Ini Tanda-tanda Melahirkan Sudah Dekat, Ibu Hamil Wajib Tahu!

Ilustrasi Tanda-tanda mau melahirkan Foto : Canva

Melahirkan merupakan pengalaman yang sangat spesial dan emosional. Meskipun ada rasa sakit yang terkadang dihadapi oleh seorang ibu saat melahirkan, kelahiran seorang bayi juga merupakan momen yang menyenangkan dan membahagiakan bagi keluarga yang menanti kehadiran sang buah hati.

Namun, terkadang ibu hamil mungkin merasa bingung tentang tanda-tanda yang menunjukkan bahwa dia akan segera melahirkan. Berikut ini adalah beberapa tanda yang dapat menunjukkan bahwa seorang ibu hamil akan segera melahirkan.

Tanda-tanda melahirkan sudah dekat

Tanda tanda mau melahirkan
Ilustrasi Tanda tanda mau melahirkan Foto : Canva

Tanda-tanda menjelang melahirkan bisa saja berbeda pada setiap ibu hamil. Berikut adalah tanda-tanda melahirkan yang paling umum terjadi:

1. Perubahan pada perut

Beberapa ibu hamil mungkin akan merasa perutnya turun atau terasa lebih ringan sebelum melahirkan. Ini disebabkan oleh janin yang turun ke bawah rahim dan siap untuk lahir.

2. Susah Tidur

Tanda-tanda persalinan semakin dekat dapat berupa gejala fisik dan mental, salah satunya adalah tidur malam yang terganggu dan perasaan gelisah. Oleh karena itu, sebaiknya Bumil usahakan agar bisa tidur atau beristirahat dengan cukup di siang hari,

3. Perubahan pada rahim

Sebelum melahirkan, ibu hamil mungkin akan merasa rahimnya menjadi keras dan terasa tegang. Hal ini disebabkan oleh kontraksi rahim yang mulai terjadi sebagai persiapan untuk melahirkan.

4. Keluarnya cairan ketuban

Cairan ketuban adalah cairan yang mengalir dari rahim dan melapisi janin selama kehamilan. Beberapa ibu hamil mungkin akan mengalami kebocoran cairan ketuban sebelum melahirkan, yang dapat menandakan bahwa proses persalinan akan segera dimulai.

5. Keluarnya darah atau lendir

Beberapa ibu hamil mungkin akan mengalami keluarnya darah atau lendir dari vagina sebelum melahirkan. Hal ini disebabkan oleh pembukaan leher rahim yang mulai terjadi sebagai persiapan untuk melahirkan.

6. Munculnya rasa ingin buang air kecil

Beberapa ibu hamil mungkin akan merasa sering ingin buang air kecil sebelum melahirkan. Hal ini disebabkan oleh tekanan janin yang turun ke bawah rahim dan menekan kandung kemih.

Namun, perlu diingat bahwa tanda-tanda di atas tidak selalu terjadi pada setiap ibu hamil yang akan melahirkan. Jika Mams merasa tidak nyaman atau khawatir, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter atau ke rumah sakit terdekat. Dokter akan dapat memberikan saran dan bantuan yang tepat untuk memastikan bahwa proses persalinan berjalan dengan lancar.

Hal yang perlu dipersiapkan saat mendekati kelahiran

Persiapan mau melahirkan
Ilustrasi Persiapan mau melahirkan foto : Canva

Mendekati kelahiran adalah waktu yang penting bagi seorang ibu hamil. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk memastikan bahwa proses persalinan berjalan dengan lancar dan aman bagi ibu dan bayi. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat mendekati kelahiran:

  1. Menyiapkan peralatan persalinan. Ini termasuk handuk, pakaian ganti, popok bayi, susu formula atau peralatan menyusui, termometer, pembalut, dan lain-lain. Pastikan semua peralatan tersebut tersedia dan siap digunakan saat dibutuhkan.
  2. Menyiapkan diri untuk perjalanan ke rumah sakit. Pastikan Mams mengetahui jalur terdekat ke rumah sakit dan waktu yang diperlukan untuk sampai di sana. Siapkan juga tas keperluan ibu hamil yang berisi dokumen-dokumen penting, pakaian, dan peralatan lain yang dibutuhkan saat di rumah sakit.
  3. Menyiapkan diri untuk menyusui. Jika Mams berencana untuk menyusui bayi Mams, sebaiknya mulai mempersiapkan diri sejak dini dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, minum cukup air, dan latihan menyusui.
  4. Menyiapkan diri untuk merawat bayi. Setelah melahirkan, Mams akan membutuhkan bantuan untuk merawat bayi. Pastikan ada orang yang siap untuk membantu Mams merawat bayi, seperti suami, keluarga, atau teman.
  5. Menyiapkan diri untuk mengurus administrasi. Setelah melahirkan, Mams akan membutuhkan beberapa dokumen penting untuk mengurus administrasi, seperti surat keterangan lahir, kartu keluarga, dan lain-lain. Pastikan Mams memiliki semua dokumen tersebut dan tahu cara mengurusnya.

Jadi, jika Mams sudah mulai merasakan tanda-tanda melahirkan, sebaiknya mulai mempersiapkan diri dengan melakukan hal-hal di atas agar proses persalinan dan merawat bayi dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Temukan Artikel Lainya di Google News

 

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Call me Icha, Seorang Blogger Aktif, Hobi Menulis dan Menyukai Dunia Parenting

Artikel Terkait