10 Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Oleh Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil makan Foto: canva

Bunda, ketika sedang hamil wajib tahu makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil. Makanan yang masuk ketika bunda sedang hamil wajib diperhatikan ya bun, berikut 10 daftar makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil.

Selama bunda hamil, banyak hal yang berubah dari kehidupan bunda. Diantaranya adalah gaya hidup dan juga bunda harus mengelola pola makan.

Oleh sebab itu, bunda yang sedang hamil wajib harus lebih teliti dan memilih makanan apa saja yang harus dimakan dan aman untuk bunda dan calon buah hati.

Tentunya bunda dan pasangan ingin memberikan nutrisi yang terbaik untuk calon buah hati. Simak di sini berikut 10 daftar makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil.

10 daftar makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil

1. Telur mentah

Makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil yang pertama yaitu telur mentah. Selain telur mentah, makanan yang dibuat dari olahan telur mentah ini, seperti mayones dan lain-lainnya berisiko sangat tinggi terkontaminasi oleh bakteri salmonela.

Bakteri ini bisa mengakibatkan infeksi yang membuat bunda ketika lagi hamil muntah-muntah, demam, diare serta mengalami kram perut.

Bunda wajib menghindari hal ini, karena terkadang kram perut yang diakibatkan oleh infeksi ini bisa menyebabkan kelahiran prematur pada bayi benda.

2. Alkohol

Ketika bunda sedang hamil alkohol sangat harus dihindari. Tidak ada pengecualian untuk alkohol, karena hal ini bisa menyebabkan perkembangan janin dan bisa menimbulkan serangkaian masalah kesehatan lainnya.

3. Kafein

Berikutnya untuk makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil adalah kafein. Sebenarnya kafein ini bisa dikonsumsi oleh bunda yang sedang hamil, namun tetap harus dibatasi ya bunda.

Karena kafein ini bisa menyebabkan terganggunya perkembangan janin, dan dalam kopi, teh dan juga coklat. Jika bunda nekat dan mengkonsumsi kafein ini secara berlebihan bisa juga menyebabkan keguguran.

4. Ikan yang memiliki merkuri tinggi

makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil makan Foto: canva

Makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil ya ialah makanan yang memiliki merkuri yang tinggi. Salah satunya adalah ikan.

Karena merkuri ini sangat beracun dan sering ditemui pada air yang tercemar. Berikut beberapa ikan yang memiliki merkuri yang tinggi adalah ikan hiu, ikan marlin, ikan tuna dan banyak ikan lainnya.

5. Es krim

Rata-rata semua orang menyukai makanan yang satu ini. namun, makanan ini harus dihindari oleh ibu hamil.
Karena es krim ini bisa menyebabkan diare, dehidrasi, dan juga infeksi yang berkelanjutan. Tidak lain juga es krim terdapat gula buatan yang sangat tinggi.

6. Daging mentah

Daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil yang keenam yaitu daging mentah. Daging mentah ini dilarang dikonsumsi oleh bunda yang sedang hamil karena dapat meningkatkan risiko infeksi.

Bakteri yang terdapat pada daging mentah ini bisa mengancam kesehatan janin bunda dan bisa menyebabkan juga kematian di dalam kandungan.

7. Ayam mentah

Tentunya semua makanan yang mentah rata-rata dilarang untuk dikonsumsi oleh bunda yang sedang hamil, tidak terkecuali ayam mentah.

8. Kerang mentah

makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil Foto: canva

Makanan yang ke-8 yang wajib dihindari oleh ibu hamil yaitu kerang mentah. Bunda ingin memakan kerang wajib bunda masak secara matang tidak boleh mentah ataupun setengah masak.

9. Makanan cepat saji

Bunda sedang hamil sangat dilarang untuk makan makanan yang cepat saji. Karena makanan ini tidak memiliki asupan gizi yang cukup.

Sedangkan bunda yang sedang hamil wajib mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan bunda dan sang buah hati yang berada dalam kandungan.

10. Sushi

Sushi sendiri identik dengan makanan mentah bunda, hal ini yang menyebabkan bunda ketika lagi hamil dilarang untuk mengonsumsinya.

Jika bunda tetap ingin memakan sushi ada baiknya memilih Susi dengan jenis yang benar. Bisa dengan memilih Sushi dengan jenis sayuran dan makanannya matang.

Nah, itu tadi bunda 10 daftar makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil. Ada baiknya ketika bunda sedang hamil untuk bisa memilih makanan apa aja yang dikonsumsi.

Kesehatan bunda dan sang buah hati di dalam kandungan sangatlah penting, sehingga bunda tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan yang dilarang untuk ibu hamil.

Semoga informasi mengenai 10 daftar makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil ini bermanfaat untuk bunda dan sang calon buah hati.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait