Hal apa saja yang tidak boleh dilakukan saat hamil muda? Hamil muda memang menjadi kabar bahagia bagi keluarga kecil bunda.

Akan tetapi tidak sedikit orang tua yang memiliki perasaan bahagia dan cemas. Sebab cemas tersebut terjadi, kepada wanita yang masih hamil muda.

Hamil muda terjadi saat usia kandungan baru menginjak 1-12 minggu. Pada masa itu, bunda akan mengalami beberapa keluhan seperti mual, nyeri, sembelit, sering buang air kecil, dan lelah.

Akan tetapi keluhan itu merupakan hal wajar karena adanya perubahan hormon pada tubuh. Untuk menjaga kesehatan janin akan tetap sehat, sebaiknya hindari hal-hal yang dapat memicu masalah kandungan ya.

Hal Apa Saja Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil Muda

Saat bunda mulai hamil muda, tentu saja terdapat berbagai larangan yang harus dihindari. Hal ini bertujuan untuk menjaga kandungan si janin dan keselamatan bunda agar selamat sampai nanti melahirkan.

1. Merokok

Merokok adalah salah satu larangan yang sangat tidak dianjurkan bagi perempuan, apalagi jika bunda sedang hamil muda. Karena banyak dampak negatif dari rokok yang bisa menganggu kesehatan si janin.

Akan tetapi jika si bunda memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya hindari ketika sedang hamil muda ya. Karena tentu saja nanti bisa membuat si janin bermasalah.

2. Alkohol

Sama berbahayanya dengan rokok, alkohol adalah contoh keras yang harus dihindari ketika hamil muda. Jika bunda tidak menghiraukan pantangan ini, maka bis menjadi pemicu kondisi fetal alcohol syndrome.

Kondisi ini adalah ketika janin lahir dengan berat badan yang rendah. Bahkan lebih parahnya si janin bisa mengalami hambatam pertumbuhan dan gangguan pola perilaku.

3. Stres Berlebihan

Hal apa saja yang tidak boleh dilakukan saat hamil muda? Salah satunya adalah stres. Ini adalah gejala yang biasa terjadi, tetapi tidak baik terjadi pada wanita yang sedang hamil muda.

Karena jika bunda sering mengalami stres, nantinya akan berpengaruh terhadap kesehatan si janin. Sebab stres ini bukanlah hal sepele.

Banyak janin lahir prematur dikarenakan orang tuanya yang sering mengalami depresi atau stres. Maka dari itu sebisa mungkin hindari stres dan sangat baik jika bunda meminta kerja sama dengan si ayah.

4. Melakukan Aktivitas Berat

Hamil muda sering ditandai dengan gejala sering lelah, mual, dan pusing. Kebanyakan dokter pasti akan menyarankan untuk banyak istirahat dan tidak boleh melakukan aktivitas terlalu berat.

Melakukan aktivitas berat saat hamil muda memang tidak dianjurkan. Selain bisa menganggu kesehatan bunda. Ada baiknya jika bunda tetap banyak istirahat dan melakukan aktivitas yang ringan saja.

5. Memakai Sauna

Sauna memang salah satu tempat nyaman bagi semua orang. Tetapi jika bunda sedang hamil muda, tentu sangat tidak disarankan untuk mencobanya ya.

Banyak penelitian yang mengungkapkan kalau sauna bagi ibu hamil memang sangat berisiko. Contoh risikonya adalah keguguran dan gangguan tumbuh kembang si janin.

Jika bunda masih ingin mandi dengan air hangat, sebaiknya gunakan suhu air maksimal 38° C agar lebih aman dan nyaman.

Itulah hal apa saja yang tidak boleh dilakukan saat hamil muda. Sebaiknya hindari beberapa hal tersebut untuk memiliki kehamilan yang baik.