Bagaimana cara mengatasi bayi rewel di bus? Menghadapi bayi yang rewel ketika sedang melakukan perjalanan dengan bus adalah hal yang wajar.

Hal ini karena posisi anak kurang nyaman ketika di bus. Lagi pula anak juga kurang terbiasa dengan suasana bus yang ramai.

Lagi pula anak juga kurang terbiasa dengan kondisi bus yang melaju. Sehingga hal tersebut bisa membuat anak menjadi lebih rewel.

Sebenarnya hal ini bisa bunda lakukan di berbagai tempat dan kondisi. Akan tetapi biasanya yang paling menyusahkan adalah ketika bayi rewel di bus. Mengingat bus adalah salah satu kendaraan umum yang dikelilingi banyak orang dan rawan macet.

5 Cara Mengatasi Bayi Rewel Di Bus

Bunda pasti tidak ingin terus-terusan mendengarkan rewelan si bayi kan?. Maka dari itulah perlu penanganan yang tepat dan cepat untuk si bayi.

1. Penuhi Kebutuhan Bayi

Biasanya bayi mulai merasa rewel karena beberapa sebab seperti bosan, lapar, haus, ingin BAB ataupun kurang nyaman dengan kemacetan. Nah dari situlah bunda harus mampu memiliki kepekaan yang tinggi agar tahu apa yang dibutuhkan si bayi.

Untuk mengatasi masalah ini, tentu solusi yang tepat adalah mempersiapkan segala kebutuhan si bayi. Dengan cara itulah setiap masalah pada bayi akan terselesaikan dengan mudah tanpa mengganggu penumpang lain.

2. Siapkan Obat-Obatan Pribadi

Mabuk perjalanan adalah masalah yang bisa menyerang siapa saja, termasuk pada si bayi. Nah sebagai bentuk antisipasi, bunda bisa membawa obat-obatan pribadi agar tidak sampai mabuk perjalanan.

Banyak sekali cara antisipasi yang bisa siapkan seperti membawa aromaterapi, obat anti mabuk, dan air hangat. Perlu juga untuk bunda menyiapkan kantong muntah jika hal ini sudah terlanjur terjadi.

3. Latih Si Bayi

Cara mengatasi bayi rewel di bus Bayi yang mulai rewel atau menangis, karena tidak terbiasa dengan kondisi seperti itu. Apalagi jika si bayi baru pertama kali menaiki kendaraan umum seperti bus.

Orang tua bisa melatih bayi dengan cara sering mengajak bepergian menggunakan mobil. Akan tetapi untuk perihal latihan, bunda bisa coba dengan jarak yang dekat saja ya. Hal ini bertujuan agar si bayi bisa mulai terbiasa jika ingin bepergian dengan jarak yang lebih jauh.

4. Berikan Kehangatan dan Suasana Nyaman

Selain belum terbiasa, biasanya bayi yang sering rewel atau tidak betah sering disebabkan karena takut. Ketakutan itulah yang sepatutnya bunda sadari agar lebih mengerti apa yang dibutuhkan si bayi.

Agar si bayi tidak rewel, bunda dapat memberikan kehangatan kasih sayang dan bangun suasana nyaman pada si anak. Ajak si bayi untuk melakukan yang ia suka seperti bermain boneka dan menonton film kartun.

5. Kenali Kondisi Psikologis Anak

Mengingat bayi sedang mengalami masa pertumbuhan, biasanya terdapat beberapa hal yang sulit untuk bunda sadari. Salah satu contoh kondisi biologis yang sering terjadi adalah masa tumbuh gigi.

Masa tumbuh gigi pada bayi akan terjadi saat menginjak usia 3 bulan. Saat proses tumbuh gigi, memang bagian gusi akan membengkak dan terasa nyeri sehingga membuat si bayi tidak nyaman.

Adapun anak mengalami rasa tidak nyaman juga karena sulit tidur. Gangguan suara bising ataupun suhu panas dapat menyebabkan anak sulit tidur dan akhirnya menangis.

Banyak sekali cara mengatasi bayi rewel di bus yang bisa bunda lakukan. Memang terbilang cukup berat, akan tetapi akan jauh lebih ringan jika semua sebelumnya dipersiapkan dengan matang.