5 Cara Atasi Sakit Kepala Saat Hamil Muda, Sederhana Tapi Membantu

Gejala sakit kepala saat hamil muda sering dianggap hal yang wajar dan tidak berbahaya. Namun faktanya, sakit kepala dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.  Banyak faktor penyebab sakit kepala yang terjadi saat hamil muda antara lain perubahan hormon, stres, tekanan darah rendah, dan kurang tidur. 

Berbagai cara untuk mengatasi sakit kepala saat hamil muda akan dibahas dalam artikel ini. Sehingga moms tetap bisa sehat dan tenang selama masa kehamilan.

Cara Atasi Sakit Kepala Saat Hamil Muda

Cara Atasi Sakit Kepala Saat Hamil Muda,

Berikut beberapa cara efektif yang bisa moms lakukan untuk mengatasi sakit kepala saat hamil, diantaranya:

1. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Memenuhi kebutuhan cairan merupakan salah satu cara untuk menjaga metabolisme tubuh. Moms bisa konsumsi air putih secara rutin untuk menghindari terjadinya dehidrasi.

Saat hamil sebaiknya kurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, cokelat, dan minuman berkarbonasi. Sebab, minuman jenis tersebut bisa membuat moms merasa mual, serta sakit kepala.

2. Penuhi Kebutuhan Zat Besi

Zat besi berfungsi untuk membentuk sel darah merah di dalam tubuh. Terpenuhinya kebutuhan zat besi selama masa kehamilan, dapat membantu moms terhindar dari gejala anemia yang menimbulkan sakit kepala.

Makanan yang mengandung zat besi diantaranya daging merah, ikan, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Pastikan moms mengolahnya dengan cara yang tepat, ya.

3. Makan Secara Teratur

Cara Atasi Sakit Kepala Saat Hamil Muda,

Tidak hanya sekedar mengkonsumsi makanan sehat, moms juga harus memperhatikan jumlah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini bertujuan untuk menjaga gula darah agar tetap normal selama masa kehamilan.

Umumnya, ibu hamil disarankan untuk makan dalam porsi sedikit namun sering. Hindari konsumsi makanan dalam porsi besar dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, kurangi konsumsi makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak, dan gula.

4. Istirahat yang Cukup

Kondisi perut yang semakin membesar terkadang membuat moms kesulitan untuk tidur dengan nyenyak. Hal ini sering menjadi salah satu penyebab gejala sakit kepala saat hamil. Selain itu, kurangnya waktu istirahat juga dapat menimbulkan stres yang tidak baik untuk perkembangan janin. 

Agar kebutuhan istirahat terpenuhi, moms bisa coba untuk melakukan relaksasi atau olahraga ringan sebelum tidur. Selanjutnya perhatikan posisi tidur, jika merasa sesak atau kurang nyaman. Cobalah untuk membuat posisi bantal lebih tinggi dari badan. Umumnya ibu hamil membutuhkan waktu sekitar 7-9 jam untuk beristirahat.

5. Lakukan Pijatan

Terakhir, untuk mengatasi sakit kepala saat hamil muda adalah dengan cara melakukan pijatan halus di bagian sekitar wajah, kepala, leher, dan pundak. Hal ini bertujuan untuk mengurangi ketegangan otot, sehingga mampu meredakan gejala sakit kepala.

Bagaimana moms, cukup mudah bukan? Pastikan selalu menjaga kesehatan selama masa kehamilan, ya. Jangan lupa untuk konsultasi ke dokter, apabila mengalami gejala sakit kepala yang berlebih.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait