7 Manfaat Buah Bit Untuk Ibu Hamil, Mencegah Sembelit Hingga Untuk Kesehatan Tulang

Kenapa ibu hamil disarankan untuk konsumsi buah bit? Apa sebenarnya manfaat buah bit untuk ibu hamil? Nah, bunda yang masih awam dengan manfaat buah bit bisa baca artikel ini sampai selesai ya.

Faktanya, buah bit sendiri mengandung folat, zat besi, serat, hingga antioksidan. Dimana zat besi sendiri memiliki manfaat untuk mendukung pertumbuhan sel darah merah, mencegah anemia, dan lainnya.

Sementara folat dapat berguna untuk mencegah kelahiran bayi cacat tabung saraf serta mendukung pertumbuhan sel-sel baru.

Apakah hanya itu manfaat buah bit bagi ibu hamil? Tentu saja tidak, masih banyak lagi dan bunda bisa mengetahuinya dari penjelasan berikut.

Manfaat Buah Bit Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buat Bit Untuk Ibu Hamil

Sering dikonsumsi oleh penderita anemia, rupanya inilah beberapa manfaat dari buah bit untuk ibu hamil:

1. Mencegah Sembelit

Seperti yang disinggung sebelumnya, buah bit kaya akan kandungan serat. Kandungan serat pada buah bit, terbukti mampu menghindarkan bunda dari resiko sembelit saat hamil.

Selain itu, serat pada buah bit juga dapat merangsang pertumbuhan janin dalam kandungan bunda.

Jadi, jangan heran jika dokter menganjurkan bunda untuk konsumsi buah kaya serat seperti buah bit selama periode kehamilan trimester pertama.

Apalagi, sudah banyak yang membuktikan sendiri manfaat buat bit untuk ibu hamil satu ini.

2. Memperkuat Sistem Imun

Sistem kekebalan tubuh ibu hamil diketahui cukup rentan. Padahal, setiap ibu hamil sebetulnya sangat membutuhkan kekebalan tubuh optimal supaya terhindar dari serangan penyakit berbahaya.

Kekebalan tubuh pada ibu hamil dapat ditingkatkan dengan konsumsi buah bit secara rutin. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan dalam buah tersebut.

Artinya, konsumsi buah bit akan membantu meminimalisir munculnya infeksi pada tubuh bunda, sehingga masa kehamilan dapat dijalani dengan lancar.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Selama masa kehamilan, bukan tidak mungkin bunda mengalami masalah kesehatan tulang. Khususnya pada ibu hamil dengan usia yang tidak muda lagi.

Resiko osteoporosis masih sering terjadi, dan kabar baiknya dapat diatasi dengan konsumsi buah bit.Menariknya lagi, kandungan kalsium dalam buah bit, dipercaya dapat membantu pertumbuhan tulang janin lho.

Oleh sebab itu, tidak perlu ragu konsumsi buah bit dalam jumlah banyak bunda, apalagi saat masih hamil.

4. Memastikan Janin Berkembang Dengan Baik

Manfaat Buat Bit Untuk Ibu Hamil

Jangan lupa, kandungan nutrisi pada buah bit tergolong sangat lengkap. Termasuk vitamin E dan C yang keduanya dipercaya bermanfaat untuk perkembangan janin dalam kandungan.

Bunda pasti mau bukan, janin dalam kandungan berhasil tumbuh dan berkembang dengan baik? Konsumsi buah bit secara rutin bisa menjadi salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan.

5. Mengurangi Pembengkakan

Oleh karena membawa beban janin, tidak jarang ibu hamil mengalami masalah pembengkakan serta nyeri sendi. Apabila bunda merasakan hal tersebut, tidak perlu buru-buru panik karena ternyata bisa diatasi dengan buah bit.

Pasalnya, buah bit diketahui mengandung betaine yang dipercaya bisa memberikan efek anti-inflamasi pada tubuh.

6. Mengontrol Tekanan Darah

Selama masuk masa kehamilan, tekanan darah bunda harus diusahakan selalu normal. Pasalnya, jika terlalu rendah atau tinggi justru bisa membahayakan bunda sendiri maupun janin dalam kandungan.

Contoh saja tekanan darah tinggi, maka besar kemungkinan terjadi preeklampsia. Jika dibiarkan, kondisi ini sangat membahayakan.

Daripada minum obat darah tinggi, bunda yang sedang hamil dan mengalami tekanan darah tinggi, bisa konsumsi buah bit untuk menurunkannya sehingga menjadi normal kembali.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Jika bunda tidak bisa tidur nyenyak selama hamil, buat bit bisa menjadi solusi. Pasalnya kandungan magnesium dalam buah bit dipercaya mampu membantu relaksasi otot dan saraf hingga meningkatkan kualitas tidur.

Selain itu, terdapat kandungan triptofan yang diketahui bisa membantu produksi hormon serotonin dan neurotransmitter. Kedua hormon tersebut bisa menenangkan pikiran bunda sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

Demikian tadi manfaat buat bit untuk ibu hamil. Setelah mengetahuinya, apakah bunda masih ragu untuk konsumsi buah tersebut selama masa kehamilan?

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait