7 Kegiatan Seru di Bulan Ramadhan yang Bisa Anak-anak Lakukan

Ilustrasi Kegiatan Anak saat Ramadhan foto : Canva

Menjalankan ibadah puasa bukanlah hal yang mudah, terutama bagi anak-anak yang baru pertama kali berpuasa. Si kecil perlu adaptasi dan penyesuaian dengan kondisi baru. Agar puasa mereka terasa lebih menyenangkan, Sebagai orang tua Mams dapat menyiapkan kegiatan seru untuk mengisi waktu luang selama berpuasa.

Ide Kegiatan Ramadhan untuk Anak-anak

Kegiatan Ramadhan untuk anak-anak juga dapat membantu memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak dan membantu perkembangan otaknya. Berikut adalah beberapa kegiatan Ramadhan untuk anak-anak yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk membantu membangun karakter dan perkembangan otak anak.

1. Membaca Al-Quran

anak membaca al-quran
Ilustrasi Anak Mengaji Foto : Canva

Membaca Al-Quran adalah salah satu kegiatan Ramadhan yang sangat penting dan bermanfaat untuk anak-anak. Selain memperkuat keimanan dan ketaqwaan, membaca Al-Quran juga bisa membantu meningkatkan keterampilan membaca dan memori anak-anak. Mams bisa membantu si kecil dengan membimbing mereka membaca Al-Quran, atau menyediakan audio Al-Quran untuk didengarkan oleh anak-anak.

2. Berbagi bersama

Berbagi dengan sesama adalah salah satu nilai yang sangat penting dalam agama Islam. Orangtua bisa mengajarkan anak-anak untuk berbagi makanan atau uang kepada mereka yang membutuhkan. Selain membantu membangun karakter, kegiatan ini juga dapat meningkatkan rasa empati dan kepedulian anak-anak terhadap sesama.

3. Menceritakan kisah-kisah Nabi dan Rasul

Kisah-kisah Nabi dan Rasul merupakan bagian penting dalam ajaran agama Islam yang perlu diketahui oleh setiap umat muslim, termasuk anak-anak. Selain sebagai media pembelajaran tentang sejarah dan nilai-nilai keislaman, menceritakan kisah-kisah Nabi dan Rasul juga dapat membantu membentuk karakter anak dengan nilai-nilai positif.

4. Shalat berjamaah

anak shalat berjamaah
Ilustrasi anak shalat berjamaah foto : Canva

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk melibatkan anak-anak dalam menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan adalah dengan mengajak mereka untuk salat berjamaah. Selain sebagai media pembelajaran tentang cara melaksanakan shalat yang benar, shalat berjamaah juga dapat membantu meningkatkan kedekatan antar anggota keluarga.

Ayah bisa memberikan ceramah singkat yang berkaitan dengan bulan suci Ramadhan, seperti tentang perintah puasa, manfaat puasa, dan ibadah-ibadah yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan.

5. Menyiapkan menu buka puasa

Kegiatan Ramadhan untuk anak-anak selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menyiapkan makanan untuk berbuka puasa. Mams dapat melibatkan anak-anak dengan cara meminta mereka membantu dalam mencuci sayuran dan buah-buahan sebagai bagian dari kegiatan “ngabuburit”.

Melibatkan anak-anak dalam kegiatan menyiapkan makanan untuk berbuka puasa dapat memberikan banyak manfaat. Selain dapat mengajarkan anak-anak tentang cara memasak, menyiapkan makanan untuk berbuka puasa juga dapat mengajarkan anak-anak tentang pentingnya berbagi dan membantu sesama

6. Mengajak anak berburu takjil

Kegiatan Ramadhan untuk anak-anak yang tak kalah seru adalah berburu takjil di sekitar rumah. Memasuki bulan Ramadhan, biasanya akan banyak penjual makanan atau minuman berderet di jalanan atau di sekitar komplek. Ibu atau Ayah bisa mengajak anak ngabuburit sambil membeli jajanan kesukaannya.

7. Mengajak anak berkunjung ke panti asuhan

Mengajarkan kebaikan juga bisa menjadi salah satu kegiatan Ramadhan yang bermanfaat bagi anak-anak. Salah satunya adalah dengan berkunjung ke panti asuhan dan berbagi makanan atau barang-barang layak pakai.

Mams bisa mengajak si kecil untuk memilah barang-barang yang masih bagus untuk disumbangkan kepada anak-anak yang kurang mampu. Dalam kesempatan ini, Mams bisa menekankan pentingnya bersedekah dan bagaimana bersedekah bisa membuat hati kita menjadi lebih lapang. Sebagai orang tua, kita harus membiasakan anak untuk memperhatikan kebutuhan orang lain dan belajar berempati.

Nah, Itulah beberbagi kegiatan anak yang seru untuk mengisi waktu luang selama puasa ramadhan, semoga bermanfaat.

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Call me Icha, Seorang Blogger Aktif, Hobi Menulis dan Menyukai Dunia Parenting

Artikel Terkait