Niat Mandi Wajib Setelah Berhubungan Badan, Beserta Tata Caranya

Ilustrasi suami istri berpelukan Foto: canva

Tentunya mandi wajib setelah berhubungan badan sangat wajib bunda. Berikut niat mandi wajib setelah berhubungan badan beserta tata cara pelaksanaannya.

Mandi wajib juga di kenal dengan nama junub. Mandi wajib ini merupakan cara mensucikan diri bunda dari hadas besar, yang salah satunya berupa melakukan hubungan badan.

Untuk umat muslim sangat di haruskan melakukan mandi wajib setelah melakukan hubungan badan bagi sepasang suami istri.

Mandi wajib ini sangat penting, karena jika tidak akan dilarang melakukan sholat, berada di masjid, dan melaksanakan ibadah lainnya, termaksud dilarang berpuasa.

Untuk melakukan mandi wajib ini tentunya harus menggunakan niat mandi wajib setelah berhubungan badan yang sudah di tentukan. Berikut niat mandi wajib setelah berhubungan badan niat mandi wajib setelah berhubungan badan beserta tata cara melakukannya.

Niat Mandi Wajib

Setelah melakukan hubungan badan sebagai suami istri tentunya harus mandi wajib. Mandi wajib ini harus menggunakan niat khusus.

Bacalah niat ini dilakukan sebelum mandi wajib dan diucapkan dalam hati. Berikut ini niat mandi wajib setelah berhubungan badan:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ اْلأَكْبَرِ مِنَ اْلِجنَابَةِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla lirof’il hadatsil akbari minal janaabati fardho lillahi ta’aala

Artinya: “Saya niat mandi wajib untuk menghilangkan hadas besar dari nifas fardhu karena Allah ta’ala.”

Setelah membaca doa di atas kemudian membaca doa berikut ini:

اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ

Allahumma ij’alni minat tawwabina wa ij’alni minal mutathohirin.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang yang suci.”

Tata Cara Mandi Wajib yang Benar Menurut Islam

niat mandi wajib setelah berhubungan badan
Ilustrasi suami istri berhubungan intim Foto: canva

Tentunya mandi wajib setelah melakukan hubungan badan tidak boleh di lakukan dengan cara yang sembarangan bunda. Harus mengikuti tata cara yang sudah di tentukan.

Berikut ini tata cara mandi wajib yang benar menurut islam bisa coba di rumah saja bunda:

  1. Yang pertama pastinya harus membaca niat terlebih dahulu. Niat ini sangat di anjurkan baca dalam hati saja sebelum memulai mandi wajib.
  2. Kemudian cuci kedua telapak tangan sebanyak 3 kali sampai terasa bersih.
  3. Berikutnya harus membersihkan alat kelamin sampai berseih tentunya dengan air bersih juga.
  4. Tata cara berikutnya berwudhu seperti biasanya, kecuali mencuci bagian kepala.
  5. Kemudian yang kelima mengguyur kepala sebanyak 3 kali dengan air sampai merata. Bisa dimulai dari ubun-ubun sampai pangkal rambut.
  6. Yang keenam mengguyur tubuh menggunakan air bersih mulai dari bagian kanan, berikutnya bagian kiri dan air wajib mengalir ke seluruh bagian tubuh.
  7. Berikutnya menggosok tubuh menggunakan tangan supaya memastikan semua bagian tubuh sudah bersih.
  8. Setelah semua tata cara di atas selesai, itu menandakan sudah selesainya atau berhasilnya melaksanakan mandu wajib dan sudah kembali suci. Dengan begitu sudah boleh melakukan ibadah yang sebelumnya dilarang karena belum mandi wajib.

Itu tadi bunda 8 tata cara mandi wajib yang benar menurut islam dan bisa di lakukan dari rumah saja. Dengan adanya tata cara mandi wajib ini semoga tidak ada lagi alasan belum sholat karena belum mandi wajib ya bunda.

Semoga informasi mengenai niat mandi wajib setelah berhubungan badan beserta lengkapnya tata cara mandi wajib setelah berhubungan badan ini bisa bermanfaat untuk bunda dan suami. Tentunya berhubungan badan hanya bisa di lakukan oleh sepasang suami istri ya bunda. Terima kasih sudah membaca sampai selesai.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait