Waspada, Ini Kandungan Skin Care yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil

Ilustrasi ibu pake skin care Foto: fexels

Walaupun sedang hamil, bunda pasti ingin selalu terihat cantik. Tapi tidak semua kandungan skin care bisa di gunakan ibu hamil. Berikut kandungan skin care yang tidak boleh untuk ibu hamil.

Ketika hamil, bunda akan mengalami perubahan kulit. Tetapi ada beberapa wanita yang beruntung tetap memiliki wajah mulus selama kehamilan.

Masalah kulit yang biasanya di alami selama ibu hamil adalah kilit kering, kulit yang menjadi lebih menggelap dan juga jerawat.

Jika bunda memutuskan untung menggunakan skin care untuk menjaga kesehatan kulit, wajib tahu kandungan apa saja yang boleh di gunakan saat hamil. Berikut kandungan skin care yang tidak boleh untuk ibu hamil.

Kandungan skin care yang tidak boleh untuk ibu hamil

Perubahan kulit saat hamil menjadi salah satu masalah bagi ibu hamil. Sehingga bunda tetap harus menggunakan serangkaian produk skin care agar tetap menjaga kesehatan kulit wajah.

Merawat kulit wajah dengan beberapa produk, pastinya akan terdapat banyak juga kandungan di dalamnya. Oleh sebab itu bunda harus tahu kandungan apa yang boleh dan tidak boleh di gunakan ibu hamil.

Simak di sini bunda untuk tahu kandungan skin care yang tidak boleh untuk ibu hamil:

kandungan skin care yang tidak boleh untuk ibu hamil
Ilustrasi skin care Foto: pexels

1. Retinoid

Kandungan skin care yang tidak boleh untuk ibu hamil yang pertama merupakan retinoid. Masalah jerawat menjadi hal utama wanita saat ini, dan kandungan retinoid ini sangat bagus untuk kulit yang sedang berjerawat.

Namun, ibu yang sedang hamil sangat di larang menggunakan kandungan ini. Karena kandungan ini memiliki sifat teratogenik yang bisa berbahaya bagi organisme prenatal.

2. Salicylic acid

Untuk kandungan skin care yang tidak boleh untuk ibu hamil yang kedua adalah salicylic acid. Kandungan ini biasanya di kenal dengan nama BHA, BHA ini sebenarnya masih aman untuk bunda yang hamil.

Salicylic acid yang aman di gunakan saat hamil kandungannya harus di bawah 2%. Jika lebih dari 2% wajib ibu hamil hindari, karena bisa berdampak negatif pada bayi dalam kandungan bunda.

3. Paraben

Paraben menjadi kandungan skin care yang tidak boleh untuk ibu hamil yang ketiga. Paraben merupakan zat yang mampu mencegah perkembangan bakteri dan juga jamur.

Dan paraben ini bisa mengakibatkan komplikasi pada ibu hamil, selain itu bisa menyebabkan keguguran, berat badan lahir rendah, lahir prematur dan juga terhambatnya pertumbuhan sang buah hati bunda.

4. Hidrokuinon

Hidrokuinon menjadi kandungan skin care yang tidak boleh untuk ibu hamil yang keempat. Kandungan ini dapat memutihkan wajah, dan memiliki cara kerja yang masuk dalam pori-pori kulit.

Hal itu lah, hidrokuinon tidak boleh di gunakan ketika ibu sedang hamil, karena kandungan ini bisa mengakibatkan tumbuh kembang janin bunda terganggu.

5. Merkuri

Kandungan skin care yang tidak boleh untuk ibu hamil yang terakhir adalah merkuri. Merkuri ini wajib di hindari oleh semua wanita, tidak hanya ibu hamil saja.

Dan kandungan ini bisa memutihkan dalam waktu yang cepat. Karena itu bisa menyebabkan gangguan ginjal dan juga hati. Biasanya kandungan ini sering ditemukan pada kosmetik skin care dan juga produk kencantikan lainnya.

Setelah tahu apa saja kandungan skin care yang tidak boleh untuk ibu hamil, bunda wajib menghindari kandungan tersebut ketika sedang hamil.

Semoga informasi mengenai kandungan skin care yang tidak boleh untuk ibu hamil bermanfaat dan bisa membuat bunda lebih bijak lagi memilih menggunakan produk skin care ketika hamil.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait