Kewajiban suami kepada istri menurut islam. Menjalin pernikahan merupakan sebuah ikatan suci dan komitmen seumur hidup. Dalam Islam, pernikahan bukan hanya tentang menyatukan dua insan, tetapi juga membangun rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah.

Untuk mencapai tujuan tersebut, suami dan istri memiliki hak dan kewajiban masing-masing. Llau apa saja kewajiban suami terhadap istri dalam islam?

Kewajiban Suami Kepada Istri Menurut Islam

Berikut  kewajiban suami kepada istri menurut Islam:

1. Memberikan Mahar (Mas Kawin)

Kewajiban Suami Kepada Istri Menurut Islam

Memberikan mahar adalah kewajiban pertama seorang suami kepada istrinya. Mahar merupakan simbol penghargaan dan penghormatan suami kepada istri. Bentuk mahar dapat berupa benda berharga, uang, atau sesuatu yang bermanfaat bagi istri.

2. Memenuhi Nafkah Lahir dan Batin

Suami wajib memberikan nafkah kepada istri dan anak-anaknya. Nafkah meliputi kebutuhan pokok seperti makanan, pakaian, tempat tinggal, kesehatan, dan pendidikan. Suami harus berusaha sekuat tenaga untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

3. Memimpin Rumah Tangga dengan Baik

Suami adalah pemimpin rumah tangga yang bertanggung jawab untuk mengarahkan keluarga ke jalan yang benar. Seorang suami haruslah adil, bijaksana, dan mampu menjadi teladan bagi istri dan anak-anaknya.

4. Memperlakukan Istri dengan Baik

kewajiban suami kepada istri menurut islam

Islam memerintahkan suami untuk memperlakukan istri dengan baik, secara fisik maupun emosional. Hal ini termasuk bersikap lemah lembut, saling menghormati, dan menjaga komunikasi yang baik.

5. Memberikan Pendidikan Agama

Suami bertanggung jawab untuk memberikan pendidikan agama kepada istri dan anak-anaknya. Hal ini penting untuk membangun keluarga yang islami dan berakhlak mulia.

6. Menjaga Kehormatan Istri

Suami wajib menjaga kehormatan dan martabat istri. Hal ini berarti suami tidak boleh melakukan tindakan yang dapat menyakiti hati istri, seperti selingkuh, KDRT, dan lain sebagainya.

7. Tidak Membebani Istri dengan Pekerjaan Berlebihan

Islam tidak mewajibkan istri untuk bekerja di luar rumah. Suami juga tidak boleh membebani istri dengan pekerjaan rumah tangga yang berlebihan.

8. Membimbing dan Memberikan Nasihat

kewajiban suami kepada istri menurut islam

Suami adalah pemimpin dalam rumah tangga, sehingga wajib membimbing dan memberikan nasihat kepada istri. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan contoh yang baik, mengingatkan dengan lemah lembut, dan menyelesaikan masalah dengan musyawarah.

9. Memberi Izin Istri untuk Keluar Rumah

Suami tidak boleh melarang istri untuk keluar rumah tanpa alasan yang syar’i. Istri memiliki hak untuk keluar rumah untuk memenuhi kebutuhannya, seperti berbelanja, mengunjungi keluarga, atau menghadiri pengajian.

10. Memaafkan Kesalahan Istri

Setiap manusia tak luput dari kesalahan. Suami dianjurkan untuk memaafkan kesalahan istri dan berusaha untuk menyelesaikan masalah dengan baik-baik.
Dengan memahami dan menjalankan kewajiban suami kepada istri, diharapkan dapat tercipta rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah.