7 Manfaat Tomat Untuk Ibu Hamil, Redakan Kram Kaki Hingga Penuhi Kebutuhan Cairan

Menurut pakar kesehatan, manfaat tomat untuk ibu hamil ternyata dapat meredakan kram kaki hingga membantu pembentukan gigi dan tulang janin.

Dalam satu buah tomat diketahui punya kandungan nutrisi yang berguna untuk kesehatan bunda dan janin.

Mulai dari karbohidrat, protein, air, gula, serat, kalsium, magnesium, folat, kalium, vitamin A, vitamin K, vitamin C, dan masih banyak lagi.

Dari semua kandungan nutrisi tersebut, bunda bisa mendapatkan banyak manfaat selama menjalani proses kehamilan. Penjelasan tentang apa saja manfaat yang dimaksud ada pada pembahasan berikutnya

Manfaat Tomat Untuk Ibu Hamil

manfaat tomat untuk ibu hamil

Ada banyak jenis buah dan sayur yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil salah satunya tomat. Selain bantu atasi kram kaki, berikut manfaat tomat untuk ibu hamil:

1. Meringankan Kram Kaki

Saat bunda mulai sering merasakan kram kaki selama hamil, tomat bisa menjadi solusi. Hal ini karena kandungan kalium di didalamnya yang cukup banyak, mencapai 250-400 mg.

Selain itu, kalium pada tomat juga dipercaya mampu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, bunda dianjurkan untuk konsumsi sebanyak 4.500 hingga 4.700 kalium per hari.

2. Melancarkan Pencernaan

Serat dipercaya mampu melancarkan pencernaan termasuk pada ibu hamil. Sementara itu, setiap 100 mg tomat diketahui mengandung sebanyak 1,2 hingga 1,5 gram serat.

Pada ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi 25 – 30 gram tomat per hari untuk bisa melancarkan pencernaan sekaligus mencegah resiko konstipasi.

Jika merasa tidak sanggup konsumsi tomat dalam jumlah banyak sekaligus, bunda bisa mengimbanginya dengan asupan sayuran, biji-bijian, maupun kacang-kacangan.

3. Membantu Pembentukan Tulang dan Gigi

Manfaat tomat untuk ibu hamil lainnya adalah merangsang pembentukan tulang dan gigi, khususnya pada janin.

Hal itu disebabkan karena kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya yang berperan dalam pembentukan sekaligus menguatkan tulang dan gigi baik bunda maupun janin.

Selain itu, kandungan kalsium pada tomat pun dipercaya dapat mengurangi resiko hipertensi saat hamil dan preeklampsia.

Bunda harus ingat, tubuh ibu hamil tidak bisa menghasilkan kalsium secara alami. Maka, harus dibantu dari luar yaitu dengan asupan tomat.

4. Mengurangi Resiko Pembekuan Darah

Dalam tomat terdapat kandungan likopen yang tinggi. Diketahui, likopen sendiri merupakan zat yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat atau LDL.

Selain itu, tomat bisa memberikan perlindungan pada lapisan pembuluh darah bunda selama kehamilan. Bahkan, karena kandungan likopen tersebut, tomat dapat menurunkan resiko pembekuan darah.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

manfaat tomat untuk ibu hamil

Apakah selama kehamilan, bunda merasa kulit menjadi lebih kering? Hal tersebut biasanya terjadi karena perubahan hormon atau menurunnya kadar kalium pada tubuh.

Untuk mengatasi kulit kering, bunda bisa menggunakan tomat. Pasalnya, dalam 100 gram tomat mengandung 164,9 mg kalium.

Bunda bisa memanfaatkan tomat untuk masker wajah jika kulit bagian tersebut terasa mulai kering. Jika kurang nyaman, bunda dapat mengkonsumsi tomat langsung sebagai lalapan atau diolah lagi menjadi jus buah.

6. Memenuhi Kebutuhan Cairan

Merujuk pada Data Komposisi Pangan Indonesia, setiap 100 gram tomat diketahui mengandung 92 ml air. Artinya, konsumsi tomat secara rutin otomatis dapat menurunkan resiko dehidrasi pada ibu hamil.

Bunda harus ingat, jika kebutuhan cairan selama hamil terbukti lebih tinggi, karena juga harus berbagi dengan janin.
Jika bunda sering dehidrasi, maka jangan heran jika mulai mual dan muntah yang parah setiap hari.

7. Menunjang Kesehatan Mata

Satu buah tomat rata-rata mengandung 40-50 mikrogram vitamin A. Sementara itu, vitamin A dipercaya mampu menunjang kesehatan mata bunda dan janin dalam kandungan.

Bahkan, tomat juga bisa membantu perkembangan organ janin lho. Mulai dari jantung, paru-paru, otak, hingga melancarkan peredaran darah bunda selama hamil.

Untuk mendapatkan manfaat ini, paling tidak bunda perlu mengkonsumsi 800 mikrogram vitamin A setiap hari.

Itu dia tadi beberapa manfaat tomat untuk ibu hamil. Untuk lebih aman, bunda boleh konsultasikan dulu dengan dokter tentang apa saja makanan yang tepat untuk dikonsumsi.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait