5 Hal yang Wajib Ditanyakan saat USG Trimester Pertama

USG Trimester Pertama Foto : Canva

USG trimester pertama adalah prosedur non-invasif yang dilakukan untuk mengevaluasi kondisi janin dan ibu selama kehamilan. USG trimester 1 biasanya dilakukan antara minggu ke 8 hingga 12 kehamilan. Ini adalah waktu yang baik untuk melakukan USG karena janin sudah cukup besar untuk dilihat dengan jelas.

Hal yang perlu ditanyakan saat usg trimester pertama

Kebanyakan ibu muda yang baru pertama akan melahirkan mungkin sedikit bingung tentang apa yang harus di tanyakan kepada dokter kandungan untuk mengetahui kondisi kesehatan janinya, Nah agar tidak bingung ini daftar pertanyaan yang dapat Mams tanyakan ke dokter saat pemeriksaan USG pada trimester 1

1. Perhitungan HPL

Trimester 1 dihitung dari minggu terakhir haid sampai 12 minggu setelahnya. Saat melakukan USG penting untuk menanyakan ke dokter perhitungan HPL. Karena organ-organ janin akan terbentuk di trimester 1, pada saat trimester 1 terbentuk tabung saraf dan otak janin dan penting sekali untuk kita deteksi melalui USG. Skrining awal juga dapat kita lakukan di trimester 1. Selama masa menunggu untuk di USG Jangan lupa untuk Mams minum multivitamin yang mengandung asam folat dan multivitamin lainnya.

2. Letak Kantung Janin

USG Trimester Pertama
USG Trimester Pertama Foto : Canva

Kira-kira di minggu ke-5 sudah harus terbentuk kantung janin dengan catatan menstruasi teratur. Jadi jika memang sudah terlihat kantung janin yang biasanya bulat dan berwarna hitam bisa ditanyakan ke dokter letaknya. Pastikan bahwa kantung berada di dalam rahim dan tanyakan juga posisi kantongnya disebelah mana, apakah posisinya di luar rahim atau didalam rahim.

Jika memang didalam rahim terletak di bagian atas atau di bagian bawah rahim apalagi untuk yang pernah melahirkan secara caesar hati-hati kalau kantungnya berada di bagian bawah rahim yang mendekati bekas luka caesar. Jika kantongnya berada di dekat bekas luka caesar dapat menyebabkan kehamilan di bekas caesar.

3. Total Kantung Rahim

Mams juga dapat menanyakan jumlah kantong rahim jadi untuk yang mempunyai keturunan kembar dapat ditanyakan ke dokter. Jika ada dua kantong berarti kembar namun ada juga yang kantong cuma satu tapi nantinya di minggu-minggu selanjutnya jadi 2 hal itu dapat dideteksi dengan USG.

4. Keadaan detak jantung janin

Biasanya jika sudah enam setengah minggu atau tujuh minggu sudah harus ada detak jantung janin. Jika sudah seperti itu dapat diketahui usia kehamilannya bahkan perkiraan kelahirannya. Nah, untuk detak jantungnya sendiri itu juga harus diperhatikan ya mams seberapa cepat detak jantung janinnya jadi dapat ditanyakan juga ke dokter.

5. Apakah ada kelainan pada janin

Saat di trimester 1 usia kehamilan 11-13 Minggu juga dapat dilakukan skrining awal kelainan-kelainan seperti daun sindrom. Dokter akan mengukur tebal tengkuk dari si janin ada atau tidak kecurigaan kearah daun sindrom. Namun skrining itu bukan diagnosis hanya jadi acuan saja.

Nah, Itulah beberapa pertanyaan yang bisa mams tanyakan saat melakukan USG trimester pertama, Semoga bermanfaat!

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait