Kenali 5 Ciri-Ciri Kulit Wajah Iritasi Karena Skincare dan Cara Mencegahnya?

Ilustrasi Ciri-Ciri Kulit Wajah Iritasi Karena Skincare (Foto:Canva)

Skincare merupakan produk perawatan kulit yang bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Namun, tidak semua skincare cocok untuk semua jenis kulit. salah satu ciri-ciri kulit wajah iritasi karena skincare yaitu mudah kering dan meradang

Ada beberapa orang yang mengalami iritasi kulit wajah karena skincare, dimana kulit bereaksi negatif terhadap kandungan bahan aktif atau zat lain yang terdapat dalam produk skincare

Ciri-ciri Kulit Wajah Iritasi Karena Skincare

Lalu, bagaimana cara mengenali ciri-ciri muka iritasi karena skincare? Berikut ini adalah beberapa gejala yang bisa menunjukkan bahwa kulit wajah kamu mengalami iritasi akibat penggunaan skincare

1. Kulit terasa panas dan gatal

reaksi paling umum yang terjadi saat kulit tidak cocok dengan skincare. Sensasi panas dan gatal biasanya muncul segera setelah mengaplikasikan produk skincare, atau beberapa jam kemudian.

Jika rasa panas dan gatal tidak kunjung hilang atau semakin parah, maka itu bisa menjadi tanda bahwa kulit bunda alergi dengan skincare.

2. Kulit jadi kering

Kulit yang tiba-tiba menjadi kering bisa disebabkan karena lapisan skin barrier atau lapisan pelindung kulit rusak akibat terpapar kandungan bahan aktif pada skincare.

Akibatnya, kulit tidak dapat menghasilkan minyak alami untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Kulit kering juga rentan terhadap iritasi lainnya, seperti ruam, eksim, atau dermatitis.

3. Muncul ruam

Ruam adalah bintik-bintik merah yang timbul pada permukaan kulit akibat peradangan. Ruam bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah penggunaan skincare yang mengandung parfum, pewangi, atau minyak esensial.

Bahan-bahan ini bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit sensitif, terutama di area sekitar mata dan bibir.

4. Muncul bruntusan, komedo, atau jerawat

Ciri-Ciri Kulit Wajah Iritasi Karena Skincare
Ilustrasi Kulit Waja Muncul Komedo (Foto:Canva)

Iritasi kulit wajah karena skincare juga bisa menyebabkan pori-pori tersumbat oleh minyak berlebih atau sel kulit mati. Hal ini bisa memicu timbulnya bruntusan, komedo, atau jerawat pada wajah.

Bruntusan adalah benjolan kecil berwarna putih atau merah yang terasa kasar saat disentuh. Komedo adalah pori-pori yang terisi oleh minyak dan kotoran yang menghitam saat terpapar udara. Jerawat adalah peradangan pada folikel rambut yang disertai dengan nanah.

5. Kulit Menjadi Lebih Gelap

Kulit yang iritasi dapat menjadi lebih kusam dan gelap. Hal ini terjadi karena skincare yang digunakan dapat merusak melanosit, yaitu sel-sel yang menghasilkan melanin.

Cara Mencegah Iritasi Kulit Wajah Akibat Skincare

Ciri-Ciri Kulit Wajah Iritasi Karena Skincare
Ilustrasi Penggunakan Skincare yang benar (Foto:Canva)

Jika bunda mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, maka sebaiknya kamu segera menghentikan penggunaan skincare yang diduga menjadi penyebab iritasinya.

Selain itu, bunda juga perlu melakukan beberapa langkah berikut untuk mengatasi iritasi kulit wajah karena skincare

1. Gunakan skincare dengan kandungan ringan

Gunakan produk skincare yang penting saja dan kurangi pemakaian beberapa produk yang mengandung banyak bahan aktif.

Kembalikan perawatan wajah ke basic skincare menggunakan sabun cuci muka, toner, pelembap, dan sunscreen. Hindari penggunaan serum, essence, scrub, masker, atau krim lainnya yang bisa memperparah iritasi.

2. Memperbaiki skin barrier

Skin barrier adalah lapisan pelindung kulit yang berfungsi untuk menjaga kelembapan dan melawan bakteri atau zat asing yang masuk ke dalam kulit.

Untuk memperbaiki skin barrier yang rusak akibat iritasi, bunda perlu menggunakan produk skincare yang mengandung bahan-bahan yang dapat melembapkan, menenangkan, dan memperkuat skin barrier. Beberapa bahan yang direkomendasikan adalah hyaluronic acid, ceramide, niacinamide, panthenol, madecassoside, dan centella asiatica.

3. Konsultasi ke dokter

Jika iritasi kulit wajah karena skincare tidak kunjung membaik atau semakin parah, maka bunda perlu segera konsultasi ke dokter kulit.

Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk menentukan penyebab dan tingkat keparahan iritasinya. Dokter juga akan memberikan obat-obatan yang sesuai untuk mengatasi iritasi, seperti antihistamin, kortikosteroid, atau antibiotik.

Itulah beberapa ciri ciri kulit wajah iritasi karena skincare dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat ya bunda

Jangan lupa untuk selalu memilih produk skincare yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit bunda. Jika bunda ragu dengan kandungan atau efek samping dari suatu produk skincare, sebaiknya bunda melakukan patch test terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Patch test merupakan cara untuk menguji reaksi kulit terhadap suatu produk dengan cara mengaplikasikannya pada area kulit yang kecil dan sensitif, seperti di belakang telinga atau di dalam siku. Jika dalam 24 jam tidak ada reaksi negatif, maka produk tersebut bisa digunakan secara aman.

 

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait