Jangan Panik, Ini Solusi Puting Payudara Datar Saat Menyusui

Ilustrasi wanita menutupi dada Foto: canva

Saat menyusui merupakan menjadi momen yang sangat penting. Berikut solusi puting payudara datar saat menyusui disertai penyebabnya dan cara menyusui.

Mengalami puting datar saat ibu menyusui kadang membuat stres. Karena hal ini bisa menyebabkan bunda tidak dapat menyusui dengan maksimal.

Puting pada wanita memiliki bentuk yang bermacam-macam. Salah satunya yaitu puting datar. Puting datar ini biasanya sering ditemui pada ibu menyusui untuk pertama kalinya.

Namun, sekali ini terjadi sama bunda, wajib tahu cara mengatasi hal ini. Berikut solusi puting payudara datar saat menyusui serta lengkap dengan penyebab puting payudara tidak muncul saat menyusui dan menyusui jika puting tidak keluar.

Penyebab puting payudara tidak muncul saat menyusui

Cara menyusui jika puting tidak keluar
Ilustrasi ibu menyusui Foto: canva

Penyebab putih payudara tidak muncul saat menyusui ada beberapa macam bunda. Puting yang tertarik ke dalam atau inverted nipple bisa saja dipengaruhi oleh faktor keturunan atau genetik, kelainan anatomis sejak lahir, bisa juga sebagai perubahan bentuk payudara karena kehamilan dan masih banyak lagi bunda.

Tapi jika puting bunda tidak keluar sejak lahir, bisa jadi penyebabnya adalah karena bentuk anatomis payudara yaitu kelenjar payudara pendek atau otot di sekitar puting payudara bunda melebar.

Apabila puting memang tidak keluar sejak lahir, maka dari itu bunda tidak perlu khawatir karena kondisi ini sering terjadi dan tidak berbahaya.

Namun, jika sebelumnya puting bunda sudah pernah keluar tetapi kemudian tertarik lagi ke dalam, maka bunda harus waspada dan lebih baik berkonsultasi langsung kepada dokter untuk memeriksa dan diberi solusi yang terbaik.

Memang, puting payudara datar atau tidak keluar tidak berbahaya bunda. Tapi hal ini bisa mengganggu proses menyusui sang buah hati nantinya. Maka dari itu, sangat disarankan untuk bunda yang memiliki puting payudara tidak keluar segera berkonsultasi kepada dokter.

Cara menyusui jika puting tidak keluar

Jika bunda memiliki payudara dengan puting payudara datar saat menyusui sang buah hati. Rata-rata ibu yang menyusui dengan puting datar tetap bisa menyusui sang buah hati seperti biasanya. Karena demikian berikut beberapa cara menyusui jika puting tidak keluar atau datar:

1. Ubah posisi menyusui

Cara menyusui ketika puting payudara datar bisa dengan mencoba mengubah posisi menyusui. Cara ini bisa dicoba dengan cara memegang payudara menggunakan teknik V-hold atau C-hold yang diyakini bisa membantu bayi melakukan pelekatan pada payudara.

2. Peras ASI dengan tangan

Kemudian untuk cara puting payudara datar saat menyusui bisa mencoba dengan memeras ASI dengan tangan. Jika dirasa payudara bunda mulai membengkak, ada baiknya untuk mengeluarkan ASI sedikit demi sedikit sebelum menyusui. Mengeluarkan ASI ini bisa dengan menggunakan tangan, cara ini bisa membantu melembutkan payudara dan nantinya memudahkan sang buah hati untuk menyusu.

3. Gunakan breast shells atau cangkang payudara

Untuk cara menyusui jika puting tidak keluar atau puting datar yang ketiga yaitu dengan menggunakan breast shells atau cangkang payudara.

Bunda bisa langsung menanyakan kepada konsultan laktasi tentang penggunaan pelindung payudara atau juga yang disebut dengan breast shells. Hal ini bisa digunakan antara waktu menyusui yang berguna untuk membantu puting akan lebih menonjol bunda.

4. Coba teknik baru

Cara menyusui ketika puting payudara datar yang terakhir yaitu bisa dengan mencoba teknik baru. Teknik baru ini bisa seperti teknik memijat dengan tekanan balik yang lembut bisa membantu menarik keluar putih apalagi ketika terjadi pembengkakan.

Karena puting datar tersebut bisa menjadi sebuah masalah ketika payudara membengkak, hal ini bisa membuat sang buah hati bunda menjadi sulit menyusu.

Itu tadi bunda solusi puting payudara datar saat menyusui serta penyebab dan cara mengatasinya. Semoga dengan adanya informasi ini sudah tidak panik lagi jika nantinya saat ingin menyusui sang buah hati ternyata puting bunda tidak muncul atau datar. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait