Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan, Ini Solusinya?

Ilustrasi rambut wanita rontok Foto: canva

Setelah melahirkan memang memiliki banyak perubahan pada diri sendiri bunda. Salah satunya adalah mengalami kerontokan. Berikut penyebab rambut rontok setelah melahirkan dan beserta solusinya.

Tidak jarang bunda yang telah melahirkan mengeluh akan rambutnya yang rontok. Karena dari itu, bunda harus tahu penyebab rambut rontok setelah melahirkan itu apa aja.

Diketahui juga bunda, mengalami rambut rontok setelah melahirkan merupakan hal yang wajar. Jadi sebagai wanita, bunda harus tahu apa saja solusinya.

Penyebab rambut rontok setelah melahirkan

Terkadang bunda bertanya-tanya kenapa ketika melahirkan sang buah hati akan mengalami kerontokan. Tentunya hal ini mempunyai penyebab kenapa rambut rontok terjadi setelah bunda melahirkan.

Penyebab rambut rontok setelah melahirkan salah satunya yaitu penurunan kadar hormon estrogen di dalam tubuh bunda. Karena setelah bunda melahirkan akan mengalami perubahan hormon estrogen yang cukup drastis.

Dan pada saat itu, rambut bunda akan lebih tebal ketika sedang hamil dibandingkan dari biasanya. Kemudian setelah melahirkan kadar hormon estrogen akan mengalami penurunan ke kadar yang normal dan hal ini menyebabkan kerontokan pada rambut bunda.

Di dunia kesehatan sendiri rambut rontok setelah melahirkan disebut dengan telogen effluvium. Untuk berapa lama bunda yang baru saja melahirkan mengalami kerontokan pada rambut memiliki jangka waktu yang berbeda-beda.

Ada yang memiliki tingkat kerontokan yang biasa saja dan ada juga yang memiliki tingkat kerontokan pada rambut sehingga hampir membuat kebotakan.

Solusi penyebab rambut rontok setelah melahirkan

Biasanya rambut rontok setelah melahirkan terjadi kepada bunda kisaran 3 sampai dengan 6 bulan. Oleh karena itu, bunda tidak perlu risau karena ada solusi penyebab rambut rontok setelah melahirkan berikut ini:

rambut rontok setelah melahirkan
Ilustrasi rambut rontok Foto: canva

1. Jangan menarik dan mengikat rambut

Solusi penyebab rambut rontok setelah melahirkan yang pertama yaitu bunda jangan sampai menarik dan mengikat rambut.

Hal ini dikarenakan jika bunda mengikat rambut dengan kencang akan membuat kulit kepala dan rambut bunda terasa tegang. Oleh sebab itu, akan membuat rambut bunda lebih mudah rontok.

2. Perawatan menggunakan bahan kimia

Untuk membuat rambut bunda lebih sehat dan menghindari kerontokan ketika selesai melahirkan, ada kala baiknya bunda menghindari perawatan menggunakan bahan kimia. Karena perawatan dengan menggunakan bahan kimia bisa menyebabkan pada rambut.

Perawatan dengan menggunakan bahan kimia ini bisa berupa mewarnai, meluruskan rambut dan mengeritingkan rambut bunda.

3. Makan makanan yang sehat

Solusi penyebab rambut rontok setelah melahirkan yang ketiga merupakan bunda harus makan makanan yang sehat. Setelah bunda melahirkan bunda harus bisa mengatur pola makan bunda dan pastikan makanan yang bundak makan mengandung antioksidan.

Karena antioksidan ini bisa membantu bunda memperkuat akar rambut sehingga tidak mudah rontok. Diantaranya makan makanan yang sehat bisa berupa makanan baik yaitu strawberry, plum, apel dan banyak makanan lainnya.

4. Mengonsumsi suplemen vitamin.

Dengan mengonsumsi suplemen vitamin bisa membantu bunda mencegah kerontokan setelah melahirkan. Dan tubuh bunda yang telah melahirkan juga membutuhkan suplemen untuk bisa membantu bunda mendapatkan kembali energi.

Pastinya bunda harus mengkonsumsi vitamin berupa vitamin B dan vitamin C secara teratur agar dapat menjaga rambut bunda lebih tebal.

5. Menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut

Untuk solusi penyebab rambut rontok setelah melahirkan yang terakhir yaitu bunda harus bisa menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut. Ada baiknya bunda mencuci kulit kepala dengan sampo yang mengandung anti rambut rontok yang tentunya lembut.

Bunda juga bisa menggunakan conditioner rambut supaya menghindari kerusakan, jika bunda memiliki kesibukan yang cukup padat bisa menggunakan conditioner yang tidak perlu dibilas.

Itu tadi bunda penyebab rambut rontok setelah melahirkan beserta solusinya. diharapkannya informasi ini bisa membantu bunda untuk mengatasi kerontokan setelah melahirkan. Jika kerusakan rambut bunda masih tetap sama segeralah menemui dokter.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait