6 Penyebab Bintik Merah di Kulit dan Cara Tepat Mengatasinya

Ada banyak gangguan kulit yang biasa menyerang anak hingga orang dewasa, salah satunya adalah muncul bintik merah di kulit. Masalah tersebut tentunya cukup mengganggu, apalagi jika disertai dengan rasa gatal yang intens.

Sebetulnya, apa sih penyebab bintik-bintik merah pada kulit? Bagaimana pula cara mengatasinya?

Penyebab Bintik Merah di Kulit

Bintik Merah di Kulit

Pada anak maupun orang dewasa, bitik merah dikulit bisa terjadi karena adanya gangguan kesehatan kulit seperti:

1. Biang Keringat

Biang keringat bisa terjadi karena pori-pori kulit tersumbat saat sedang berkeringat.  Biasanya, bintik-bintik merah akan keluar setelah seseorang berolahraga atau berada di cuaca panas.

Apabila keringat tidak bisa keluar ke permukaan kulit, maka keluarlah bintik merah sebagai reaksi. Selain itu, kadang juga disertai rasa gatal dan nyeri. Biang keringat sendiri sering terjadi pada anak namun juga kerap menyerang orang dewasa.

2. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak merupakan suatu reaksi kulit yang terjadi sebagai respon terhadap alergen tertentu. Misalnya, setelah makan udang keluar bintik merah di kulit. Artinya, di sini udang adalah alergen.

Reaksi yang sama akan ditunjukkan jika di masa depan makan udang kembali. Contoh alergen lain yaitu sabun, bahan kimia, nikel, karet, dan lain sebagainya.

3. Kurap

Bintik Merah di Kulit

Penyakit kurap adalah infeksi jamur yang biasanya menyerang area kaki, baik itu jari-jari, telapak kaki, bahkan selangkangan.

Gejala kurap paling sering muncul adalah bintik merah mirip jerawat namun dengan tekstur menonjol dan berpola melingkar.

4. Dermatitis

Dermatitis seboroik ini adalah masalah yang biasanya menyerang kulit kepala. Gejalanya adalah keluar bercak bersisik, ketombe membandel sulit sembuh, hingga kulit kepala meradang.

Tidak jarang, dermatitis seboroik kadang juga menyerang area tubuh lain yang berminyak, contohnya sisi hidung, wajah, dada, telinga, serta kelopak mata.

5. Scabies

Scabies disebabkan oleh kutu Sarcoptes scabiei var. hominis yang hinggap dan meletakkan telur pada kulit.

Gejala umumnya adalah muncul bintik merah di kulit mirip jerawat dengan rasa gatal. Bintik merah tersebut bisa menyebar dengan cepat ke bagian lain.

6. Sifilis

Bintik merah pada kulit juga bisa disebabkan karena Sifilis. Penyakit Sifilis sendiri diakibatkan oleh virus Treponema pallidum yang ditularkan melalui aktivitas seksual.

Munculnya bintik merah yang tidak disertai nyeri pada penderita sifilis biasanya muncul di area alat kelamin atau sekitar mulut, walaupun masih ada kemungkinan menyebar ke tangan dan kaki.

Cara Mengatasi Bintik Merah di Kulit

1. Gunakan Salep Antijamur

Bintik Merah di Kulit

Untuk keluhan bintik merah pada kulit yang disebabkan infeksi jamur seperti kutu air, kurap, dan gatal di selangkangkangan dapat diatasi dengan salep. Cara kerjanya adalah dengan membunuh jamur di area yang terdampak sekaligus mencegah penyebarannya.

2. Obat Antihistamin

Antihistamin adalah sejenis obat yang dikenal efektif untuk meringankan gejala alergi termasuk  mengatasi kondisi saat terjadi peningkatan histamin dalam tubuh.

Histamin sendiri merupakan bahan kimia yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh. Orang-orang yang punya riwayat alergi biasanya akan mengkonsumsi obat ini untuk menurunkan gejala.

3. Kompres Air Dingin

Jika bintik merah terjadi karena peradangan atau gigitan serangga, bisa diatasi dengan cara kompres dingin.

Saat kulit dikompres pakai air dingin, maka timbul reaksi menenangkan sehingga dapat mengurangi peradangan dan gatal.

4. Lidah Buaya

Jika di rumah ada lidah buaya, bisa digunakan untuk meredakan bintik-bintik merah di kulit juga lho.

Pasalnya, lidah buaya dipercaya memiliki kandungan anti inflamasi sehingga mampu meredakan peradangan pada kulit.

Itu dia tadi apa saja penyebab bintik merah di kulit serta cara mengatasinya. Ingat, jika bintik merah tak kunjung mereda, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait