Bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari? Hidung tersumbat ini memang sangat rentan membuat bayi menjadi rewel.

Sebab hidung yang tersumbat itu akan menghalangi jalan napas pada bayi. Sehingga si kecil akan merasa kesulitan untuk mengambil napas.

Apalagi ketika malam hari, sudah waktunya bayi berisitirahat, setelah seharian melakukan aktivitas. Terlebih bayi ini masih membutuhkan lebih banyak waktu tidur dibandingkan orang dewasa.

Supaya si kecil kembali nyaman serta dapat bernapas dengan lega. Mari simak cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi, berikut ini.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Di Malam Hari

Sebagai orang tua apa yang perlu dilakukan jika bayi anda mengalami hidung tersumbat? Simak cara selengkapnya berikut ini.

1. Pastikan Asupan Cairan Pada Bayi Terpenuhi

Untuk mengatasi hidung anak yang tersumbat, perlu dipastikan kebutuhan cairan si kecil terpenuhi. Asupan cairan ini penting untuk si kecil, terutama jika anak mengalami flu.

Cairan yang cukup ini, membantu mengatasi tenggorokan kering serta mengencerkan lendir dalam hidung. Pastikan selalu berikan bayi dengan ASI eksklusif sesering mungkin.

Jika bayi sudah menerima MPASI, berikan air hangat yang sesuai dengan takaran. Hindari memberikan minuman manis kepada si kecil terlalu sering ya, bunda!

2. Membersihkan Lendir Yang Mengeras

Lendir yang mengeras saat bayi sedang flu atau pilek, perlu untuk dibersihkan. Hal ini penting untuk mencegah dan meredakan penyumbatan hidung karena adanya lendir.

Supaya lebih mudah untuk membersihkanya, lebih baik lakukan saat bayi tertidur. Usahakan lakukan secara lembut dengan cotton bud yang dibasahi.

Hal tersebut untuk melunakkan lendir yang mengering dan menghindari hidung bayi iritasi. Sehingga anak tidak merasa kesakitan pada bagian hidungnya.

3. Menyedot Ingus Bayi Pakai Bulb Syringe

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari selanjutnya dengan bulb syringe. Bulb syringe adalah alat sedot ingus yang biasa digunakan untuk mengeluarkan lendir.

Untuk menggunakannya, pencet pada bagian menggembung pada alat. Setelahnya masukkan ke hidung bayi lalu lepaskan bagian menggembungnya, nanti lendir akan langsung tersedot.

Cara ini cocok untuk bayi yang berusia di bawah 6 bulan. Apabila belum pernah menggunakannya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

4. Atur Posisi Tidur Bayi

Mengatur posisi tidur si kecil juga mampu membantunya dalam mengatasi hidung tersumbat. Atur posisi tidurnya dengan meninggikan kepalanya lebih tinggi dari dada.

Posisi ini membuat lebih mudah bayi menghirup udara dan mencegah lendir mengalir ke dalam rongga hidung. Sehingga membuat bayi lebih nyaman saat tidur dan tidak terlalu rewel.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari. Sebaiknya lakukan beberapa cara di atas untuk membuat bayi tidak rewel pada malam hari saat hidungnya tersumbat.