Bolehkah Ibu Hamil Makan Sate Kambing? Cek Faktanya

Ilustrasi Ibu Hamil Makan Sate Kambing (Foto: Mamikita.com)

Sate kambing merupakan salah satu makanan favorit banyak orang karena rasanya yang gurih dan lezat. Namun, bagaimana dengan ibu hamil? Bolehkah ibu hamil makan sate kambing? Apa saja manfaat dan bahaya mengonsumsi sate kambing bagi ibu hamil dan janin?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Sate Kambing?

Ada beberapa mitos yang beredar di masyarakat tentang larangan ibu hamil makan sate kambing. Salah satunya adalah bahwa sate kambing dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi pada ibu hamil.

Namun, apakah benar sate kambing dapat menyebabkan hipertensi pada ibu hamil? Menurut ahli gizi, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa sate kambing dapat meningkatkan tekanan darah pada ibu hamil.

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko hipertensi pada ibu hamil antara lain adalah faktor genetik, usia ibu hamil, riwayat hipertensi sebelum hamil, kehamilan kembar, obesitas, diabetes, dan gaya hidup yang tidak sehat.

bolehkah ibu hamil makan sate kambing
Ilustrasi Sate Kambing (Foto: Canva)

Oleh karena itu, mitos bahwa ibu hamil tidak boleh makan sate kambing adalah tidak benar. Ibu hamil tetap boleh makan sate kambing asalkan dimasak hingga matang, dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan, dan dianjurkan dikonsumsi bersama dengan sayur.

Sebaliknya, makan sate kambing bisa bermanfaat bagi ibu hamil karena kaya akan protein, seng, dan zat besi yang dapat membantu menyehatkan kehamilan dan janin.

Manfaat Sate Kambing untuk Ibu Hamil

Selain rasanya yang enak, sate kambing juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin, Berikut diantaranya:

1. Menambah asupan energi

Sate kambing mengandung banyak kalori, yaitu sekitar 280 kalori per 100 gram. Jumlah kalori yang tinggi ini menjadikan sate kambing sebagai salah satu sumber energi bagi ibu hamil. Energi yang cukup penting untuk mencegah ibu hamil merasa lelah dan lesu.

2. Mencukupi nutrisi harian

Sate kambing merupakan salah satu sumber protein, lemak, dan zat besi yang sangat baik bagi ibu hamil dan janin. Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, sedangkan lemak dibutuhkan untuk sumber energi dan penyerapan vitamin. Zat besi dibutuhkan untuk mencegah anemia, yaitu kondisi kekurangan sel darah merah yang dapat menyebabkan kelelahan, pusing, dan sesak napas.

3. Meningkatkan berat badan

Ibu hamil membutuhkan kenaikan berat badan yang sehat guna menunjang tumbuh kembang janin. Sate kambing dapat membantu meningkatkan berat badan ibu hamil, karena daging ini mengandung kalori, protein, dan lemak yang cukup tinggi.

4. Mencegah anemia

Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan yang masih banyak dialami oleh ibu hamil. Sate kambing dapat membantu mencegah anemia, karena daging ini mengandung zat besi yang cukup tinggi.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sate kambing mengandung zinc yang tinggi, yaitu mineral yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat penting untuk melindungi ibu hamil dan janin dari berbagai penyakit.

Tips Mengonsumsi Sate Kambing untuk Ibu Hamil

bolehkah ibu hamil makan sate kambing
Ilustrasi Sate Kambing (Foto: Canva)

Meskipun sate kambing memiliki banyak manfaat, bukan berarti ibu hamil bisa mengonsumsinya sembarangan. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar sate kambing tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan

  • Konsumsi dalam jumlah yang wajar. Sate kambing mengandung lemak dan kolesterol yang cukup tinggi. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi sate kambing dalam jumlah yang wajar, yaitu sekitar 3 tusuk atau 80-100 gram per sekali makan.
  • Pastikan sate kambing dimasak hingga matang. Sate kambing yang tidak matang sempurna dapat mengandung bakteri yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin.
  • Hindari mengonsumsi sate kambing yang dibakar terlalu lama. Pembakaran yang terlalu lama dapat menghasilkan senyawa karsinogenik yang berbahaya bagi kesehatan.

Secara umum, sate kambing aman dan boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, ibu hamil perlu memperhatikan beberapa hal saat mengonsumsinya agar tetap aman dan sehat.

Namun, Jika ibu hamil memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti diabetes, hipertensi, atau alergi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi sate kambing.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait