Syarat dan Cara Mendapatkan PIN Ibu Hamil untuk Naik KRL

Pin khusus ibu hamil untuk penumpang kereta rel listrik (KRL)/Foto:CNN.COM

Untuk ibu hamil yang sehari-hari menggunakan KRL, baik di Jabodetabek atau Solo-Yogyakarta, Sekarang bisa mendapatkan akses prioritas sebagai penumpang KRL dengan menggunakan PIN ibu hamil.

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) melalui layanan KAI Commuter kini sangat memperhatikan kenyamanan ibu hamil yang hendak menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) di wilayah Jabodetabek. Untuk itu, mereka menyediakan fasilitas pendaftaran PIN Ibu Hamil secara online.

Keuntungan Mempunyai Pin Ibu Hamil Saat Naik Kereta Rel Listrik (KRL)

Pin Ibu Hamil Kereta Rel Listrik (KRL) merupakan kode khusus yang diberikan kepada ibu hamil untuk mendapatkan akses prioritas sebagai penumpang KRL. Dengan memiliki pin ini, ibu hamil akan mendapatkan prioritas tempat duduk dibandingkan penumpang lainnya.

Selain itu, pin yang sama juga berfungsi memberikan akses prioritas kepada penumpang untuk melewati wide passenger gate (pintu penumpang prioritas dengan lebar 90 cm)

Cara Mendaftar Pin Ibu Hamil untuk Naik KRL

Bagi para ibu hamil yang ingin mendapatkan pin kursi prioritas di KRL (kereta rel listrik) atau MRT (mass rapid transit), terdapat beberapa langkah yang perlu diikuti, Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar pin ibu hamil:

  1. Buka laman registrasi dan mengisi formulir yang disediakan untuk rute kereta KRL di wilayah Jabodetabek [http://bit.ly/30DZ20k]. Sedangkan untuk KRL Solo-Yogyakarta, Bunda dapat mengisi formulir di link ini: [http://bit.ly/3rRIIGE].
  2. Isi alamat email yang valid.
  3. Masukkan nama sesuai KTP, tanggal lahir, alamat tempat tinggal, dan nomor KTP.
  4. Masukkan 16 digit nomor Kartu Multi Trip (KMT) yang terletak di bagian bawah belakang kartu. Jika Bunda belum memiliki KMT, Bunda dapat membelinya di stasiun terdekat.
  5. Masukkan nomor telepon atau nomor handphone yang masih aktif.
  6. Pilih stasiun terdekat untuk mengambil pin.
  7. Tentukan tanggal dan bulan pengambilan pin.
  8. Sertakan informasi HPL (Hari Perkiraan Lahir) dengan benar.
  9. Unggah foto penumpang beserta surat dari rumah sakit atau bidan yang menyatakan usia kehamilan atau perkiraan kelahiran dalam satu gambar.
  10. Verifikasi kembali semua informasi yang telah dimasukkan.
  11. Klik “Kirim” atau “Submit” untuk mengirimkan pendaftaran.
  12. Tunggu konfirmasi melalui email dari pihak KAI Commuter untuk mendapatkan nomor registrasi pengambilan PIN ibu hamil.
  13. Pastikan alamat email yang Bunda berikan aktif dan dapat diakses.

Cara Mengambil Pin Ibu Hamil Kereta Rel Listrik (KRL)

Setelah mendapatkan nomor registrasi, Bunda dapat mengambil pin ibu hamil di stasiun yang telah ditentukan. Jika Bunda tidak dapat mengambilnya sendiri, Bunda juga dapat memberikan surat kuasa bermaterai kepada wali yang mewakili.

Pada hari pengambilan pin, pastikan untuk membawa fotokopi dokumen identitas seperti KTP/SIM/Paspor. Jika Bunda memiliki anak-anak, bawa juga fotokopi kartu keluarga. Datanglah ke Loker Station Front Office di stasiun tujuan antara pukul 13.00 – 23.00 WIB.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan pin ibu hamil berlaku selama masa kehamilan hingga Hari Perkiraan Lahir (HPL). Setelah melewati masa HPL, pin harus dikembalikan pada petugas di stasiun tempat Bunda mengambilnya.

Nah, Itulah cara Dengan memiliki pin ibu hamil, Bunda dapat menikmati fasilitas tempat duduk khusus dan prioritas lainnya saat menggunakan KRL Jabodetabek atau Solo-Yogyakarta

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait