13 Arti Singkatan Hasil USG dan Cara Membaca Hasil USG

Ilustrasi Hasil USG Kehamilan (Foto: Canva)

Banyak bunda yang mungkin masih bingung tentang istilah arti singkatan hasil usg dan bagaimana cara membacanya, Jika iya yuk simak penjelasan berikut ini

USG atau ultrasonografi adalah pemeriksaan yang menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar organ dalam tubuh, termasuk janin dalam kandungan.

USG biasa dilakukan oleh ibu hamil untuk memantau perkembangan dan kondisi janin. Namun, hasil USG sering kali disertai dengan berbagai singkatan dan istilah yang mungkin sulit dipahami oleh orang awam.

Istilah Arti Singkatan Hasil USG

Pada hasil USG kehamilan, terdapat beberapa istilah yang perlu dipahami. Berikut adalah beberapa istilah yang sering muncul dalam hasil USG kehamilan

1. GA (Gestational Age)

Menunjukkan perkiraan usia kehamilan berdasarkan ukuran biometri janin, seperti panjang tungkai, lengan, kaki, dan diameter kepala janin. GA biasanya dihitung berdasarkan hari pertama haid terakhir (LMP).

2. GS (Gestational Sac)

Menunjukkan ukuran kantong kehamilan yang berisi cairan yang mengelilingi embrio selama minggu pertama perkembangannya.

3. CRL (crown rump length)

Menunjukkan ukuran panjang janin dari ujung kepala hingga ujung kaki janin yang masih berbentuk melingkar atau menyerupai huruf “C”. Pengukuran ini biasanya dilakukan pada trimester 1 kehamilan atau usia kehamilan 7-13 minggu.

4. BPD (Biparietal Diameter)

Menunjukkan ukuran diameter kepala janin. Pengukuran ini dilakukan dengan menghitung jarak antara kedua sisi kepala janin.

5. HC (Head Circumference)

Menunjukkan ukuran lingkar kepala janin. Pengukuran ini paling cepat dilakukan pada trimester 2 atau usia kehamilan 14 minggu.

6. AC (Abdominal Circumference)

Menunjukkan ukuran lingkar perut janin. Hasil USG ini akan membantu memperkirakan usia kehamilan. AC biasanya digunakan untuk memperkirakan usia kehamilan di trimester kedua dan ketiga.

7. FL (Femur Length)

Menunjukkan ukuran panjang tulang paha janin. Istilah ini juga dapat digunakan untuk menentukan usia janin.

8. FW (Fetal Weight)

Menunjukkan perkembangan berat janin yang normal di dalam kandungan pada setiap tahapan kehamilan.

9. FHR (Fetal Heart Rate)

Menunjukkan detak jantung janin sesuai usia kehamilan. Rerata detak jantung janin normal adalah 100-120 detak per menit pada usia kehamilan 6-7 minggu.

10. EDD (Estimated Due Date)

menunjukkan perkiraan tanggal kelahiran yang dihitung selama 40 minggu sejak hari pertama haid terakhir (HPHT).

11. Placental Grade (Tingkat Kematangan Plasenta)

Plasenta yang sehat akan mengalami perubahan dalam struktur dan kematangan selama kehamilan.

Tingkat kematangan plasenta bisa memberikan petunjuk dokter terkait kesehatan janin dan kelancaran persalinan.

12. Biophysical Profile (Profil Biologis)

Istilah ini merupakan skor yang digunakan untuk mengevaluasi kesehatan janin dengan memeriksa berbagai faktor, seperti gerakan janin, jumlah cairan ketuban, dan lainnya.

13. Nuchal Translucency (Translusi Nuchal)

Translusi nuchal adalah pengukuran ketebalan lipatan kulit di leher janin yang biasanya dokter gunakan untuk menilai risiko kelainan kromosom, seperti sindrom Down.

Cara Membaca Hasil USG yang Benar

Arti Singkatan Hasil USG
Ilustrasi Membaca Hasil USG (Foto: Canva)

Cara membaca USG dengan memperhatikan warna, orientasi, dan gambaran janin pada hasil USG. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membaca USG:

1. Warna hasil USG

USG menghasilkan foto hitam putih dengan gradasi abu-abu. Warna abu-abu biasanya mendominasi area sekitar gambar USG dan menunjukkan area jaringan rahim.

Warna hitam menunjukkan area cairan, seperti cairan ketuban atau kantong kehamilan. Warna putih menunjukkan area padat, seperti tulang atau organ janin.

2. Orientasi hasil USG

USG biasanya menampilkan gambar janin dengan posisi kepala di sebelah kiri dan kaki di sebelah kanan. Namun, terkadang posisi janin dapat berubah-ubah sehingga orientasi gambar USG juga berbeda.

Untuk itu, penting untuk memperhatikan arah panah atau huruf yang menunjukkan bagian tubuh janin, seperti H (head), F (foot), R (right), L (left), A (anterior), P (posterior), S (superior), dan I (inferior).

Itulah beberapa arti singkatan hasil USG dan cara membaca hasil USG yang benar, Jika bunda masih bingung Mintalah dokter kandungan untuk menjelaskan hasil USG

Jangan lupa untuk menanyakan beberapa hal wajib yang harus ditanyakan saat USG kepada dokter seperti posisi janin dalam kandungan, usia kehamilan dan HPL nya. Semoga bermanfaat

 

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait