Usia Berapa Anak Punya Hp Sendiri? Ini Menurut Para Ahli

Ilustrasi gambar anak Foto: pixabay

Pada zaman yang serba canggih ini pasti bunda dan pasangan waspada dengan perkembangan buah hati yang sudah mulai menyukai bermain hp. Simak artikel ini bunda untuk tahu usia berapa anak punya hp sendiri, berdasarkan para ahli.

Sebagai orang tua pasti bunda dan pasangan mengalami masa yang bertanya-tanya pada usia berapa anak punya hp sendiri. Dan tentunya menentukan hal itu membuat bunda merasa bolehkan saya memberikan anak saya hp sendiri? Temukan jawabannya pada artikel ini bunda.

Tentunya pada artikel ini teori mengenai usia berapa anak punya hp sendiri akan berdasarkan para ahli. Jadi bunda dan pasangan tidak perlu risau, pada artikel ini teori yang tertera sudah pasti.

Mengenai teori usia berapa anak punya hp sendiri memang menjadi topik perbincangan yang kadang menimbulkan perdebatan, karena terkadang perbedaan pendapat orang tua tidak sama.

Buah hati bunda yang mulai mengerti tetang penggunaan teknologi terkadang kecanduan, dan hal itu tidak baik untuk kesehatan dan pertumbuhan sang anak. Berikut kata para ahli mengenai usia berapa anak punya hp sendiri:

Usia berapa anak punya hp sendiri berdasarkan pendapat para ahli

Berbeda dengan izin mengendarai kendaraan seperti motor dan mobil hanya boleh dilakukan oleh anak yang sudah 17 tahun ke atas. Nah untuk usia berapa anak punya hp sendiri berbeda dengan anak yang bisa mengendarai motor atau mobil.

Tentunya kematangan emosional dan kedewasaan anak bunda wajib menjadi perhatian. Anak bunda yang sudah dewasa dan mampu berpikir mana yang baik dan buruk bisa bunda berikan hp untuk dirinya sendiri.

Dan bunda juga bisa mempertimbangkan keadaan ekonomi keluarga jika ingin memberikan hp untuk sang buah hati. Tentunya bunda dan pasangan juga harus bisa memilih hp yang aman digunakan oleh sang buah hati dan harus bisa mengontrol apa saja situs yang bisa dibuka dan yang tidak bisa dibuka sang anak.

Pada zaman sekarang ini makin banyak anak-anak tidak di usia yang tepat sudah pintar menggunakan hp, hal ini tentunya bukan sesuatu yang baik. Perlu bunda ketahui di amerika serikat memiliki rata-rata anak pertama kali mempunyai hp pada usia 10 tahun.

Para ahli menyampaikan pendapatnya mengenai usia berapa anak punya hp sendiri pada usia yang tepat, supaya tidak mengganggu proses perkembangan mental anak dan juga psikologis buah hati bunda. Berikut kata para ahli usia berapa anak punya hp sendiri:

  1. Kepala Influence Central, yaitu Stacy DeBroff menurutnya tren semakin muda dan tentunya banyak orang tua lelah dengan marahnya sang anak ketika meminta di belikan hp.
  2. Sedangkan menurut Steyer setiap anak itu berbeda, tidak bisa di patokkan dengan usia, yang utama adalah apakah anak tersebut sudah dewasa dan bisa bertanggung jawab.
  3. Berbeda dengan Kepala Common Sense Media, James P.Steyer berkata dia memberikan hp pertama anaknya pada saat sang buah hati masuk SMA, karena pada saat ini anak sudah bisa menghargai komunikasi tatap muka.
  4. Ada juga pendapat Bill Gates yang merupakan pencipta Microsoft berpendapat bahwa dia tidak mengizinkan sang anak bermain hp pada saat di meja makan, dan dia juga memberikan sang buah hati hp pada usia 14 tahun, walaupun sang anak protes teman-temannya sudah di berikan hp pada usia muda.

Kemudian ada juga pendapat dari pakar psikologi, mengatakan anak rata-rata usia 12 tahun merupakan waktu yang pas untuk sang anak memiliki hp pertamanya sendiri, dan ada juga sebagian memilih pada usia 14 tahun.

Itu tadi bunda apa saja kata ahli usia berapa anak punya hp sendiri. Perlu bunda ingat hp bisa menyebabkan kecanduan bagi sang anak. Hp sendiri juga bisa membuat sang buah hati bunda sulit fokus kepada pelajaran.

Semoga bunda-bunda bisa dengan bijak menentukan kapan sang buah hati bisa diberikan hp pertamanya sendiri. Sekian artikel mengenai usia berapa anak punya hp sendiri berdasarkan para ahli, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait