Hukum Puasa untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Menurut Islam

Ilustrasi Ibu Hamil Berpuasa Foto : Canva

Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat muslim di seluruh dunia. Selama bulan ini, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama 29 atau 30 hari, yaitu menahan diri dari makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Namun, Bagaimana hukum puasa untuk ibu hamil, apakah ibu hamil wajib puasa selama ramadhan? Pertanyaan ini seringkali menjadi perdebatan di kalangan masyarakat. Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Apakah Ibu Hamil Wajib Berpuasa Selama Ramadhan?

Menurut agama Islam, Hukum puasa untuk ibu hamil diwajibkan, Asalkan kondisi kesehatannya memungkinkan untuk melakukannya. Namun, jika ibu hamil merasa khawatir atau ada kondisi kesehatan tertentu yang membutuhkan perhatian khusus, maka dia diizinkan untuk tidak berpuasa.

Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dari Ibnu Abbas, bahwa Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam (SAW) bersabda, “Allah telah memberikan keringanan bagi wanita hamil dan yang sedang menyusui, mereka dapat meninggalkan puasa dan menggantinya pada waktu yang lain.” (HR. Abu Dawud).

Kondisi Kesehatan yang Tidak Memungkinkan Ibu Hamil Berpuasa

Hukum puasa untuk ibu hamil
Ilustrasi Ibu Hamil Foto : Canva

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Bahwa ibu hamil yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, mungkin tidak dianjurkan untuk berpuasa. Ada beberapa kondisi kesehatan yang dapat mempengaruhi kemampuan seorang ibu hamil untuk berpuasa. Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan bagi ibu hamil untuk berpuasa selama Ramadhan:

1. Diabetes

Bagi ibu hamil yang mengalami diabetes, berpuasa selama Ramadhan dapat meningkatkan risiko terjadinya hipoglikemia (penurunan kadar gula darah). Hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Oleh karena itu, para ibu hamil yang mengalami diabetes disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk berpuasa selama Ramadhan.

2. Tekanan Darah Tinggi

Ibu hamil yang mengalami tekanan darah tinggi juga disarankan untuk tidak berpuasa selama Ramadhan. Hal ini dikarenakan puasa dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi pada janin, seperti pertumbuhan janin yang terhambat atau bahkan kelahiran prematur.

3. Anemia

Ibu hamil yang mengalami anemia (kurang darah) juga disarankan untuk tidak berpuasa selama Ramadhan. Puasa dapat memperburuk kondisi anemia dan berdampak negatif pada kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

4. Gangguan Gastrointestinal

Bagi ibu hamil yang mengalami gangguan gastrointestinal seperti mual, muntah, atau diare, berpuasa selama Ramadhan dapat memperburuk kondisinya. Kondisi ini dapat berdampak buruk pada kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

5. Gangguan Psikologis

Beberapa ibu hamil mungkin mengalami gangguan psikologis seperti depresi atau kecemasan selama kehamilan. Berpuasa selama Ramadhan dapat memperburuk kondisi psikologis tersebut dan mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Cara Mengganti Puasa Ibu Hamil

Bagi ibu hamil yang tidak bisa berpuasa selama Ramadhan, ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah membayar fidyah, yaitu memberikan sejumlah uang kepada orang yang membutuhkan sebagai ganti dari tidak berpuasa. Selain itu, ibu hamil juga dapat mengganti puasa tersebut di kemudian hari setelah melahirkan.

Berpuasa selama Ramadhan merupakan kewajiban bagi umat muslim, termasuk bagi ibu hamil. Namun, jika ada kondisi kesehatan tertentu yang membutuhkan perhatian khusus, maka ibu hamil tidak diwajibkan untuk berpuasa. Sebagai gantinya, ibu hamil dapat melakukan alternatif seperti membayar fidyah atau mengganti puasa di kemudian hari.

Nah, Itulah penjelasan mengenai hukum puasa untuk ibu hamil, Penting bagi para ibu hamil untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk berpuasa selama Ramadhan demi menjaga kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Semoga bermanfaat

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait