Jangan Disepelekan! Ini 5 Penyebab Kanker Usus Pada Anak, Sering Terjadi Tanpa Gejala

Meskipun bukan hal yang bunda inginkan, namun aware terhadap penyebab kanker usus pada anak juga harus bunda lakukan.

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir maupun mengambil tindakan cepat jiga suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan.

Karena bukan hanya pada orang dewasa, kanker usus rupanya juga bisa menyerang anak-anak. Hal ini bisa terjadi karena pengaruh dari kandungan, gen hingga pola hidup yang tidak sehat.

Faktor Penyebab Kanker Usus Pada Anak

Penyebab Kanker Usus Pada Anak

Faktor genetik hingga obesitas adalah penyebab dari kanker usus pada anak. Agar lebih aware, berikut ini edukasi tentang penyebab kanker usus khususnya pada anak usia dini:

1. Faktor Genetik-Penyebab Kanker Usus Pada Anak

Faktor keturunan adalah penyebab paling utama dari kanker jenis apapun termasuk pada usus. Hal ini terjadi karena adanya mutasi gen dari orang tua yang pasti akan berpengaruh pada anak.

Walaupun gejalanya hampir tidak kelihatan, namun bunda harus segera melakukan tes deteksi kanker jika ada anggota keluarga yang mengidap penyakit kanker.

2. Gejala Penyakit Radang Pada Usus

Kanker usus adalah pertumbuhan sel ganas pada bagian pencernaan. Dan biasanya, ini disebabkan karena radang usus atau IBD yang mungkin terjadi pada anak.

Radang usus biasa terjadi karena bunda kurang menjaga pola makan anak.

Makanan seperti junk food, snack kemasan hingga makanan kaleng dan berpengawet adalah jenis makanan penyumbang utama dari terjadinya radang usus pada anak.

3. Sindrom Bawaan Orang Tua

Sindrom bawaan orang tua adalah kelainan turunan DNA yang pasti akan ditularkan ke anak. Kelainan secara genetik ini tentu dapat menyebabkan kelainan sel pada organ tubuh hingga sebabkan kerusakan DNA.

Dari rusaknya DNA akhirnya membentuk sel-sel yang tidak normal sehingga dapat menyebabkan kanker pada usus si anak.

Biasanya sindrom bawaan yang dapat meningkatkan risiko kanker adalah Sindrom Lynch dan Poliposis Adenomatosa.

4. Konsumsi Pola Makan Tinggi Lemak

Penyebab Kanker Usus Pada Anak

Selain gampang terkena penyakit lain, terlalu banyak konsumsi makanan berlemak ternyata juga bisa sebabkan kanker usus pada anak.

Apalagi, makanan berlemak ini didapat dari olahan cepat saji atau junk food. Oleh karena itu, bunda mulai sekarang harus benar-benar memperhatikan apa yang dikonsumsi si kecil.

Batasi ia konsumsi makanan tinggi lemak seperti daging merah, daging yang diawetkan, dan olahan daging lainnya.

5. Obesitas Pada Anak

Anak dengan berat badan yang berlebih akan jauh lebih mudah terkena penyakit kanker usus.

Hal ini dibuktikan dari penelitian yang telah terbit dalam sebuah jurnal JAMA Oncology tahun 2018 yang membahas penderita obesitas pada anak.

Selain itu, risiko terjadinya kematian tentu merujuk pada orang yang mengalami berat badan lebih besar, dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan ideal.

6. Munculnya Polip Lapisan Usus

Polip bisa muncul pada semua jenjang usia tak terkecuali pada anak. Beberapa polip ini bisa tumbuh menjadi ganas jika tidak segera diobati secara medis.

Biasanya proses terjadinya kanker usus ini tumbuh dari polip adenoma. Semakin banyak dan menempel pada lapisan usus, maka hal ini juga akan semakin meningkatkan seseorang terkena risiko kanker.

Jika dibiarkan, otomatis akan merambah ke bagian pencernaan dan akan mempercepat proses pertumbuhan sel kanker pada usus.

Nah, bun sekarang paham kan apa saja penyebab kanker usus pada anak. Mulai sekarang yuk jaga pola hidup sehat dengan rajin olahraga dan konsumsi makanan bergizi untuk anak. Selain itu, segera lakukan pemeriksaan jika menemukan gejala seperti yang disebutkan diatas.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait