Bagaimana tips menyusui saat mudik? Melakukan perjalanan mudik lebaran dengan bayi yang masih perlu menyusui ASI tidaklah serepot yang dibayangkan. Menyusui ketika perjalanan bisa sangat nyaman dan juga menyenangkan.

Caranya sangatlah mudah, selama ibu menyusui melakukan persiapan yang matang dan paham akan triknya. Ketika berpergian jauh dengan bayi, menyusui langsung dari payudara lebih disarankan dibandingkan untuk memberikan ASI perah atau susu formula.

Umumnya hal tersebut terjadi karena alasan praktis, sebab bisa dilakukan kapan saja. meski begitu menyusui di tempat umum ada tantangannya tersendiri. Tidak sedikit ibu yang bingung dengan posisi nyaman ketika menyusui.

Tips Menyusui Saat Mudik Yang Aman

Supaya menyusui dapat dilakukan dengan aman dan nyaman selama perjalanan mudik. Yuk terapkan beberapa tips berikut ini.

1. Berlatih Menyusui Di Depan Cermin

tips menyusui saat mudik

Menyusui bayi di tempat umum tidaklah senyaman ketika menyusui di rumah. Sehingga ada baiknya berlatihlah menyusui di depan cermin sebelum melakukan perjalanan mudik.

Latihan dengan bantuan cermin akan membantu ibu menyusui bagian tubuh mana yang sebaiknya ditutup. Sehingga dapat mengurangi kecanggungan dan perhatian orang lain selama menyusui si kecil di tempat umum.

2. Siapkan Apron Menyusui

Apron menyusui ini dapat dimanfaatkan untuk menutupi area dada terutama ketika menyusui. Kain ini bisanya dilengkapi dengan tali leher yang dapat diatur. Sehingga dapat disesuaikan dengan posisi menyusui agar tetap memberikan kenyamanan untuk si kecil.

Saat ini sudah ada banyak apron menyusui dalam bentuk syal yang bisa busui gunakan. Selain itu juga dapat memberikan privasi ketika menyusui si kecil di tempat umum.

Ibu menyusui juga tetap dapat privasi di tempat umum, namun tetap bisa tampil modis. Selain dengan apron bisa juga gunakan selimut, jaket dan kain gendongan juga bisa digunakan untuk menutup si kecil yang menyusu.

3. Gunakan Pakaian Yang Sesuai

tips menyusui saat mudik

 

Selanjutnya, tips menyusui saat mudik  adalah pilih pakaian yang tidak terlalu ketat, tidak berkancing dan model jumpsuit serta bra yang berkawat. Karena hal tersebut dapat menyulitkan ibu hamil dalam proses menyusui si kecil.

Lebih baik gunakan pakaian busui friendly. Gunakan juga pakaian berbahan sejuk, menyerap keringat, longgar dan dilengkapi dengan resleting atau kancing pada bagian dada supaya mudah dibuka dan ditutup.

Selain itu juga busui ini lebih disarankan untuk memakai bra khusus menyusui untuk dapat mempermudah pemberian ASI. Sekaligus juga dapat menjadi bantalan agar ASI tidak merembes ke baju.

4. Cari Ruangan Yang Nyaman

Apabila ibu hamil mudik dengan transportasi umum sebaiknya cari ruangan yang nyaman, biasanya di stasiun, bandara atau terminal tersedia ruangan khusus untuk menyusui. Jadi sebelum melakukan perjalanan ibu bisa menyusui di kecil terlebih dahulu.

Sedangkan jika ibu berencana mudik dengan kendaraan pribadi, rencanakanlah pemberhentian di tempat-tempat yang sekiranya punya ruangan layak dan dapat dipakai untuk menyusui.

Hindari juga menyusui di toilet umum, karena bisa saja toilet tersebut kurang higienis. Serta suasana toilet juga tidak membuat ibu menyusui serta bayi merasa nyaman.

5. Pilih Tempat Duduk Yang Nyaman

tips menyusui saat mudik

Posisi tempat duduk juga sangat berpengaruh pada kenyamanan menyusui. Sebaiknya jika busui pergi dengan kendaraan umum, sebaiknya pilih duduk di dekat jendela. Dengan begitu proses menyusui bisa lebih tertutup dan akan memberikan privasi selama perjalanan.

Terapkan tips menyusui saat mudik di atas, supaya menyusui saat perjalanan bisa lebih aman dan nyaman. Akan tetapi jika situasi tidak memungkinkan untuk memberikan ASI secara langsung. Ibu hamil bisa berikan bayi dengan ASI perah.