5 Tips Menata Ruang Makan Terlihat Mewah

Ilustrasi Menata Ruang Makan Foto : ruparupa

Memberikan kesan dalam suatu ruangan di rumah termasuk ruang makan, tentu menjadi hal yang wajib dipertimbangkan ya mams. Dan dari sekian banyak kesan yang ingin ditampilkan tersebut, salah satunya adalah bisa terlihat mewah dan estetik. Penasaran dengan tips ruang makan terlihat mewah itu harus bagaimana dan seperti apa? Simak artikel ini agar mams bisa mengetahui informasinya.

Kunci Dasar Tips Ruang Makan Terlihat Mewah

Memastikan warna, motif, dan perabot yang disimpan di ruang makan harus bisa seirama dan tidak keluar dari konsep yang diinginkan. Bisa menjadi kunci dasar, tips membuat ruang makan mewah yang perlu mams pahami. Tentu, penerapan dari masing-masing elemen ini berbeda satu sama lainnya. Berikut, untuk pembahasan yang lebih lengkap terkait masing-masing elemennya.

1. Perhatikan Pemilihan Warna Cat

Waupun sifat cat hanya menempel pada dinding, warna cat itu sejatinya akan berpengaruh pada kesan suatu ruangan termasuk ruang makan. Ada baiknya, mams memilih warna cat yang netral seperti putih dan abu-abu. Walaupun begitu, penggunaan warna netral ini juga tidak harus sepenuhnya mams ikuti, mengingat konsep ruang makan “mewah” setiap orang pasti tidak sama.

Intinya, pastikan warna cat yang mams gunakan itu sesuai dengan konsep yang mams inginkan. Misal, mams ingin ruang makan yang telihat lebih berkelas, bisa menggunakan cat warna putih dengan kuning emas. Ingin ruangan terlihat lebih mewah? boleh-boleh saja, mams bisa gunakan cat warna merah marun, biru tua, atau perpaduan hitam dan kuning emas bisa diterapkan juga.

2. Pastikan Kursi dan Meja Makan Senada

Ruang Makan
Ilustrasi Ruang Makan Foto : Shutterstock

Tentu saja, maksud dari kata senada disini tidak harus memiliki warna yang sama antara kursi dan meja makan nya. Karena senada disini lebih merujuk ke arah, antara kursi dan meja makan itu masih ada hubungannya baik dari segi warna atau pun motifnya. Misal, konsep ruang makan tema monokrom alias hitam putih, bisa saja kursi warna putih dan meja makannya warna hitam.

Apakah itu artinya kursi dan meja nya sudah senada? Bisa dibilang iya, karena antara kursi dan meja tersebut masih satu tema yaitu monokrom. Eh, tapi, jika mams ingin ruang makan terlihat mewah lebih maksimal, silahkan gunakan meja makan berbahan tempered glass dan besi. Dan untuk kursinya, mams bisa gunakan kursi yang dilapisi beludru bagian luarnya, jadi cakep sih, asli.

3. Tambahkan Tanaman dan Lukisan

Iya, mams sama sekali tidak salah baca, menambahkan lukisan dan tanaman bisa jadi tips ruang makan terlihat mewah selanjutnya. Kenapa bisa seperti itu? Ya, karena, pada saat ada lukisan di satu ruangan, itu biasanya “perhatian utama” setiap orang yang berkunjung pasti pada lukisan itu. Sedangkan tanaman, itu bisa berperan sebagai pemanis atau penyejuk suasana di ruangan.

Dari perpaduan dua alasan peran itulah, lukisan dan tamanan bisa dianggap punya peran besar untuk membuat kesan ruangan termasuk kesan mewah. Tentu mams sudah punya bayangan bukan, lukisan apa yang sekiranya harus mams pasang jika ingin menonjolkan kesan mewah yang mams inginkan? Ingat, jangan banyak-banyak, pajang lukisannya cukup satu saja, terus jika merasa repot mengurus tanaman asli, memilih bunga artifisial bisa jadi satu solusi untuk hal ini.

4. Prioritaskan Sumber Penerangan

Nah, ini nih, yang tidak boleh mams lewatkan jika ingin membuat ruang makan terlihat lebih mewah. Iya, harus memprioritaskan sumber penerangan yang ada di ruangan supaya bisa maksimal. Caranya? Mudah, mams bisa mulai dengan menyelipkan jendela ukuran besar pada sisi ruang makan, bisa juga dengan menambahkan beberapa lampu di bagian atas ruang makan.

Seperti yang sudah bisa mams tebak, jika ingin terlihat lebih mewah mams bisa gunakan lampu yang punya bentuk unik dengan nuansa emas yang kental. Tidak perlu khawatir juga, jika belum memungkinkan ada jendela yang besar pada ruang makan, mams tetap bisa menampilkan kesan mewah dengan pencahayaan cerah dengan memasangkan lampu tambahan di objek tertentu.

5. Adanya Karpet Sebagai Pelengkap

Tips ruang makan terlihat mewah yang mudah? Poin keenam inilah, yang bisa jadi jawaban yang berada di urutan pertama. Bagaimana tidak bisa dibilang cara yang mudah coba, bayangkan, dengan bermodal satu karpet saja, nuansa mewah yang mams harapkan bisa langsung dirasakan. Tentu, karpet ini bukanlah karpet yang sembarangan, harus sesuai dengan konsep ruang makan.

Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan bahan, ukuran, dan bentuk karpet yang akan mams gunakan. Ada baiknya sih mams pilih karpet yang memiliki ukuran lebar, mengingat nantinya ini akan dijadikan alas untuk area meja makan. Untuk bahannya, harap pastikan karpet bisa mudah dibersihkan. Dan soal bentuk, bisa menyesuaikan saja dengan bentuk meja makan. Mudah kan?

Nah, itu dia 5 tips ruang makan terlihat mewah yang bisa artikel ini sampaikan. Bagaimana, semuanya mudah untuk mams praktikkan bukan? Setuju?

Temukan Artikel Lainya di Google News

 

Refernesi :

  • https://www.ruparupa.com/blog/ruang-makan-mewah/
  • https://lifetimedesign.co/tips-ruang-makan-mewah-untuk-rumah-yang-lebih-berkelas/

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait