Nunchi Parenting, Gaya Asuh Ala Korea yang Punya Segudang Manfaat Untuk Anak

Pernah mendengar tentang nunchi parenting? Yups, nunchi adalah salah satu seni merasakan apa yang orang lain pikirkan, kemudian merespon dengan tanggapan yang tepat. Dalam kata lain, nunchi bisa diartikan sebagai respon cepat menggunakan penekanan kolektif dan bukan individu.

Di Korea, pola asuh semacam ini sudah sangat populer dan telah diterapkan sejak jaman dulu. Dan menurut parah ahli, anak yang diasuh dengan pola nunchi lebih memiliki empati tinggi, cerdas dan pandai dalam membaca situasi.

Manfaat Nunchi Parenting

Nunchi Parenting

Tidak hanya untuk anak, pola asuh nunchi ternyata juga membawa dampak positif untuk orang tua. OIeh karena itu, berikut manfaat nunchi parenting yang perlu bunda pahami:

1. Nunchi Parenting Dapat Meningkatkan Kecerdasan Emosional Pada Anak

Selain mendatangkan kedekatan antara anak dan orang tua, nuchi juga terbukti dapat meningkatkan kecerdasan emosional si kecil. Karena punya sikap memahami yang tinggi, anak jadi lebih bisa mengatur dan merespon emosi lawan bicara dengan sikap empati. Hal ini diharapkan dapat membawa dampak positif untuk anak dan bisa terus membanfung hunbungan yang baik di masa depan.

2. Hubungan Antara Orang Tua dan Anak Jadi Lebih Kuat Karena Nunchi Parenting

Salah satu manfaat dari penerapan nunchi parenting adalah dapat menumbuhkan hubungan yang baik antara anak dan orang tua. Jika hubungan dengan si kecil baik, moms jadi lebih tahu dan paham dengan apa yang ia butuhkan.

3. Kemampuan Komunikasi Anak Jauh Lebih Baik

Nunchi juga mengajarkan anak untuk berkomunikasi dengan jujur dan terbuka kepada semua orang. Selain itu, mereka juga akan jadi pendengar yang baik, tahu batasan kapan akan menyela dan kapan akan merespon lawan bicaranya.

4. Nunchi Parenting Mengajarkan Empati

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, nunchi adalah pola asuh yang bisa menumbuhkan empati pada anak. Mereka biasanya akan memiliki sikap saling menghargai, senang memberikan dukungan emosional dan terbiasa memandang segala hal bukan dari sudut pandang sendiri.

5. Anak Jadi Lebih Mandiri

Manfaat lain dari pola asuh ini adalah adanya batasan dan sikap disiplin dalam diri anak. Selain itu, anak juga lebih punya rasa tanggung jawab, saling menghormati dan berani menanggung konsekuensi dari apa yang ia lakukan.

6. Anak Jadi Ada Batasan Dengan Apa yang Akan Mereka Lakukan

Terakhir, nunchi terbukti dapat mengajarkan anak untuk lebih mandiri. Hal ini karena orang tua terbiasa untuk selalu memperhatikan apa yang anak butuhkan dan rasakan. Sehingga dalam jangka panjang, anak akan jauh lebih percaya diri dalam menjalani hidup, menghadapi masalah, mengambil keputusan dan mengelola emosi.

Cara Menerapkan Nunchi Parenting Kepada Anak

Nunchi Parenting

Menerapkan nunchi parenting bisa dimulai dengan meningkatkan kesadaran diri moms dengan perasaan, emosi dan niat. Setelah itu, mulailah dengan jadi pendengar yang baik untuk anak dan mengajarkan komunikasi jujur serta terbuka.

Moms juga bisa mengajarkan anak untuk berani menyampaikan apa yang mereka rasakan tanpa adanya tekanan maupun bayaran dari orang tua. Jika anak sudah belajar untuk menyampaikan apa yang ia rasakan, ajak mereka untuk berempati dengan lingkungan sekitar. Jadilah contoh teladan untuk anak mulai dari bagaimana moms mengatur emosi, mengambil keputusan, dan berkomunikasi dengan orang lain.

Terakhir, penerapan nunchi parenting bisa dilakukan dengan melibatkan anak dalam segala hal termasuk saat mengambil keputusan. Ajari mereka bagaimana menerapkan rasa tanggung jawab dengan tetap memahami batasan dan konsekuensi yang ada.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait