Bunda perlu tahu ada obat tradisional alergi kulit pada anak yang mudah dibuat. Alergi disebabkan karena reaksi ketidakcocokan dari apa yang diberikan ke anak.

Obat tradisional bisa bunda jadikan pilihan selama anak mengalami alergi tahap ringan. Walaupun sepele, jangan sampai dibiarkan ya karena dapat menyebabkan ruam, bengkak, hingga berdarah.

5 Obat Tradisional Alergi Kulit Pada Anak

Obat tradisional adalah metode penyembuhan yang memanfaatkan bahan alami. Berikut contoh obat tradisional yang bisa bunda berikan ke si anak saat menderita alergi pada kulit.

1. Kunyit

Kunyit memang sering dijadikan bahan pewarna makanan alami. Akan tetapi nyatanya kunyit juga bisa disebut sebagai obat herbal lho.

Menurut ahli kesehatan, kunyit memang memiliki manfaat untuk mengatasi alergi gatal pada kulit. Tidak hanya itu saja, kunyit juga merupakan obat herbal yang mudah dibuat di rumah.

2. Madu

Madu menjadi salah satu bahan yang dipercaya mampu menyembuhkan alergi kulit. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya konsumsi madu secara konsisten ya.

3. Minyak Kayu Putih

Ternyata obat tradisional alergi kulit pada anak bisa gunakan minyak kayu putih. Minyak kayu putih adalah jenis obat herbal yang memang terbuat dari bahan alami.

Minyak kayu putih memang dari dulu dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti tidak enak badan, masuk angin, gatal-gatal, dan alergi.

Caranya cukup mudah dilakukan yaitu dengan mengoleskan ke bagian yang terkena alergi pada kulit. Hindari ke area mata ya agar si anak tidak mengalami perih dan sakit mata.

4. Oatmeal

Oatmeal dipercaya sebagai memiliki kandungan anti radang yang dapat menyembuhkan alergi pada kulit. Caranya pastikan simak dengan baik ya bunda.

Campurkan oatmeal dengan air panas di dalam wadah. Kemudian aduk hingga merata dan tunggu hingga suhunya panasnya turun.

Jika hasil adukan bunda telah dingin, balurkan racikan sebelumnya ke area kulit yang terkena alergi. Tunggu beberapa saat hingga kering dan kemudian bilas dengan air bersih.

5. Mentimun

Mentimun bisa saja dijadikan obat tradisional untuk menyembuhkan alergi.  Hal ini karena kandungan astringent mampu meredakan ruam dan gatal akibat alergi.

Jika bunda tidak ingin ribet, cukup oleskan timun ke area yang terkena alergi pada anak. Atau bisa juga diiris tipis dan tempelkan pada kulit anak yang terkena alergi.

Setiap obat tradisional alergi kulit pada anak memang memiliki hasil yang berbeda-beda. Jikalau gejala alergi semakin buruk, ada baiknya segera periksakan si anak ya.