Ciri-Ciri Kanker Mulut Pada Anak, Bunda Wajib Waspada!

Mulai sekarang, ada baiknya bunda perlu kenali ciri-ciri kanker mulut pada anak. Khususnya bagi anak bunda yang sekarang sedang menderita nyeri hebat di area mulut.

Kanker mulut merupakan kondisi sel yang muncul tak terkendali di area organ tersebut. Sel kanker mulut dapat muncul di gusi, bibir, bagian bawah mulut, bagian atas mulut, serta kelenjar ludah.

Kasus kanker mulut sejatinya cukup jarang terjadi pada anak, mengingat penyebab utama penyakit tersebut rata-rata karena kebiasaan merokok.

Namun, tidak ada salahnya bunda mengetahui gejala penyakit ini pada si kecil supaya dapat dideteksi sedini mungkin.

Ciri-Ciri Kanker Mulut Pada Anak

Ciri-Ciri Kanker Mulut Pada Anak, Wajib Waspada!

Umumnya, kanker mulut terjadi pada orang dewasa yang disebabkan karena gaya hidup tidak sehat. Kalau pada anak atau remaja, penyakit ini bisa karena anemia Fanconi, sindrom bloom, terinfeksi HIV, atau mutasi gen connexin.

Bunda juga harus tahu ada sejumlah ciri-ciri kanker mulut pada anak yang biasa muncul. Jika si kecil mengalami gejala kanker mulut di bawah ini, ada baiknya bunda segera membawanya ke dokter untuk diobservasi lebih lanjut:

1. Sariawan

Jangan pernah menganggap remeh sariawan pada anak. Maka, bunda harus penuhi kebutuhan air putih maupun vitamin C supaya sariawan segera membaik.

Apabila sudah dilakukan perawatan tak kunjung sembuh, bunda harus segera memeriksakan anak ke dokter untuk mencari tahu penyebab kondisi tersebut.

Pasalnya, sariawan pada anak dengan durasi panjang dan susah sembuh bisa jadi pertanda awal kanker mulut.

2. Pembengkakan dan Benjolan Dalam Mulut

Bunda harus selalu memeriksa kondisi area mulut anak. Pastikan setiap perubahan yang terjadi, apakah ada bengkak, benjolan, dan sebagainya.

Adanya pembengkakan atau benjolan di area mulut bisa menjadi salah satu ciri kanker mulut pada anak.

3. Bercak Dalam Mulut

Selain pembengkakan maupun benjolan, bunda juga perlu waspada dengan bercak warna putih atau kemerahan pada area mulut anak.

Pada umumnya, bercak tersebut ada di bagian lidah, bagian dalam mulut, atau gusi. Jika pada area-area tersebut bunda menemukan bercak-bercak tidak biasa, ada baiknya langsung konsultasikan pada dokter.

4. Pendarahan di Area Mulut

Ciri-Ciri Kanker Mulut Pada Anak, Wajib Waspada!

Biasanya bunda mungkin suka mengabaikan anak yang mengeluh nyeri di area mulut, gusi, atau gigi.

Padahal, bunda tidak boleh sembarangan mengabaikannya karena bisa jadi itu adalah gejala awal munculnya kanker mulut.

Pada umumnya, setelah nyeri hebat pada bagian tersebut pun terjadi pendarahan. Bahkan kondisi bisa lebih parah dengan rapuhnya gigi anak.

5. Kesulitan Menelan

Ciri lain penyakit kanker mulut pada anak adalah sulitnya menelan dan sakit tenggorokan yang tak kunjung membaik.

Sakit tenggorokan maupun sulit menelan pada umumnya biasa terjadi pada anak, bisa karena gejala flu dan lainnya dan akan sembuh dalam beberapa hari.

Namun beda cerita jika anak sulit menelan disertai sakit tenggorokan dalam jangka waktu panjang. Bunda harus mulai waspada karena bisa jadi, itu adalah gejala kanker mulut.

6. Muncul Luka di bagian Tertentu

Munculnya beberapa luka seperti di wajah, leher, dan area mulut juga bisa menjadi ciri kanker mulut pada anak.
Sejumlah luka tersebut muncul secara persisten, sampai membuatnya mudah berdarah.

Jika kondisi seperti ini tak kunjung sembuh selama 2 minggu, besar kemungkinan anak bunda menderita kanker mulut.

Itu dia tadi beberapa ciri-ciri kanker mulut pada anak. Diantara ciri-ciri tersebut, sariawan adalah yang paling sering diabaikan.

Maka, ketika anak menderita sariawan, ada baiknya cepat diatasi dan apabila tidak sembuh dalam jangka waktu lama jangan ragu hubungi dokter.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait