Begini Cara Minum Folavit Agar Cepat Hamil, Efektif Tingkatkan Kesuburan

Cara Minum Folavit Agar Cepat Hamil (Foto:Mamikita.com)

Salah satu cara agar cepat hamil yaitu mengkonsumsi suplemen asam folat seperti Folavit, Namun bagaimana cara minum folavit agar cepat hamil? Yuk Bunda simak tips berikut ini!

Apa itu Folavit?

Folavit adalah suplemen yang mengandung asam folat, salah satu vitamin yang penting untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Asam folat berperan dalam pembentukan sel darah merah, pertumbuhan sel yang sehat, dan pencegahan cacat tabung saraf pada janin. kekurangan asam folat dapat menyebabkan anemia, keguguran, atau cacat lahir.

Ketika makanan tidak bisa memenuhi kebutuhan asam folat harian, Bunda bisa mengonsumsi suplemen. Salah satu suplemen asam folat yang dijual di pasaran adalah Folavit.

Penting untuk diingat bahwa Bunda harus berkonsultasi dulu dengan dokter mengenai kebutuhan suplemen harian saat program hamil, ya.

Cara Minum Folavit Agar Cepat Hamil

Folavit
Suplemen Folavit

Untuk mendapatkan manfaat folavit, Bunda perlu mengetahui cara minum folavit yang tepat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Bunda ikuti:

  • Mulailah minum folavit sebelum Bunda hamil atau segera setelah Bunda mengetahui bahwa Bunda hamil. Hal ini karena asam folat sangat dibutuhkan pada trimester pertama kehamilan, saat organ-organ janin mulai terbentuk.
  • Minum folavit sesuai dengan dosis yang direkomendasikan oleh dokter atau sesuai dengan keterangan pada kemasan. Secara umum, dosis folavit untuk ibu hamil adalah 400-1000 mcg per hari. Jangan melebihi dosis yang ditentukan, karena dapat menyebabkan efek samping seperti mual, kembung, atau gangguan tidur.
  • Minum folavit dengan segelas air, sebelum atau sesudah makan. Hindari minum folavit dengan minuman beralkohol, karena dapat mengurangi penyerapan asam folat oleh tubuh.
  • Simpan folavit pada suhu ruangan, jauh dari sinar matahari, panas, dan kelembapan. Jangan menyimpan folavit di kamar mandi atau di tempat yang mudah dijangkau oleh anak-anak.
  • Jangan menghentikan penggunaan folavit tanpa berkonsultasi dengan dokter.
  • Minum folavit secara teratur selama masa kehamilan dan menyusui, untuk memastikan kecukupan asam folat Bunda dan bayi.

Manfaat Folavit untuk Program Hamil

Folavit adalah suplemen yang mengandung asam folat, yaitu vitamin B9 yang penting untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Berikut adalah beberapa manfaat Folavit untuk program hamil:

  • Mencegah cacat tabung saraf pada janin, seperti spina bifida atau anensefali
  • Mendukung pertumbuhan sel darah merah, yang membantu mengatasi anemia dan mencegah pendarahan
  • Membantu perkembangan sistem saraf janin, yang berpengaruh pada kemampuan belajar dan kognitifnya
  • Mengurangi risiko penyakit jantung pada ibu hamil, dengan menurunkan kadar homosistein yang dapat menyebabkan pengerasan pembuluh darah
  • Menjaga kesehatan sistem saraf ibu dan janin, dengan mencegah depresi, kecemasan, dan gangguan mood

Dosis dan Aturan Minum Folavit untuk Program Hamil

Dosis dan aturan minum Folavit untuk program hamil berbeda-beda, tergantung pada kondisi kesehatan masing-masing individu. Secara umum, wanita usia subur disarankan mengonsumsi 400 mcg asam folat per hari. Dosis ini dapat dimulai 3 bulan sebelum kehamilan dan dilanjutkan selama kehamilan.

Sedangkan, Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi 400-800 mcg asam folat per hari. Dosis ini dapat disesuaikan berdasarkan kondisi kesehatan ibu hamil.

Itulah cara minum folavit agar cepat hamil yang dapat bunda lakukan. Selain minum folavit, Bunda juga perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat, seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan, dan telur. Jangan lupa untuk rutin melakukan pemeriksaan kehamilan dan konsultasi dengan dokter.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait