Jangan dipaksa! Ini 5 Cara Mengajar Anak Membaca Dengan Cepat

Cara mengajar anak membaca dengan cepat memang butuh kesabaran dan konsistensi dari moms sebagai orangtua. Sebab, pada dasarnya setiap anak memiliki keunikan dan kemampuan belajar yang berbeda.

Meski begitu moms tidak perlu khawatir, berikut terdapat beberapa cara mengajar anak membaca secara praktis dan menyenangkan yang bisa dicoba untuk si Kecil.

Cara Mengajar Anak Membaca Dengan Cepat

Cara Mengajar Anak Membaca Dengan Cepat

Langsung saja, berikut adalah beberapa cara mengajar anak membaca dengan cepat tanpa bantuan guru pembimbing:

1. Cara Mengajar Anak Membaca Dengan Cepat-Mulai Sejak Dini

Mengajarkan anak membaca sejak dini, akan memberikan dampak positif pada tumbuh kembangnya. Moms bisa memulai dengan cara menumbuhkan minat baca anak sejak kecil.

Ketika anak sudah terbiasa dengan kegiatan membaca, maka hal tersebut bisa menjadi rutinitas harian. Sehingga wawasan dan pengetahuan anak semakin berkembang seiring bertambahnya usia.

2. Pilih Buku Yang Menarik Bagi Anak

Cara mengajarkan anak membaca selanjutnya yaitu dengan memilih buku yang menarik perhatian anak. Bagi anak usia balita biasanya lebih suka dengan buku full color, yang disertai gambar seperti buku dongeng.

Dengan memilih buku yang anak sukai, maka proses belajar membaca akan lebih menyenangkan. Suasana hati anak yang gembira akan berpengaruh pada hasil dari proses belajar membaca.

3. Bermain Menyusun Kata

Belajar sambil bermain merupakan salah satu aktivitas yang disukai anak-anak. Moms bisa memanfaatkan aktivitas tersebut sebagai metode mengajarkan anak membaca.

Cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan membuat flash card alphabet. Ajak anak bermain untuk menyusun kata menggunakan kartu.

Jangan lupa dengan memberikan reward jika anak berhasil seperti pujian, atau tepuk tangan. Hal ini sangat berguna untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam proses belajar.

4. Cara Mengajar Anak Membaca Dengan Cepat-Gunakan Teknologi

Cara Mengajar Anak Membaca Dengan Cepat

Di era digital saat ini penggunaan teknologi juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara mengajarkan anak membaca. Moms bisa pilih video yang menarik tentang pengenalan huruf dan angka.

Selain itu, terdapat beberapa aplikasi yang dibuat khusus untuk membantu anak belajar membaca. Meski begitu moms, tetap harus memperhatikan screen time anak, agar tidak melewati batas.

Umumnya anak-anak diperbolehkan screen time maksimal 60 menit per hari. Selain itu, penggunaan teknologi seperti internet atau televisi harus didampingi oleh orangtua guna memberikan edukasi yang positif pada anak.

5. Lakukan Secara Rutin atau Konsisten

Seperti yang telah disinggung di awal bahwa semua metode atau cara mengajarkan anak membaca akan membuahkan hasil yang maksimal jika dilakukan secara rutin atau konsisten.

Jadikan kegiatan belajar membaca sebagai rutinitas harian anak, setidaknya sempatkan anak untuk membaca meski hanya beberapa menit saja. Hal ini bisa berjalan lancar dengan adanya dukungan dari orangtua.

Koreksi anak secara sabar jika ada kesalahan dalam membaca. Jangan pernah menuntut anak agar bisa membaca dalam waktu yang singkat. Semua anak membutuhkan waktu dalam proses belajarnya masing-masing.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait