Darah Haid Berwarna Hitam: Tanda Adanya Penyakit Serius, Benarkah Demikian?

Normalnya, darah haid memiliki warna merah sedikit kecoklatan atau merah cerah. Namun, bagaimana jika darah haid berwarna hitam? Benarkah ini tanda alami penyakit membahayakan?

Selain dianggap sebagai sinyal akan adanya penyakit serius, darah mens berwarna hitam juga sering dikaitkan dengan kehamilan.

Karena seperti yang bunda tahu, pendarahan kerap terjadi di awal kehamilan yang disebabkan oleh proses penempelan lapisan dalam rahim pasca pembuahan.

Jenis perdarahan ini biasanya hanya keluar dalam jumlah normal atau hanya berupa bercak.

Warna darahnya pun hampir sama dengan menstruasi. Namun, akan menjadi sedikit kehitaman jika aliran darah selama proses pengajaran terbilang lambat.

Namun selain karena faktor kehamilan, darah mens berwarna hitam juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan lain yang perlu bunda waspadai.

Penyebab Darah Haid Berwarna Hitam

Darah Haid Berwarna Hitam

Selain sebagai tanda awal kehamilan, darah haid berwarna hitam juga bisa disebabkan karena beberapa faktor seperti:

1. Bunda Mengalami Keguguran

Keguguran adalah kondisi dimana embrio dalam rahim berhenti berkembang. Keadaan ini umum terjadi pada ibu hamil dengan usia kehamilan 20 minggu pertama.

Keguguran yang dialami ibu hamil biasanya ditandai oleh keluarnya darah berwarna hitam pekat. Selain itu, bunda juga akan mengalami gejala lain seperti kram perut, lemas, nyeri hebat pada perut.

2. Adanya Benda Asing yang Tersangkut Dalam Vagina

Meskipun terbilang langka, penyebab darah haid berwarna hitam adalah adanya benda asing tersangkut di vagina.

Benda yang mungkin tersangkut di vagina adalah kondom, kontrasepsi diafragma, cincin vagina atau Cervical cap.

Selain darah berwarna hitam, benda asing tersebut juga bisa menyebabkan gejala lain seperti infeksi, gatal di sekitar vagina, pembengkakan, demam hingga nyeri hebat.

3. Endometriosis

Penyebab lain dari darah mens berwarna hitam bisa juga disebabkan karena adanya gejala endometriosis.

Ini adalah kondisi kesehatan dimana jaringan-jaringan yang melindungi rahim bunda justru tumbuh diluar rahim.

Karena bersifat abnormal, keadaan ini bisa sebabkan bunda alami nyeri hebat, kram, nyeri punggung hingga darah berwarna hitam.

4. Darah Mengendap Lama di Dalam Rahim

Endapan darah menstruasi yang mengalami oksidasi ternyata juga bisa sebabkan warnanya berubah menghitam.

Oksidasi sendiri bisa disebabkan karena beberapa faktor seperti siklus menstruasi tidak normal atau karena pengaruh hormon. Sehingga saat darah keluar, warnanya berubah jadi hitam pekat mirip dengan bubuk kopi.

5. Masih Dalam Masa Nifas

Pasca kelahiran si kecil, bunda akan menjalani masa nifas yang keluar setelah empat hingga enam minggu pasca melahirkan.

Selama nifas, bunda akan mengeluarkan lochea atau darah yang hanya berupa gumpalan kecil lalu merah darah kemudian flek sampai selesai.

Gumpalan kecil tersebut, biasanya hanya muncul selama beberapa hari dan dilanjutkan dengan warna merah hingga kecoklatan.

Namun, jika alidan dalam darah bunda kurang lancar, darah yang keluar bisa berubah kehitaman.

Cara Membedakan Darah Haid Berwarna Hitam Karena Penyakit Atau Karena Kehamilan

Darah Haid Berwarna Hitam

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, darah berwarna hitam bisa disebabkan karena kehamilan.

Namun hal ini perlu dibuktikan oleh serangkain tes seperti penggunaan test pack atau datang ke dokter kandungan.

Jika hasilnya positif, bisa jadi itu memang karena pengaruh kehamilan. Namun jika negatif, berarti ada hal lain terkait kesehatan yang perlu bunda cek kebenarannya.

Intinya, segera check up ke dokter jika bunda alami darah haid berwarna hitam disertai dengan gejala lain yang mengganggu aktifitas. Semoga membantu.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait