Cara Cek Penerima Bantuan PIP 2024 Secara Online, Hanya Input NISN

Cara Cek Penerima Bantuan PIP 2024

Pemerintah Indoneseia telah menyalurkan bantuan Program Indonesia Pintar, Begini cara cek penerima bantuan PIP 2024

Program Indonesia Pintar (PIP) adalah salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk membantu peserta didik dari keluarga miskin atau rentan miskin agar bisa menyelesaikan pendidikan sampai 12 tahun.

Pada tahun 2024, pemerintah telah menganggarkan Rp 11 triliun untuk PIP, yang ditargetkan untuk 20 juta siswa dari jenjang SD hingga SMA/SMK

Selain itu, pemerintah juga menyediakan Rp 12,8 triliun untuk program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, yang dimanfaatkan oleh 960 ribu mahasiswa

Syarat Mendepakan Bantuan PIP

Program Indonesia Pintar 2024
Program Indonesia Pintar 2024

Bagi siswa yang ingin mendapatkan bantuan PIP atau ingin tahu cara daftar program PIP, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain

  • Berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin yang terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT) Kemensos.
  • Belum pernah mendapatkan bantuan PIP sebelumnya atau sudah lulus dari jenjang pendidikan sebelumnya.
  • Masih aktif sebagai peserta didik di sekolah negeri atau swasta yang terakreditasi minimal C.
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang valid dan terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Cara Cek Bantuan PIP 2024 Online

Berikut cara cek bantuan PIP 2024 secara online

  • Kunjungi situs resmi PIP di https://pip.kemdikbud.go.id/.
  • Masukkan NISN dan kode captcha yang muncul di layar, lalu klik tombol Cari.
  • Jika NISN terdaftar sebagai penerima PIP, maka akan muncul informasi tentang nama, sekolah, jenjang, dan status pencairan PIP.
  • Jika NISN tidak terdaftar sebagai penerima PIP, maka akan muncul pesan bahwa NISN tidak ditemukan atau tidak memenuhi syarat.

Bantuan PIP akan dicairkan melalui rekening bank yang ditunjuk oleh pemerintah, yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN.

Siswa yang mendapatkan PIP harus mengurus pembuatan rekening bank dengan membawa surat keterangan dari sekolah dan KTP orang tua/wali. Setelah rekening bank aktif, siswa bisa mengecek saldo dan menarik uang PIP di ATM atau kantor cabang bank terdekat.

Itulah cara cek bantuan program indonesia pintar 2024. Semoga bermanfaat dan membantu siswa yang membutuhkan bantuan PIP untuk melanjutkan pendidikan.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait