6 Tips Traveling Aman Untuk Ibu Hamil, Cegah Risiko Tak Terduga Selama Perjalanan

Nekat pergi traveling saat hamil memang terkesan riskan oleh sebagian orang mungkin jika moms saat ini. Namun, jika paham tentang tips traveling aman untuk ibu hamil semua itu tak jadi masalah kok.

Nah, artikel kali ini akan membahas seputar tips liburan untuk ibu hamil yang aman dan nyaman. Bunda bisa jadikan tips ini sebagai acuan agar bisa tetap happy tanpa was-was dengan baby di dalam perut.

6 Tips Traveling Aman Untuk Ibu Hamil

Traveling Aman Untuk Ibu Hamil

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melakukan traveling? Berikut beberapa tips traveling aman untuk ibu hamil yang bisa moms coba.

1. Traveling Aman Untuk Ibu Hamil -Pilih Waktu yang Tepat

Memilih waktu yang tepat sebelum melakukan traveling merupakan hal yang wajib moms lakukan. Sebab, di trimester pertama biasanya ibu hamil sering mengalami morning sickness.

Selain itu saat usia kehamilan memasuki 35-36 minggu juga tidak dianjurkan untuk traveling, karena beresiko mendekati waktu persalinan. A

gar tetap aman dan nyaman selama traveling, moms bisa memilih waktu saat usia kehamilan memasuki trimester kedua.

2. Cek Kondisi Kesehatan

Setelah memilih waktu yang tepat untuk traveling, moms jangan lupa cek kondisi kesehatan dulu, ya.
Selain itu, pastikan juga untuk membawa vitamin dan obat yang telah diresepkan oleh dokter.

3. Traveling Aman Untuk Ibu Hamil -Harus Hemat Energi

Tips aman untuk traveling selanjutnya yaitu moms bisa menghemat energi sebelum melakukan perjalanan.

Biasanya ibu hamil akan mudah lelah saat melakukan traveling. Jadi, pastikan moms meluangkan waktu untuk beristirahat.

Moms juga bisa membuat posisi beristirahat selama perjalanan misalkan dengan membawa bantal untuk sandaran di bagian pinggang. Selain itu, disarankan untuk menghentikan perjalanan minimal 2-3 jam sekali.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi tekanan pada kandung kemih, dan memperlancar peredaran darah terutama di bagian kaki.

4. Siapkan Makanan dan Minuman

Traveling Aman Untuk Ibu Hamil

Membawa makanan dan minuman saat traveling termasuk salah satu hal yang wajib untuk dipersiapkan. Moms bisa membawa camilan seperti keripik sayuran, kacang-kacangan, atau buah-buahan.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menyediakan air putih agar terhindar dari dehidrasi selama perjalanan.

5. Pilih Sarana Duduk Dekat Toilet

Kehamilan membuat moms sering bolak-balik ke toilet karena kondisi janin yang menekan kandung kemih. Hal ini tentu merepotkan jika saat traveling moms menggunakan transportasi umum.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memilih posisi duduk yang dekat dengan toilet. Posisi duduk yang dekat dengan toilet akan lebih memudahkan moms untuk menjangkau secara cepat.

6. Gunakan Sabuk Pengaman

Terakhir, moms bisa gunakan sabuk pengaman selama perjalanan. Pastikan transportasi yang akan moms gunakan telah dilengkapi dengan sistem keamanan seperti tersedianya seperti sabuk pengaman.

Moms bisa menggunakan sabuk pengaman dengan posisi tali atas menyilang antara payudara. Sehingga tali bagian bawah akan membantu mengurangi guncangan di sekitar area perut.

Bagaimana moms, apakah tips traveling aman untuk ibu hamil ini sangat membantu? Jangan lupa tulis di kolom komentar ya! Terimakasih.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait