5 Tips Sukses MPASI Pertama Untuk Bayi 6 Bulan, Jangan Paksa Atau Terburu-Buru

Sudah effort bikin menu MPASI dari pagi, eh si kecil malah nggak doyan makan? Wah, kayanya perlu coba tips sukses MPASI pertama dari mamikita.com nih bun.

Seperti yang kita semua tahu, bayi yang sudah masuk usia 6 bulan harus mulai diperkenalkan dengan MPASI. Hal ini berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi disamping ASI.

MPASI bisanya juga dibuat dari berbagai jenis makanan bergizi yang sangat berguna untuk tumbuh kembang si kecil.

Namun, memperkenalkan MPASI untuk pertama kali memang terasa uji nyali, kareena bunda belum tahu apa yang disukai si kecil.

Alih-alih memperkenalkan makanan baru, anak justru tantrum karena pengalaman pertamanya kurang menyenangkan. Lalu apa yang harus bunda lakukan?

Seperti yang sudah disinggung diawal, mamikita.com akan memberikan tips sukses MPASI pertama. Bunda bisa ikuti cara dibawah ini ya.

Tips Sukses MPASI Pertama Untuk Si Kecil

Tips Sukses MPASI Pertama

Dikutip dari buku The Gentle Eating Book, Ockwell-Smith selaku spesialis metode Gentle Parenting menjelaskan bahwa suksesnya MPASI pertama bisa didapat jika bunda melakukan beberapa tips di bawah ini:

1. Tak Perlu Buru-Buru

Di awal pengenalan MPASI, jangan harap anak akan langsung suka dan menerima apa yang ia makan.

Mereka biasanya akan melakukan penolakan karena merasa perlu waktu untuk mulai belajar makan.

Oleh karena itu, bunda tak perlu terburu-buru karena bisa membuat anak tidak nyaman. Lebih baik lakukan dengan sabar dan telaten hingga anak benar-benar merasakan apa yang ia makan.

Jika perlu, biarkan anak makan dengan porsi sedikit sembari menunggu ia beradaptasi.

2. Biarkan Si Kecil Makan Tanpa Ada Gangguan

Saat si kecil makan, usahakan tidak ada mainan di sekitarnya apalagi gadget. Hal semacam ini akan membuatnya kehilangan fokus hingga akhirnya talk mau makan.

Selain itu, pastikan lingkungan juga mendukung dengan menciptakan suasana nyaman tanpa gangguan.
Terakhir, jangan ajak makan anak sambil jalan ataupun main ponsel.

3. Beri Anak Contoh Bagaimana Makan yang Benar

Tips Sukses MPASI Pertama

Bun, anak akan mencontoh apa yang kita lakukan termasuk cara kita makan. Nah, agar tips sukses MPASI pertama ini berjalan lancar, bunda bisa mengajarkan ke anak bagaimana cara makan yang benar.

Bunda bisa mulai mengajak si kecil makan bersama, mengomentari rasa hingga mengajaknya mengobrol saat makan.
Meskipun mungkin banyak yang belum ia pahami, cara ini bisa membuat anak terbiasa dengan makanan baru sejak dini.

4. Lakukan Dengan Santai

Karena baru pertama kali, bunda mungkin akan sedikit nevourse dengan respon si kecil.

Daripada energi neghatis ini menular ke anak sehingga membuat mood nya buruk, lebih baik lakukan dengan santai.

Menurut Ockwell-Smith, pertama kali yang bisa bunda lakukan adalah menarik nafas agar lebih rilex.

Beri suapan kecil agar bayi tidak kaget dengan makanan barunya. Jangan panik jika si kecil menolak ya bu, Intinya sabar dan telaten.

5. Makan Sambil Tatap Muka

High chair adalah kursi khusus digunakan saat bayi sedang makan. Namun, untuk masa pengenalan MPASI sebaiknya jangan gunakan kursi ini ya bun.

Karena posisinya yang lebih tinggi, bunda tidak bisa menatap si kecil saat ia sedang makan. Padahal ini penting untuk membangun kepercayaan si kecil saat pertama kali ia makan.

Oleh karena itu, usahakan untuk duduk sejajar dengan si kecil saat memberikan MPASI. Jika perlu, bunda bisa menggelar tikar dan makan ala piknik yang menyenangkan.

Nah, itulah 5 tips sukses MPASI pertama untuk si kecil yang bisa bunda praktekkan. Bagaimana, mudah kan? Yuk bun, beri kesan baik untuk si kecil di hari pertamanya mencoba MPASI dengan tips diatas.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait