Manfaat Dan Batasan Bermesraan Di Depan Anak

Ilustrasi Bermesraan di Depan Anak Foto : Shutter Stock

Menunjukan kemesraan dengan pasangan di depan anak seperti berciuman, berpelukan terdengar aneh bagi sebagian orang. Tidak jarang ada orangtua yang canggung bermesraan di depan anak, bahkan sangat di hindari oleh sebagian orang tua

Padahal bermesraan di depan anak bukanlah hal yang salah lho, Mams! Bermesraan di depan anak juga bermanfaat tidak hanya untuk Papi dan Mami, tapi juga anak. Walaupun memiliki manfaat, bermesraan di depan anak juga memiliki batasan.

Manfaat Bermesraan di Depan Anak

menunjukkan kemesraan di depan anak dapat menimbulkan rasa kedekatan yang penuh cinta dan kasih sayang yang baik untuk perkembangan dan hubungan anak dalam keluarga. selain itu juga ada banyak manfaat lainya.

Nah, untuk itu mami perlu mengetahui beberapa manfaat dan batasan bermesraan di depan anak agar tidak menjadi dilema

1. Menimbulkan Rasa Aman dan Percaya diri Anak

Sebagai orang tua, Mami harus memastikan bahwa apa yang anak lihat di rumah adalah interaksi positif, sehingga anak merasa aman dan terlindungi di lingkungannya. Karena, bermesraan di depan anak dapat membangun rasa aman dan percaya diri secara alami pada diri si kecil.

2. Membuat Anak Bahagia

Menunjukkan kemesraan di depan anak, betapa Mami dan Papi saling mencintai satu sama lain merupakan contoh perilaku penuh kasih yang dapat mereka tiru ketika dewasa. Selain itu, menyaksikan kasih sayang fisik antara orang tua, meyakinkannya bahwa orang tuanya saling mengasihi. Perlu Mami ketahui, bayi sekalipun dapat merasakan ketegangan jika orang tuanya bertengkar dan itu dapat membuatnya stres.

3. Belajar Bagaimana Memperlakukan Pasangan dengan Baik

Ingat, anak merupakan mesin fotokopi orangtuanya. Yang artinya, apa yang anak-anak lihat akan terus terekam dan dicontoh.

Apabila sejak kecil anak sudah melihat bagaimana hubungan hangat yang dilakukan kedua orang tuanya, bagaimana Mami memperlakukan Papi di depan anak, dan sebaliknya, maka kebiasaan semacam ini akan tertangkap di memorinya. Bahwa kedua orangtuanya saling menyayangi, mencintai dan bahagia dalam menjalani pernikahan.

4. Membesarkan dengan Kasih Sayang

Menunjukkan kasih sayang dan kemesraan di depan anak berarti Mami juga menaburkan cinta dan kasih sayang dalam masa tumbuh kembang mereka. Karena ketikan anak melihat orangtua yang harmonis dan akur akan menjadi hal yang baik bagi perkembangan psikis dan mental anak kedepanya

Batasan Orang Tua Bermesraan di Depan Anak

Bermesraan di depan anak memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan psikis keluarga. Namun, Mami juga harus mengetahui batas bermesraan di depan anak dengan Papi agar anak tidak merasa kebingungan.

Batasan yang dimaksud dalam artian ini adalah anak-anak tidak boleh melihat orangtua melakukan aktivitas seksual. Nah berikut batasan wajar bermesraan di depan anak yang wajib mami ketahui diantaranya :

1. Berpelukan

Memeluk anak tentu menjadi hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Namun, saat mami memeluk pasangan di depan si kecil, ituk akan membuta Ia paham bahwa kasih sayang adalah perekat yang membuat keluarga tumbuh kokoh.

2. Bergandengan Tangan

Meskipun anak terlihat cuek atau tidak memerhatikan, tapi kenyataanya si Kecil sangat senang lho mams, ketika melihat orang tuanya berpegangan tangan di tengah kehidupan keluarga sehari-hari, melihat bahwa mami dan papi nya masih peduli satu sama lain, Hal itu sangat menenangkan baginya.

3. Komunikasi yang Hangat

Tidak perlu menunggu hari jadi atau Hari Kasih Sayang untuk mengatakan “I love you” hal ini bisa mami dan papi lakukan setiap hari dan menunjukannya di depan anak. Bagi si Kecil, ini adalah contoh komunikasi terbuka dalam hubungan yang sehat. karena si kecil tahu bahwa kedua orang tuanya terus saling mencintai sehingga membuat ia merasa nyaman dalam kehidupan berkeluarga.

Kesimpulan

Dengan berupaya menjalin berhubungan baik setiap hari dan menghargai pasangan satu sama lain di depan anak-anak, Mami telah mengajarkan si Kecil tentang pelajaran penting dalam hubungan dan kehidupan berkeluarga,  Pelan tapi pasti, ini akan menjadi bekal yang baik saat ia tumbuh dewasa nanti.

Nah, Demikian penejelasan tentang manfaat dan batasan bermesraan di depan anak ya Mams, semoga artike ini bermanfaat

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait