Kenali Ciri-ciri Air Ketuban Merembes Tanpa Kontraksi

Ilustrasi pasangan suami istri, dan istri hamil Foto: canva

Sebagai ibu hamil bunda wajib tahu apa saja ciri-ciri air ketuban merembes tanpa kontraksi. Berikut ciri-ciri air ketuban merembes tanpa kontraksi.

Mengenali ciri-ciri air ketuban merembes tanpa kontraksi wajib bunda ketahui jika sedang hamil. Di karena jika hal ini terjadi sebelum waktunya bunda melahirkan, akan menjadi bahaya kesehatan bagi janin di dalam kandungan.

Volume air ketuban wajib di ketahui, dan harus dalam batas normal. Karena pecahnya air ketuban bisa menjadi gangguan untuk kehamilan dan tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Secara umum volume air ketuban yang keluar kisaran 1/2 liter sampai 1 liter. Maka dari itu bunda wajib tahu ciri-ciri air ketuban merembes tanpa kontraksi. Simak di sini:

Ciri-ciri air ketuban merembes tanpa kontraksi

Air ketuban ini memiliki fungsi melindungi janin dari benturan dan juga menjadi peredam dari berbagai goncangan yang bisa saja bunda alami selama hamil.

Selain itu, air ketuban bisa juga menjaga kematangan organ vital bayi berupa ginjal, paru-paru, usus dan lainnya. Oleh sebab itu jika air ketuban merembes tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya bunda.

Jika hal itu terjadi, janin dalam kandungan akan mengalami masalah serius seperti sesak napas, gagal ginjal dan lainnya. Jadi berikut ini ciri-ciri air ketuban merembes tanpa kontraksi, simak di sini:

ciri-ciri air ketuban merembes tanpa kontraksi
Ilustrasi ibu hamil mengelus perut Foto: canva

1. Mengalami tekanan pada perut bagian bawah

Ciri-ciri air ketuban merembes tanpa kontraksi yang pertama adalah bunda mengalami tekanan pada perut bagian bawah. Biasanya tekanan pada perut bagian bawah ini akan di sertai dengan keluarnya air ketuban dari vagina.

2. Warna air ketuban

Untuk ciri-ciri air ketuban merembes tanpa kontraksi yang kedua adalah warna air ketuban yang keluar dari vagina. Biasanya air ketuban yang keluar akan memiliki warna bening atau kekuningan.

Sedangkan ciri lainnya air ketuban juga meninggalkan bercak bintik-bintik putik pada pakaian dalam dan tidak memiliki bau. Dan juga air ketuban yang keluar biasanya disertai dengan lendir dan juga sedikit darah.

3. Merasa ada yang pecah

Merasa ada yang pecah menjadi ciri-ciri air ketuban merembes tanpa kontraksi yang ketiga bunda. Biasanya air ketuban pecah akan berasa oleh bunda hamil yang cukup peka dengan kondisi perubahan terjadi selama masa kehamilan.

Bunda yang sedang hamil akan merasa seperti ada gelembung yang pecah, hal ini menjadi tanda ketuban merembes dari dalam vagina.

4. Air ketuban keluar banyak

Ciri-ciri air ketuban merembes tanpa kontraksi yang terakhir adalah keluarnya air ketuban yang terbilang banyak.

Jika air ketuban keluar dari vagina dengan volume yang banyak dan terjadi cukup lama, wajib bunda waspadai. Terlebih lagi jika air ketuban yang keluar berwarna hijau atau kuning kecoklatan, memiliki tekstur yang kental serta di iringi gejala lain, seperti demam, ingin buang air kecil dan lainnya.

Jika tanda-tanda tersebut terjadi, kemungkinan besar adanya infeksi pada ketuban, gangguan bayi di dalam kandungan, dan lainnya. Segeralah menemui dokter ketika hal ini terjadi bunda.

Itu tadi bunda ciri-ciri air ketuban merembes tanpa kontraksi yang wajib di ketahui setiap ibu hamil. Jika mengalami pecahnya air ketuban dan belum waktunya untuk melahirkan, ada baiknya bunda langsung menemui dokter kandungan.

Dengan menemui dokter kandungan segera bisa membantu mengatasi segera kondisi yang di alami. Semoga informasi ciri-ciri air ketuban merembes tanpa kontraksi bisa membantu dan terima kasih sudah membaca sampai selesai.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait