5 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi 1 Bulan

Ilustrasi cara mengatasi perut kembung pada bayi Foto: canva

Bayi sangat mudah mengalami perut kembung bunda. Berikut cara mengatasi perut kembung pada bayi usia 1 bulan.

Sang buah hati bunda mengalami perut kembung? jangan khawatir karena perut kembung sangat sering dialami oleh bayi.

Tentu saja hal ini sering membuat bayi bunda tidak nyaman dan sering menangis. Maka dari itu bunda harus tahu cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Ciri ciri perut bayi kembung

Perut kembung pada bayi bisa disebabkan oleh sistem pencernaan yang belum berkembang begitu sempurna bunda. Biasanya bayi yang mengalami perut kembung ini  berdasarkan usia hingga 3 bulan.

Seperti yang kita ketahui, perkembang pada bayi memiliki beberapa faktor penyebabnya. Salah satunya seperti terlalu banyak menelan udara ketika sang buah hati bunda sedang menangis atau minum ASI, bisa juga seperti intoleransi makanan tertentu, dan juga makanan yang bunda makan bisa mempengaruhi kandungan ASI.

Sebagai orang dewasa saja ketika mengalami perut kembung sangat merasa tidak nyaman, apalagi bayi yang mengalami hal ini akan lebih rewel dan menangis bunda.

Oleh sebab itu ada beberapa ciri-ciri perut bayi kembung. Antaranya adalah aang buah hati akan susah tidur, nafsu makannya menurun, sering buang gas, bisa juga dengan mengangkat kakinya sampai ke dada serta perutnya terasa sedikit mengeras saat bunda pegang. 

Cara mengatasi perut kembung pada bayi

Tentunya mengalami perut kembung membuat sang buah hati bunda tidak nyaman sehingga hal ini harus segera di atasi. Berikut cara mengatasi perut kembung pada bayi yang bisa Bunda lakukan dan tergolong sangat mudah.

1. Mengusap punggung dan perut bayi

cara mengatasi perut kembung pada bayi
Ilustrasi cara mengatasi perut kembung pada bayi Foto: canva

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang pertama adalah mengusap punggung dan perut bayi bunda. Karena jika melakukan hal ini dipercaya bisa mengatasi perut kembung dengan meletakkan bayi pada posisi telungkup atau perut menghadap ke bawah.

Kemudian bunda bisa mengusap punggungnya dengan cara perlahan untuk membantu mengeluarkan gas.

2. Menggerakkan kaki bayi secara perlahan

Sedangkan cara mengatasi perut kembung pada bayi yang kedua yaitu menggerakkan kaki bayi secara perlahan-lahan. Dengan cara membaringkan bayi dengan posisi terlentang kemudian gerakan kedua kakinya secara melingkar dan bergantian bunda. 

3. Periksa posisi menyusui

Periksa posisi menyusui bisa menjadi cara mengatasi perut kembung yang ketiga bunda. Ketika menyusui bunda bisa mencoba meletakkan kepala sang buah hati lebih tinggi dari perutnya.

4. Ganti peralatan menyusui

Untuk cara mengatasi perut kembung pada bayi yang ke-4 adalah dengan mengganti peralatan menyusui.  Hal ini bisa bunda lakukan jika tidak memberi ASI pada sang buah hati melainkan menggantinya dengan susu formula.

Bunda bisa mencoba mengganti peralatan seperti puting yang memiliki aliran  lebih lambat dan juga rajin untuk mencuci ulang botol susu.

5. Buat bayi bersendawa

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang terakhir adalah dengan membuat sang buah hati bunda bersendawa. Setelah menyusui atau ketika menyusui sang buah hati bunda sangat perlu bersendawa.

Jika tidak bersendawa setelah menyusui, mungkin bisa mencoba membaringkan sang buah hati dalam posisi telentang untuk beberapa menit. Cobalah hal ini beberapa kali sampai sang buah hati bisa bersendawa. 

Itu tadi bunda 5 cara mengatasi perut kembung pada bayi beserta ciri-ciri perut kembung tersebut. Semoga dengan adanya informasi ini bisa menambah pengetahuan bunda dan pasangan untuk lebih waspada lagi jika mengalami hal ini.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait