dari anak lain yang sedang mengalami gondongan
  • Mengajarkan anak untuk rutin mencuci tangan dan praktik kebersihan lainnya
  • Rutin membersihkan mainan, pakaian, dan peralatan lain yang ia gunakan sehari-hari

Itulah beberapa cara mengobati gondongan pada anak secara alami yang bisa bunda coba di rumah.

Namun, jika gejala gondongan tidak kunjung membaik atau malah bertambah parah, segera bawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait