Terapi Anak Bicara Gagap, Apa Saja Manfaat dan Cara Melakukannya?

Anak bunda selalu kelihatan mengucapkan kata lebih dari satu kali? Kalau sekali dua kali masih normal, namun apabila frekuensinya sering mungkin pertanda kondisi gagap dan harus segera melakukan terapi anak bicara gagap.

Gagap adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan dalam mengeluarkan kata. Biasanya, mereka juga cenderung mengulang kata lebih dari satu kali.

Kesulitan bicara tersebut lebih dari sekedar hambatan atau pengulangan dalam berbicara dan terjadi secara berulang-ulang.

Kondisi tersebut makin diperparah jika penderita sedang mengalami panik, tegang, atau berbicara dengan banyak orang.

Terapi Anak Bicara Gagap dan Manfaatnya

Terapi Anak Bicara Gagap

Salah satu cara yang banyak dipilih untuk mengatasi masalah sulit bicara atau gagap ini adalah dengan terapi.

Walaupun begitu, biasanya keberhasilan terapi anak bicara gagap akan bergantung pada ahli patologi yang dipilih serta tujuan utama melakukan terapi tersebut.

Pada terapi anak gagap, sederhananya adalah mengubah cara berkomunikasi dan bicara yang dilakukan sehari-hari.
Bunda bisa melakukan terapi anak bicara gagap karena dipercaya punya banyak manfaat seperti:

  • Dapat mengurangi frekuensi kegagapan
  • Mengurangi stres atau perilaku cemas yang sering ditimbulkan karena gagap
  • Mengurangi penghindaran mata yang sering dilakukan oleh penderita gagap
  • Bisa lebih tahu bagaimana cara berkomunikasi yang lebih efektif

Paling penting adalah bunda tidak boleh berputus asa. Banyak ahli patologi yang sukses dalam membantu terapi anak bicara gagap, jadi percayalah anak bunda bisa menunjukkan perkembangan lebih baik.

Macam-Macam Terapi Anak Bicara Gagap

1. Terapi Modifikasi Bicara

Terapi Anak Bicara Gagap

Untuk model terapi ini, terapis akan mulai dengan mencoba berbicara dengan anak secara serius dengan memilih kata-kata yang masuk akal dan mudah diterima oleh anak.

Dari sana, terapis akan mengenalkan gaya bicara yang sesuai dengan kemampuan otak anak. Lama-lama anak bisa berbicara dengan baik, tanpa mendapatkan intervensi dari terapis. Di rumah, bunda atau ayah bisa mengulang metode tersebut.

2. Terapi Bicara Jangka Panjang

Terapi anak bicara gagap yang satu ini biasanya dilakukan secara individu maupun kelompok. Biasanya, terapis akan membuat anak gagap berbicara tanpa harus terburu-buru, karena mereka akan diberikan waktu yang lebih panjang untuk menyelesaikan kalimat.

Jika mereka sudah menyelesaikan kalimatnya, terapis akan memberikan apresiasi sehingga membuat anak gagap bisa lebih percaya diri.

3. Bicara Dengan Tenang

Pada umumnya, anak-anak bisa berbicara tidak baik karena selalu didesak bicara dengan cepat.

Jadi, terapi anak gagap sebenarnya mudah, salah satunya hanya tinggal mengajak mereka untuk berbicara dengan tenang.

Para terapis akan berusaha mengajak bicara anak dengan gangguan gagap dengan cara yang sama yaitu dengan lebih lambat, santai, dan jelas diterima dengan si anak.

4. Menggunakan Ekspresi Wajah

Selain melalui terapis, bunda dan ayah di rumah juga harus proaktif membantu penyembuhan si kecil.

Misalnya dengan menghindari anak bicara dengan tergesa-gesa, karena berpotensi membuat anak jadi gagap.

Jadi, ada baiknya gunakan ekspresi wajah untuk membuat anak lebih cepat paham dengan menyertakan kalimat yang lembut saat berbicara.

5. Gunakan Bahasa Tubuh

Terapi anak gagap juga bisa dilakukan dengan bahasa tubuh. Ketika anak mengerti bahasa tubuh, otomatis akan secara langsung mencari pola kata dalam otaknya.

Mereka mungkin tak langsung bicara saat itu, namun akan belajar untuk mengerti cara berkomunikasi mereka sendiri.

Itu dia tadi penjelasan tentang terapi anak bicara gagap. Selain itu, bunda dan ayah harus benar-benar sabar menghadapi anak dengan keluhan gagap bicara. Percayalah, gagap bisa diatasi kok, yang penting rajin latihan bisa di tempat professional atau di rumah.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait