Hindari 8 Makanan yang Menyebabkan Jerawat Ini!

Ilustrai Jerawat Foto : Shutterstock

Muncul jerawat di beberapa bagian wajah seringkali dapat mengurangi rasa kepercayaan diri, Pada umumnya munculnya jerawat pada kulit disebabkan perubahan kadar hormon.
Namun selain itu ada beberapa faktor lain yang menyebabkan timbulnya jerawat, salah satunya adalah makanan. Nah untuk mengetahui apa saja makanan-makanan penyebab jerawat tersebut, yuk simak ulasan berikut ini:

Jenis Makanan yang Menyababkan Munculnya Jerawat

Agar jerawat tidak senantiasa timbul di kulit, terutama pada kulit wajah, sebaiknya mams haus menghindari berbagai jenis makanan ini, Berikut daftarnya!

1. Gorengan dan Makanan Berminyak

Gorengan
Ilustrasi Gorengan Foto : Shuttertsock

Jenis makanan berminyak seperti gorengan ini memiliki kadar minyak dalam jumlah banyak sehingga dapat menyebabkan kadar lemak di dalam tubuh menjadi meningkat. Apabila hal tersebut terjadi, maka nantinya juga akan membuat sel-sel kulit tumbuh secara lebih cepat.

2. Susu dan Produk Olahan Susu

Produk Olahan Susu
Ilustrasi Produk Olahan Susu Foto : Shuttertsock

Makanan yang menyebabkan jerawat selanjutnya adalah susu serta produk olahan lainnya yang terbuat dari susu. Meskipun memiliki tinggi vitamin dan berperan sebagai sumber kalsium bagi tubuh, susu dan olahan lainnya seperti keju, yogurt, hingga es krim dinilai mampu meningkatkan hormon insulin dan IGF-1 yang dapat menyebabkan munculnya jerawat pada kulit.

3. Coklat dan Makanan Manis

Coklan dan Makanan Manis
Ilustrasi Makanan Manis Foto : Shutterstock

Makanan yang mengandung tinggi gula, seperti coklat, kue manis, soda, jus buah kemasan yang diberi gula tambahan, juga dapat membuat kondisi kulit berjerawat semakin parah dan semakin banyak. Hal ini disebabkan lantaran cokelat dapat meningkatkan pelepasan protein interleukin-1B (IL-IB) dan IL-10.

4. Makanan Cepat Saji

Makanan Cepat Saji
Ilustrasi Makanan Cepat Saji Foto : Shutterstock

Makanan cepat saji seperti ayam goreng, kentang goreng, nugget hingga sosis dan burger memiliki kandungan lemak jenuh, kalori, dan karbohidrat yang dapat meningkatkan risiko timbulnya di jerawat.

Hal ini dibuktikan lewat penelitian dari Journal of the European Academy of Dermatology. Penelitian tersebut melaporkan bahwa peserta yang rutin mengonsumsi makanan cepat saji, terutama sosis dan burger, berisiko 24% lebih tinggi terkena jerawat.

5. Whey protein

Whey Protein adalah bubuk suplemen makanan yang belakangan cukup populer, Jenis protein ini  sering digunakan dalam makanan dan suplemen olahraga Whey protein mengandung asam amino leusin dan glutamin yang dapat membuat sel-sel kulit tumbuh dapat membelah lebih cepat. Hal ini justru dapat berkontribusi pada pembentukan jerawat.

6. Daging Tinggi Lemak

Daging
Ilustrasi Daging Foto : Shutterstock

Mengkonsumsi daging merah yang memiliki kadar lemak tinggi dapat menyebabkan peradangan dan muncul jerawat. Hal tersebut karena daging merah yang berasal dari sapi atau kambing mengandung lemak jenuh yang tidak hanya berbahaya bagi kesehatan jantung, tetapi juga dapat menimbulkan jerawat.

7. Rumput Laut

Rumput Laut
Ilustrasi Rumput Laut Foto : Pexel

Rumput laut adalah makanan yang mengandung yodium, Namun mengkonsumsi makanan tinggi yodium dapat memicu jerawat yang lebih banyak. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 150 mikrogram yodium sehari. Namun, pada wanita hamil dan menyusui pada umumnya membutuhkan kadar yodium yang lebih banyak.

Cara Lain Menghindari Munculnya Jerawat

Selain menghindari jenis makanan diatas, Ada beberapa cara lain yang dapat Mams lakukan untuk mencegah munculnya jerawat,

1. Makanan Sehat

Hal utama adalah mengkonsumsi makanan yang sehat, Konsumsi buah dan sayur yang cukup, Batasi makanan yang mengandung gula dan kandungan lemak trans yang tinggi.

2. Jalani Pola Hidup Sehat

Tidur cukup dan olahraga teratur juga dapat mengurangi jerawat. Jika Mams sering tidur larut, mulailah untuk tidur lebih awal dan bangun di jam yang sama setiap harinya. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kurang tidur dapat memengaruhi peningkatan stres sebanyak 15 persen. Meningkatnya stres dapat memicu hormon kortisol yang dapat menimbulkan jerawat pada kulit

3. Rawat dan Jaga Kebersihan Kulit

Jerawat muncul dari pori-pori yang tersumbat oleh kotoran, sel kulit mati, minyak, dan bakteri. Hal ini biasanya terjadi karena kulit yang tidak dibersihkan secara rutin. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan malam.

Nah, Demikian penjelasan mengenai beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan munculnya jerawat, Disarankan, jika jerawat yang Mams alami tidak kunjung mereda dan tetap membandel atau justru semakin parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat ya mams!

Temukan Artikel Lainya di Google News

 

Referensi :

  • https://www.alodokter.com/empat-jenis-makanan-penyebab-jerawat

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait